Terapi Sehat dengan Kurma

Nursiami Rahmat Prihantoro, M.Hajjam (Rahmat Bekam)

Nursiami Rahmat Prihantoro, M.Hajjam (Rahmat Bekam)

Kurma Masak (Bag I)

BAGI Owner Rumah Sehat Herbaholistic Nagrak Sukabumi, Nursiami Rahmat Prihantoro, M Hajjam, Allah SWT telah melebihkan kurma dari buah-buahan yang lain. Allah menyebutkannya dalam Al-Qur’an dalam 20 tempat yang berbeda dengan memakai lafaz pohon kurma; an-Nakhl, an-Nakhiil dan an-Nakhlah.

“Kurma mendapat tempat istimewa dalam Al-Qur’an dan sebenar-benar perkataan adalah Kalamullah (Al-Qur’an Al-Karim),”katanya. Rahmat menambahkan Allah telah menetapkan bahwasanya pohon kurma ada di bumi, kemudian Allah mengutamakannya dengan menyebutkan ciri-ciri pohon dan buah ini

“Di bumi itu ada buah-buahan dan pohon kurma yang memiliki kelopak mayang, ”sebutnya yang berdasarkan dari Q.S. Ar-Rahman: 11. Ia juga menambahkan, Ibnu Katsir berkata Allah menyebutkan buah kurma ini secara khusus karena kemuliaan dan manfaat yang dikandungnya, baik ketika masih basah maupun ketika telah kering.

“Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan, dan kebun-kebun anggur, tanam-tanaman dan pohon kurma yang bercabang dan tidak bercabang, disirami dengan air yang sama. Kami melebihkan sebagian tanam-tanaman di atas sebagian yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir,”katanya yang berdasarkan Q.S. Ar-Ra’du: 4.

Ditambahkannya buah kurma mengandung banyak manfaat, di antaranya kurma sangat dianjurkan bagi perempuan yang hamil dan yang akan segera melahirkan. “Bahkan Allah memerintahkan Maryam binti ‘Imran untuk memakan buah kurma ini ketika ia sedang nifas,”sebutnya.Menurutnya, Dokter Muhammad an-Nasimi dalam kitabnya, ath-Thibb an-Nabawy wal ‘Ilmil Hadis (Pengobatan Ala Nabi dan Ilmu Modern) mengatakan Hikmah dari ayat ini secara kedokteran adalah, perempuan hamil yang akan melahirkan itu sangat membutuhkan makanan dan minuman yang kaya akan unsur gula, hal ini karena banyaknya kontraksi otot-otot rahim ketika akan mengeluarkan jabang bayi, terlebih lagi apabila hal itu membutuhkan waktu yang lama. “Kandungan gula dan vitamin B1 sangat membantu untuk mengontrol laju gerak rahim dan menambah masa sistolennya (kontraksi jantung ketika darah dipompa ke pembuluh nadi). Dan kedua unsur itu banyak terkandung dalam ruthab (kurma basah),”bebernya.

Kandungan gula dalam ruthab sangat mudah untuk dicerna dengan cepat oleh tubuh.”

Keajaiban buah kurma dari Anas ra beliau berkata “Rasulullah SAW. berbuka puasa sebelum shalat dengan memakan kurma segar, kalau tidak ada maka dengan kurma kering, dan kalau tidak ada beliau meminum beberapa teguk air, ” tuturnya berdasarkan HR. Abu Daud dan Tirmidzi. Hal ini, imbuhnya, karena kurma mengandung semua unsur makanan pokok yang dibutuhkan tubuh, yaitu gula, protein, lemak, mineral, dan vitamin.

Nabi SAW dalam beberapa hadits, menganjuran kita untuk mengkonsumsi tujuh buah kurma. Dan ternyata, tujuh buah kurma ini bila ditimbang ada sekitar 100 gram yang mengandung gula = 75,00 gram, berat selulosa = 4,00 gram, air = 22,50 gram, protein = 2,50 gram, lemak = 2,50 gram, Vitamin A = 60 IU, Vitamin B-1 = 0, 08 miligram,Vitamin B-2 = 0, 05 miligram.

Kurma juga terdapat asam mineral yang merupakan unsur terpenting sebagai makanan bagi tubuh, berupa di antaranya potasium = 79 miligram, tembaga = 21 miligram, belerang = 65 miligram, besi = 5 miligram, magnesium = 65 miligram, mangan = 2 miligram, kalsium = 65 miligram, fosfor = 72 gram.

“Dalam kurma, ditemukan beberapa bahan kimia yang memengaruhi horman oksitosik, yaitu hormon yang bercampur di dalam peranakan wanita, sehingga dapat membantu percepatan kelahiran, serta dapat mengurangi risiko pendarahan setelah melahirkan,”ungkapnya. Hormon lain dalam kurma adalah hormon untuk menghambat aktifitas hormon kelenjar gondok (glandula thyreoidea). Bahan yang lain, yaitu hormon pembangkit kelenjar susu, sehingga dapat memperlancar ASI (Air Susu Ibu).Serat selulosa berguna untuk membangkitkan kerja usus, sebagai obat mujarab untuk penyembuhan yang disebabkan kurang makan. Serat ini tidak dapat dicerna oleh alat pencernaan kita, sehingga dapat menjaga tubuh supaya terhindar dari kekurangan makanan dalam perut.

“Vitamin A diperlukan untuk pemeliharaan epitel selaput lendir, ketajaman penglihatan mata, dan pencegahan terjadinya infeksi. Oleh karena inilah orang-orang gurun selalu mengkonsumsi kurma untuk memperkuat pendengaran dan memfokuskan penglihatan,”jelasnya. Fosfor bersama kalsium diperlukan untuk membentuk tulang dan kesehatan gigi. Fosfor berguna untuk membangun aktivitas kelenjar dan mengembalikan fungsi kelenjar tubuh. Fosfor juga berperan penting sebagai nutrisi otak, sehingga bila dikonsumsi teratur, dalam jangka panjang berefek mencerdaskan otak. Ditambahkannya, besi sangat penting untuk aktifitas pembentukan hemoglobin dan zat darah merah dalam sumsum tulang. Oleh karena itu, diperlukan untuk melindungi manusia dari kekurangan darah.Seng, diperlukan untuk mengobati penyakit sensitivitas tubuh.

Kurma kering mengandung aspirin (acetylsalicylic acid) alami yang dapat mengurangi rasa sakit (analgesic).Kalium (potassium) signifikan untuk mengatasi kelelahan, membuat organ jantung bekerja lebih optimal, mengaktifkan kontraksi otot, dan berperan dalam pengaturan tekanan darah.(DIASUH OLEH OWNER RUMAH SEHAT HERBAHOLISTIC NAGRAK SUKABUMI: Nursiami Rahmat Prihantoro, M Hajjam/dit)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=43885

Posted by on 2 Jan 2013. Filed under KABUPATEN SUKABUMI. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.
Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect. -->