Kawan Sejahtera Buat Pompa Air Manual

HAURWANGI–Program pompa air manual hasil karya Kelompok Masyarakat Komunitas Kawan Sejahtera di Desa Ramasari, Kecamatan haurwangi, Cianjur mendapat perhatian PDI Perjuangan Kabupaten Cianjur dan DPD PDI Perjuangan Jawa Barat.
Hal itu disampaikan Ketua Departemen ESDM dan LH DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Saep Lukman. Menurutnya, jenis usaha kelompok ini perlu dukungan semua pihak termasuk pihaknya.
Paslanya, sudah mampu mengembangkan teknologi tepat guna berupa pembuatan, pompa air mineral, kompor angin, dan open serbaguna. Adapun kerjasama pihaknya dan komunitas untuk pengembangan teknologi tepat guna yang ramah lingkungan. “Selain untuk pemberdayaan pada masyarakat, juga teknologinya hemat energi,” terangnya.
Kedepan biaya energi akan sangat mahal. Oleh karena itu diperlukan inovasi-inovasi sederhana dan mudah dikembangkan oleh masyarakat. Selain pendapatan masyarakat semakin meningkat dan alat kembali ke hasil alam. “Selain itu menerapkan idiologi supaya masyarakat lebih hemat energi,” jelas Saep didampingi Ketua Komunitas Kawan Sejahtera Kohar Efendi.
Makanya teknologi harus terus dikembangkan, dan masyarakat sejahtera dengan mengasilkan produk lokal. Maka harus pula didorong oleh pemerintah untuk dijadikan kebijakan politik. “Karena anggaran memadai dan keberpihakan pada masyarakat,” ujarnya.
Disisi lain meningkatkan masyarakat terhadap energi, dari, untuk dan oleh masyarakat. Seperti China, Jepang  mampu membuat produk sendiri. “Kita jangan hanya menjadi konsumen industri negara lain, kita harus mampu untuk kebutuhan dalam negeri,” paparnya.(tan)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=4338

Posted by on 24 Feb 2012. Filed under CIANJUR. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.