Cibadak Siaga I

RUSUH : Sopir angkutan kota 07 ketika menghadang sebuah angkot 09 di depan Mall Cibadak. Beruntung aksi ini terhenti setelah dilerai petugas Polisi dan TNI. andri radar

Bentrok Dua Kubu Sopir Angkot

CIBADAK- Sejumlah sopir Angkotan Perkotaan (Angkot) 07 jurusan Cisaat-Cibadak melakukan penyisiran terhadap angkot jurusan 09 Cibadak-Benda, kemarin. Aksi ini dipicu akibat angkot 09 kerap kali memutar arah di depan RSUD Sekarwangi Cibadak. Terkadang, awak angkot berwarna ungu itu, sering kedapatan mengangkut penumpang di luar trayek. Telak saja, kondisi ini memicu emosi kekesalan para sopir jurusan 07.
Aksi sweeping ini, sempat memantik kerusuhan ketika sebuah angkot 09 menjadi bulan-bulanan puluhan sopir 07 yang berkumpul di depan mall Cibadak. Sopir angkot tersebut sempat mendapatkan pukulan, demikian dengan kendaraannya rusak di bagian kaca spion. Beruntungnya sejumlah petugas TNI serta Polisi berhasil melerainya.

Aksi pun berlanjut. Para sopir angkutan 07 sempat melakukan mogok narik. Mereka memarkir kendaraannya di lapang Sekarwangi, Cibadak. Alhasil para penumpang pun terbengkalai, mereka yang sudah berada di dalam angkutan diturunkan. “Kalau tidak dibegitukan, kami yang rugi. Jatah penumpang dari Cibadak ke Sekarwangi banyak diserobot mereka,” tutur Wawan, seorang awak angkot 07.

Di tempat lain, Sudenda seorang awak angkot 09an mengaku, biasanya, jika ada rekannya yang membawa penumpang ke Sekarwangi adalah carteran rumah sakit. Sebab, keluarga pasien dibuat kerepotan jika harus turun di Cibadak lalu berpindah angkot lain. “Ini yang harus digaris bawahi. Kami tidak mungkin main serobot kalau memang angkot teman-teman kami tidak dicarter. Pasien rumah sakit itu kan banyak juga yang dari sekitar trayek kami,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Terminal Cibadak, Edwan menjelaskan bahwa sesuai dengan trayeknya 09 Cibadak – Benda mempunyai batasan narik hanya sampai Leuwigoong, Cibadak. Sedangkan 07, hingga terminal Cibadak. Namun yang terjadi dari trayek 09 banyak yang melewati batas, hal itu yang menjadi pemicu kericuhan.

“Kami akan mengambil tindakan tegas dan saat ini petugas dishub akan mengatur supaya 09 ini memutar di Jalan Cagak Palabuhan dan tidak boleh melewatinya. Hal ini dilakukan agar kondusif dan aman. Saya juga mengharapkan kesadaran dari semua pihak, baik awak 09 dan 07,” ujarnya.

Usai mendapatkan penjelasan, para sopir 07 berencana akan melakukan aksi besar-besaran apabila tidak ada titik temu dalam permasalahan ini. (dri)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=40377

Posted by on 12 Des 2012. Filed under KABUPATEN SUKABUMI. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

1 Comment for “Cibadak Siaga I”

  1. aki_omang

    07 juga biang macet tuh kl berputar di depan terminal

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.