Pengrajin Sepatu Asal Unggulan Sukabumi

Kualitas Unggul: Suryono (56) memperlihatkan hasil produksi sepat kulitnya yang berkualitas tinggi di kiosnya yang beralamat di jalan cikole belakang RS syamsudin SH, sabtu (15/12). Foto : WIDI/RADARSUKABUMI

Kualitas Unggul: Suryono (56) memperlihatkan hasil produksi sepat kulitnya yang berkualitas tinggi di kiosnya yang beralamat di jalan cikole belakang RS syamsudin SH, sabtu (15/12). Foto : WIDI/RADARSUKABUMI

Cintai Produk Lokal, Harapkan Suntikan Modal Pemerintah

Ditengah maraknya industri yang memanfaatkan teknologi modern, dalam pembuatan sepatu. Tidak menyurutkan semangat pengrajin sepatu lokal asal Sukabumi, untuk tetap berkarya. Dengan mengandalkan peralatan seadanya, sepatu buatan Suryana (56) tidak kalah berkualitasnya dengan sepatu buatan pabrik. Bagaimana

Laporan : Widi Fitria -Sukabumi

Ditemui di kiosnya yang berukuran 3X3 meter yang berada di 3rd Sukabumi Expo ini, Suryana ditemani seorang pegawai terlihat sedang menyelesaikan sepatu kulit pria dan wanita untuk didagangkan. Di lokasi inilah pria yang juga punya kios di Jl. Cikole Kota Sukabumi ini, menceritakan asal mula usahanya ini kepada Radar Sukabumi, Sabtu (15/12).

Menurutnya usaha pembuatan sepatu yang dijalaninya ini turun temurun dari ayahnya dulu. Suryana yang pernah bekerja di sebuah perusahaan, memberanikan diri mengambil pensiun muda dan fokus menggeluti bisnis keluarganya itu.

“Mulanya memang menekuni dua pekerjaan, sambil meneruskan usaha bapak,” katanya.
Namun lantaran waktu itu banyak orderan dari pabrik dan supermarket, akhirnya dirinya memilih berhenti kerja di perusahaan semula.

Dengan menggunakan alat seadanya dan dibantu empat orang pekerjanya, Suryana yang merintis usaha ini di 2000 silam berhasil memperoleh order langsung dari perusahaan-perusahan terkemukaka di Indonesia. Salah satunya PT. Kent. Tidak hanya itu, ia selalu mendapat orderan dari daerah lain seperti Cianjur dan Bogor.

“Dalam seminggu pesanan yang kami terima sekitar 500 pasang sepatu, dengan penghasilan kotor rata-rata Rp10 juta/ bulannya,”ujarnya.

Tidak hanya terima orderan dengan jumlah banyak, bapak dua anak ini juga melayani pesanan perorangan. Harganya bervariatif, mulai dari Rp175 ribu – Rp600 ribu untuk sepatu wanita, sedangkan untuk laki-laki mulai Rp250 ribu -Rp600 ribu.

Soal kualitas, produknya memang tidak bisa diremehkan. Pasalnya Suryana menjadikan kualitas barang, sebagai modal utama.

“Karena kalau kualitas kita bagus, otomatis pelanggan senang,”akunya.

Kegigihan dan keuletannya, membuat usahanya bertahan hingga sekarang. Meski memilki pelanggan tetap, Suryana berharap ada dukungan dari pemerintah. Baik pemasaran, maupun permodalan.

“Juga perlu ada himbauan dari pemerintah juga, agar masyarakat Indonesia khususnya Sukabumi bisa lebih mencintai produk asli Indonesia,” tegasnya. (*)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=41023

Posted by on 17 Des 2012. Filed under EKBIS SUKABUMI, FEATURES, PENGRAJIN. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.