Diskop UKM Dorong Koperasi Modern

BERINOVASI: Pengelola Koperasi Kubus Karantengah Cianjur menerima simpanan anggota. (FOTO:ZULFAH ROBBANIA/RADAR CIANJUR)

CIANJUR–Kesan koperasi masih terbelakang dan kurang inovasi harus dihilangkan dan dirubah sistem modern. Meski dasar-dasar pokok aturan tetap masih menjadi acuan koperasi.
“Maka kami terus mendorong agar koperasi-koperasi yang ada di Cianjur menjadi koperasi modern, dalam artian pengelolaan adminsitrasi sistem informasi teknologi (IT),” kata Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Diskop dan UKM) Kabupaten Cianjur Agus Indra, disela-sela Rapat Kerja dengan Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Cianjur, di Hotel Prima Jalan Prof Moch. Yamin Cianjur, kemarin.
Menurutnya, saat ini sudah ada 37 koperasi yang menggunakan salah satu sistem teknologi dalam pengelolaan administrasinya. Diharapkan kedepan koperasi-koperasi yang saat ini terus berkembang semuanya menggunakan layanan sistem modern.
“Bukan tidak perlu sistem manual, tapi dengan layanan sistem IT akan lebih mempermudah dalam melayani anggota koperasi itu sendiri,” bebernya.
Dia mencontohkan, anggota akan mengecek tabungan, dengan sistem modern ini bisa dengan mudah diketahui. Pihaknya juga menargetkan dalam tahun 2012 ini, setidaknya harus ada 100 koperasi yang telah menggunakan sistem layanan modern. “Untuk merealisasikan sistem IT, kami telah menggandeng PT Telkom sebagai penyedia layanan,” jelasnya, seraya hal itu untuk meningkatkan jasa atau bisnis koperasi.
Ketua Koperasi Kubus Karangtengah Cianjur Wawan Kusmiran menyambut baik rencana Diskop UKM Cianjur memberikan masukan agar koperasi menggunakan sistem layanan administrasi modern.
Pasalnya, saat ini memang sangat dibutuhkan untuk memudahkan layanan. “Itu memang bagus, karena sebagai tuntutan kebutuhan, kalau koperasi ingin maju dan berkembang harus mengikuti perkembangan IT,” ungkapnya.(zul)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=5254

Posted by on 3 Mar 2012. Filed under EKBIS CIANJUR. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.