Satu Partai ‘Bolos’ di Pemilu 2019

SUKABUMI – Detik-detik akhir pendaftaran dan verifikasi partai politik peserta Pemilu 2019 di Kota Sukabumi, menyisakan satu partai yang enggan mendaftar. Dari informasi yang dihimpun Radar Sukabumi, partai tersebut yakni Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Anggota Komisioner KPU Kota Sukabumi, Divisi Hukum, Dedi Setiadi mengatakan, salah satu penghubung PKPI sudah menghubungi dirinya. Menurutnya, PKPI tidak akan mendaftar karena kepengurusan di Kota Sukabumi sudah tidak aktif. “Ia kemarin sempat menghubungi katanya PKIP tidak akan mendaftar,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Meskipun tak mendaftar, itu tidak masalah bagi KPU Kota Sukabumi. Pihaknya hanya melaporkan saja ke KPU RI, persoalan diputuskan atau tidak menjadi peserta pemilu 2019 itu ranah KPU RI. “Kita hanya menerima saja, kalau pun tidak mendaftar ya nanti kita laporkan saja ke KPU RI,” jelasnya.

Hingga berita ini diturunkan, sudah ada sekitar 15 partai politik yang menyerahkan berkasnya ke KPU Kota Sukabumi. Diantaranya, Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI- P), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Demokrat (PD), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Amanat Nasional (PAN), partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Berkarya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Idaman.

Jadi dari 17 partai yang terdaftar di Kesbangpol hanya menyisakan satu partai saja yang belum menyerahkan berkas pendaftaran dan verifikasi. “Total 17 partai, dikurangin 1 partai yakni PKPI yang tidak akan mendaftar jadi totalnya ada 16 partai. Yang sudah mendaftar 15 partai, sisanya hanya satu partai belum mendaftar, yakni Parsindo,” jelasnya.

Nantinya, sejumlah parpol itu kata Dedi akan diverifikasi oleh KPU. Untuk Partai lama hanya diverifikasi secara administrasi tapi partai baru verifikasi administrasi dan faktual. “Kita akan tunggu semua parpol untuk mendaftar. Kami buka waktu hingga pukul 00.00 WIB,” pungkasnya.

Dijelaskan Dedi, rencananya Parsindo akan mendaftarkan partainya ke KPU sekitar pukul 00.00WIB. ” Saya barusan sudah di tvon. Katanya mau kesini pas akhir penutupan,” ujarnya.(bal)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *