Tahun Baru, Harga Sayuran Melonjak

MELONJAK : Pedagang sayuran saat melayani konsumen di Pasar Induk Cianjur, kemarin.FOTO:MAMAT MULYADI/RADAR CIANJUR

MELONJAK : Pedagang sayuran saat melayani konsumen di Pasar Induk Cianjur, kemarin.FOTO:MAMAT MULYADI/RADAR CIANJUR

CIANJUR-Menjelang libur panjang dan cuti bersama tahun baru 2013 ini, harga bahan pokok dan sayuran di beberapa pasar tradisional di Kabupaten Cianjur mengalami kelonjakan tajam.

Hal itu terlihat dari kenaikan pada jenis sayuran seperti buncis, kentang, kol dan tomat. Kenaikan harga tersebut dipicu atas permintaan dari konsumen yang semakin meningkat mencapai 30 persen, sedangkan pasokan dari petani menurun.

Parjo (43) salah seorang pedagang sayuran di Pasar Induk Cianjur mengatakan, kenaikan harga tersebut bukan hanya dari pedagang saja. Melainkan juga dari pemasok yang naik otomatis.

Selain pasokan berkurang, permintaan konsumen pada saat ini juga melonjak. “Kenaikan harga yang terjadi mungkin permintaan dari konsumen meningkat dan harga dari petani juga tinggi, yang jelas entah kenapa saat ini untuk harga sayuran mahal,” ungkapnya.

Menurutnya, dengan kenaikan harga saat ini, memberikan keuntungan tersendiri bagi para petani. Namun bagi beberapa konsumen mengeluh. “Ya, mau tidak mau kami sebagai konsumen ngikutin saja, pasalnya sayuran kebutuhan pangan untuk sehari-hari disamping itu juga makanan jenis sayuran untuk kesehatan tubuh kita,” terang Wiwin Sumarni (34) salah seorang warga pembeli.

Terpisah, Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan perdagangan (Disperindag) Kabupaten Cianjur Judi Adi Nugroho mengatakan, melonjaknya harga sayuran menjelang tahun baru panjang saat ini, disebabkan kondisi dari permintaan konsumen yang meningkat.

“Biasanya bila pasokan menurun dari petani harga tentu naik, maka soal harga sayuran tidak bisa ditetapkan dan diprediksi, kadang harga naik dan turun tergantung itu tadi pasokan dari petani dan permintaan dari konsumen,” terangnya.

Sementara itu, untuk harga sayuran saat ini seperti harga wortel awalnya harga Rp3.000 per kilogram saat ini mencapai Rp5.000 sampai Rp6.000 per kilogram, buncis saat ini Rp8.000 per kilogram jauh dari harga sebelumnya yang hanya Rp4.000 per kilogram.

Untuk harga kol saat ini Rp5.000 per kilogram yang sebelumnya berkisar Rp3.500 per kilogram dan harga tomat pada saat ini Rp6.000 per kilogram dari sebelumnya Rp4.000 per kilogram.(rp1)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=43508

Posted by on 29 Des 2012. Filed under CIANJUR, EKBIS CIANJUR. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.