Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi

Berdayakan Potensi Pariwisata

Kecamatan Ciemas kerap disebut sebagai wilayah Teluk Ciletuh. Berbagai potensi hidropariwisata, hutan dan pertanian ada di sini.

Laporan Didiet Rahma Aditya

Untuk sampai ke Kecamatan Ciemas, cukup memakan waktu agak lama. Beberapa waktu lalu pernah juga diberitakan, jalan protokolnya awalnya masuk dari Kecamatan Simpenan, melewati perkebunan teh/sawit/karet beberapa kilometer. Walaupun Ciemas cukup jauh jarak tempuhnya, tapi tak menyurutkan semangat masyarakatnya untuk membangun desanya masing-masing. Seperti yang pernah terlihat di Desa Girimukti kala itu, tokoh pemuda Desa Girimukti Kecamatan Ciemas, Taufik Rochmi pernah mengatakan dengan semangat tinggi mengajak aparatur desa untuk membangun desanya sendiri.Sehingga, tampak gedung desa yang dimiliki saat ini begitu representatif. Begitupula, seperti yang pernah diberitakan beberapa waktu lalumenggerakkan masyarakat untuk membuka jalan dari bantuan pemerintah provinsi kala itu. Jalan tersebut dinamakan Lintas Pantai Selatan. Masyarakat dengan semangat bergotongroyong membuka jalan, hanya untuk kelanjutannya warga berharap ada perhatian bantuan lagi dari pemerintah.

Sementara itu, jika melihat peta monografi kewilayahan, luas Kecamatan Ciemas sekitar 28.638 Ha terdiri dari laut, hutan, perkebunan, pertanian, dan permukiman. Sedangkan desa-desa yang masuk dalam Kecamatan Ciemas, di antaranya, Ciemas, Ciwaru, Mekarjaya, Girimukti, Tamanjaya, dan Manrajaya desa-desa itu di Kecamatan Ciemas memiliki potensi yang berbeda. Di antara potensi yang 80 persen mendominasi masyarakat di Kecamatan Ciemas adalah pertanian. Baik pertanian sawah maupun komoditi palawija. Lahan pertanian yang ada di Kecamatan Ciemas kurang lebih 3.800 Ha. Dalam setahun masyarakat di sini bisa memanen padi sekitar dua kali.Sedangkan pada musim kering, palawija paling sering ditanam. Potensi selanjutnya yang juga tampak kental di Kecamatan Ciemas adalah perkebunan. Kebun karet, sawit, dan teh tampak menghampar di ruas jalan yang mau masuk ke wilayah tersebut, tepatnya di area perbatasan dengan Kecamatan Simpenan. Dan potensi yang juga termasuk paling mencolok di wilayah kami adalah keindahan tiga pantai yang melintas wilayah Ciemas.

Kecamatan Ciemas disebut juga Puncak Dharma Teluk Ciletuh, karena wilayah ini sebagiannya juga hamparan laut atau pantai yang menghias wilayah Pakidulan dari Kabupaten Sukabumi. Beberapa desa seperti Desa Ciwaru, Girijaya, Manrajaya merupakan wilayah yang berpotensi pantai. Keindahan alam pantai, yakni Cisaar menuju Palangpang begitu tentram. Sebagian warga pun ada yang menggantungkan hidup mereka di pantai tersebut sebagai nelayan untuk mencari tangkapan ikan laut. Pihaknya berharap segala dukungan pemerintah bisa meningkatkan taraf hidup atau kesejahteraan masyarakat di sini.Sementara Camat Ciemas, Dedi Suryana, S.IP, M.Si menerangkan bahwa Wisata Kebun Maranginan di Mekarjaya mempunyai potensi spesialis pengembangan buah naga dan durian montong, serta wisata Pantai Palampang Ciwaru dan Sky Air Pantai Indah Pulau Mandra.”Namun permasalahannya infrastruktur jalan sebagian rusak berat antara Cigaru-Ciemas-Tamanjaya-Ciwaru karena itu diharapkan ada bantuan dalam merehab jalan tersebut untuk kepentingan masyarakat dan ini juga dalam rangka mendukung visi misi Bupati Sukabumi, Bapak H Sukmawijaya dan Wakil Bupati, Bapak H Akhmad Jajuli dari sisi menuju Sukabumi yang maju dan sejahtera terutama dalam pemberdayaan sektor kepariwisataan,”harapnya melalui SMSnya, kemarin. (*)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=40688

Posted by on 14 Des 2012. Filed under KABUPATEN SUKABUMI. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.
Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect. -->