KRD Bumi Geulis Dihentikan Sementara

Mogok :KRD Bumi Geulis jurusan Sukabumi-Bogor mogok hingga akhir tahun sampai 31 Desember 2012 nanti. FOTO : IKBAL/RADARSUKABUMI

Mogok :KRD Bumi Geulis jurusan Sukabumi-Bogor mogok hingga akhir tahun sampai 31 Desember 2012 nanti. FOTO : IKBAL/RADARSUKABUMI

SUKABUMI-Terhitung sejak 12 Desember 2012, Kereta Rel Diesel (KRD) Bumi Geulis jurusan Sukabumi – Bogor ataupun sebaliknya mogok beroperasi. Akibat mesin yang sudah usang dimakan usia.

Kepala Stasiun Kereta Api (KA) Sukabumi Budi Mulyana mengatakan, KRD Bumi Geulis dihentikan sementara operasionalnya sejak 12 Desember hingga akhir tahun 2012.

“Mogoknya kereta api ini akibat mesin kereta yang sudah cukup tua, sehingga perlu untuk diperbaiki lagi,”ujar Kepala Stasiun KA Sukabumi Budi Mulyana saat ditemui Radar Sukabumi di ruang kerjanya, baru-baru ini.

Imbasnya, PT KA Sukabumi mengalami kerugian lantaran pendapatannya berkurang.

“Maklum lah kan mesin keretanya sudah cukup tua, jadi diperbaikinya juga agak lama,”katanya.

Meski tidak menyebut angka pasti, berapa jumlah kerugian yang ditaksir akibat mogoknya KRD Bumi Geulis jurusan Sukabumi – Bogor dan Bogor-Sukabumi. Namun, Budi mengaku pendapatannya berkurang cukup tnggi.

“Maaf kami belum bisa bilang berapa jumlah kerugian dari kejadian ini, yang jelas kita merugi,”tegasnya.

Tak hanya itu, pria berkacamata ini juga menyayangkan lambatnya perbaikan mesin KRD Bumi Geulis yang dilaksanakan di bengkel KAI Jakarta.

“Harusnya 20 Desember ini perbaikan telah selesai dan bisa dioperasikan, tapi kenyataannya perbaikan ini diperpanjang hingga akhir tahun ini,” kesalnya.

Padahal lanjut Budi, pada akhir tahun tersebut lonjakan penumpang cukup tinggi.

Meski hingga sekarang belum ada solusi, Budi hanya bisa berharap semoga KRD Bumi Geulis jurusan Sukabumi – Bogor dan sebaliknya bisa kembali beroperasi seperti dulu.

“Mengingat kereta api ini adalah salah satu alat transportasi ungglan masyarakat Kota Sukabumi saat ini,”terangnya.

Rasa kecewa atas mogoknya KRD Bumi Geulis ini, tidak hanya menyelimuti para pegawai Stasiun KA Sukabumi saja. Sejumlah penumpang juga merasakan hal yang sama.

Penumpang setia KRD Bumi Geulis asal Sukaraja Kabupaten Sukabumi, Deni Setiadi (60) juga sangat menyayangkan tutupnya KRD Bumi Geulis ini.

“Kalau pakai kereta api kan enak bisa cepat sampai tujuan dan murah, kalau mogok kaya gini terpaksa saya harus naik colt Bogoran dengan harga yang mahal,”ujar pria yang sehari-hari berjualan pernak-pernik wanita di Pasar Bogor ini.

Deni berharap, semoga kereta api ini bisa beroperasi kembali dan ada solusi lain. Seperti adanya penambahan jadwal keberangkatan, maupun penambahan gerbong.(cr8)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=42210

Posted by on 22 Des 2012. Filed under EKBIS SUKABUMI. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.