Wilayah Industri Besar dan Perdagangan

KECAMATAN PARUNGKUDA, KABUPATEN SUKABUMI

SIMBOL PERJUANGAN : Salah satu sudut Monumen Perjuangan Palagan Bojongkokosan di Desa Bojongkokosan Kecamatan Parungkuda.

SIMBOL PERJUANGAN : Salah satu sudut Monumen Perjuangan Palagan Bojongkokosan di Desa Bojongkokosan Kecamatan Parungkuda.

Beberapa desa yang masuk Kecamatan Parungkuda di antaranya Desa Parungkuda, Sudawenang, Bojongkokosan, Kompa, dan lain sebagainya. Kecamatan ini termasuk wilayah sarat industri besar atau pabrik. Karenanya tak salah kalau di Kecamatan Parungkuda banyak warga yang memanfaatkan wilayahnya untuk dijadikan kos-kosan.

Laporan Didiet Rahma Aditya

BERDASARKAN  informasi yang diperoleh Radar Sukabumi lebih kurang 15 pabrik ada di wilayah Parungkuda. Itu di antaranya, PT Kenlee, Longvin, dan lain sebagainya. Sejumlah desa yang masuk dalam industri besar di antaranya, Bojongkokosan dan Parungkuda, dan lain sebagainya. Namun, berdasarkan informasi dari berita beberapa waktu lalu sebagian besar industri besar yang ada di wilayah Parungkuda mengkaryakan pekerja perempuan. Sehingga, diharapkan ke depannya keseimbangan antara pegawai perempuan dan laki-laki bisa balans dan dipertimbangkan. Banyaknya pabrik besar di Parungkuda juga diharapkan bisa meminimalisir pengangguran yang ada. Sehingga, ini mendorong upaya peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Sukabumi. Sementara adanya pabrik besar juga diharapkan bisa menjadi Bapak Asuh atau pendorong pembangunan bagi desa-desa di Parungkuda. Di samping bisa mengkaryakan penduduk sekitar baik itu penduduk laki-laki maupun perempuan, keberadaan pabrik juga diharapkan bisa memanfaatkan dana Corporate Social Responsibility (CSR). Sementara itu lagi keberadaan daerah Parungkuda menjadi bagian pusat industri juga mendorong masyarakat Parungkuda untuk berwiraswasta. Di antaranya beberapa warga ada yang menyulap lahan tanahnya menjadi kos-kosan di dekat pabrik. Hal ini memicu geliat berwiraswasta penduduk sekitar. Di samping membuka kos-kosan keberadaan pabrik juga memotivasi penduduk sekitar juga untuk membuka warung masakan, jualan asesoris, pedang kaki lima, dan lain sebagainya. Inipun mendorong usaha pengembangan di wilayah tersebut.Diharapkan imbas dari adanya pabrik besar bisa membangun Kecamatan Parungkuda menjadi salah satu wilayah yang maju dan sejahtera. Di samping sebagai wilayah pabrik Parungkuda juga menjadi salah satu pusat perdagangan. Di sini ada Pasar Parungkuda yang di dalamnya menjual berbagai kebutuhan masyarakat sekitar dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Akses pasar ini dapat membantu juga masyarakat untuk lebih meningkatkan kemampuan entrepreneurshipnya. Dengan demikian diharapkan warga Parungkuda bisa meningkatkan kesejahteraannya. (*)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=51395

Posted by on 30 Jan 2013. Filed under KABUPATEN SUKABUMI. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.