Bekam, Alirkan Efek Positif untuk Tubuh

 Nursiami Rahmat Prihantoro


Nursiami Rahmat Prihantoro

SUKABUMI- Owner Rumah Sehat Herbalholistic Nagrak, Nursiami Rahmat Prihantoro, M.Hajjam atau Rahmat Bekam menjelaskan beberapa efek atau manfaat kesehatan manakala diri seseorang itu di bekam.”Di antaranya yang ke-A. Efek Bekam pada Kulit, yakni berperan sebagai,”tuturnya yang siap memaparkan.

Yang pertama, imbuhnya bekam berperan menstimulasi folikel rambut dengan meningkatkan sirkulasi darah kulit sehingga meningkatkan suplai nutrisi yang baik untuk rambut dan akar rambut.”Kedua, suhu kulit meningkat dan sebuah kawasan berwarna merah terbentuk. Ini menunjukkan terjadinya peningkatan metabolisme makanan di kulit dan kemanfaatan yang diperoleh sel-sel kulit dari darah yg sampai kepadanya.”Ketiga, aktifitas kelenjar keringat dan kelenjar lemak meningkat, pori-pori kulit membuka setelah dilakukan pembekaman.Disebutkan lagi yang keempat peranan bekam tidak terbatas pada pembersihan darah yang mengendap (stagnant blood) dari kulit, namun juga menghilangkan zat-zat berbahaya yg mengendap di bawah permukaan kulit.Lalu yang ke-B. Efek Bekam Terhadap Pencernaan.Pertama, imbuhnya adalah kuatnya isapan alat bekam mengatur sekresi asam lambung dan enzim pencernaan yg ada di lambung, sehingga meningkatkan kualitas pencernaan dan penyerapan makananan.”Kedua, bekam berperan mengatur gerakan usus (intestinal motility) melalui kuatnya isapan langsung atau melalui stimulasi saraf, terutama saraf vagus ( nervus vagus) yang terhubung dengan usus melalui beberapa bagian di punggung.


Ditambahkan Rahmat yakni bekam juga berperan menstimulasi sel hati dan sel pankreas serta memperbaiki fungsinya.”Kemudian, C. Efek Bekam Terhadap Darah,”jelas Rahmat Bekam. Beberapa poinnya adalah pertama, bekam menstimulasi sirkulasi darah di tubuh secara umum melalui zat nitrit oksida (NO) yang berperan meluaskan pembuluh darah. “Dosen di Universitas Nagoya, Prof Kentaro Takagi, menegaskan semua terapi yang menstimulan dan mengaktifkan sirkulasi darah di kulit bermanfaat untuk meningkatkan respons sistem peredaran dan pembuluh darah di dalam tubuh secara umum,”paparnya. Efek serupa juga ditimbulkan oleh kuatnya isapan yang ditimbulkan dari bekam terhadap bagian yang diterapi.Kedua, bekam berperan mengurangi darah dan cairan yang menyertaiproses peradangan dengan cara mengeluarkan cairan-cairan ini dari celah-celah antar sel. “Begitu pula zat-zat pemicu peradangan juga ikut dikeluarkan, misalnya zat histamin,”sebutnya.Ditambahkannya ketiga, bekam juga berperan untuk meningkatkan jumlah sel darah merah, meningkatkan jumlah sel darah putih, mengubah darah yang terlalu asam menjadi proporsional.”Membersihkan darah sebagaimana dikatakan Dosen Universitas Osaka, Dr Katashi,”terangnya.(Diasuh oleh Owner Rumah Sehat Herbalholistic Nagrak, Rahmat Bekam/*)

 

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=53184

Posted by on 6 Feb 2013. Filed under KABUPATEN SUKABUMI. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.