Rampak Gendang Catrik Palagan Memukau

SAJIAN HIBURAN: Para siswi Catrik Palagan menampilkan tarian Rampak Gendang saat pembukaan The 3rd Sukabumi Expo di Lapang Merdeka. foto:ikbal/radarsukabumi

CIKOLE– Sebanyak 40 penari dan nayaga yang merupakan siswa/siswi yang rata-rata usia SMA dan mahasiwa Sanggar Catrik Palagan Kota Sukabumi mempersembahkan kemahirannya dalam tarian saat The 3 rd Sukabumi Expo di Lapang Merdeka, Kota Sukabumi belum lama ini. Pupuhu Sanggar Catrik Palagan, Ki Domon mengatakan para penari menyuguhkan rampak gendang yang terdiri dari lima putra dan putri. Dalam tarian tersebut para penari menakol/memukul gendang yang sengaja dibawa.Tentunya suguhannya membuat sejumlah penonton terkagum. “Tidak hanya Rampak Gendang siswa/siswi kami yang sudah masuk katagori penari mahir (empat atau lima tahun di Catrik Palagan) juga menyuguhkan tarian Expo Sukabumi yang merupakan bentuk hiburan dalam pembukaan pameran tersebut,”katanya kepada Radar Sukabumi, kemarin.

Sementara itu, dalam waktu dekat ini, Dalam waktu dekat ini, tepatnya Senin 17/12 siswa Sanggar Catrik Palagan juga diundang ke Pemerintah Kabupaten Bogor dalam rangka Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) V Pemuda Panca Marga Jawa Barat untuk menampilkan tarian yang diminta pihak penyelenggara. “Rencananya siswa/siswi Catrik Palagan menampilkan Topeng Rehe dan Rampak Gendang,”katanya. Dan pada 28 Desember siswa/siswi Sanggar Catrik Palagan juga diundang memenuhi undangan di Garut serta pada 4 Januari undangan di Cirebon. Rencananya juga sama di Bogor, para siswa/siswi Catrik Palagan juga diminta menampilkan Topeng Rehe dan Rampak Gendang jika sesuai rencana dalam kontraknya. (dit)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=40821

Posted by on 15 Des 2012. Filed under KOTA SUKABUMI. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.