Usulkan 10 Cagar Budaya

*Selain Situs Megalit Gunung Padang

CIANJUR–Setelah pengeboran Situs Megalitik Gunung Padang oleh Peneliti LIPI dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dispudpar) Kabupaten Cianjur diprotes. Ternyata tak membuat ciut nyali Dispudpar Pemkab Cianjur untuk terus mengembangkan penemuan tersebut. Bahkan pengembangan berbagai obyek wisata, baik wisata alam maupun budaya terus disosialisasikan.
Bahkan, kali ini Dispudpar sudah melakukan pendataan terhadap 10 nama lokasi bersejarah di wilayah Cianjur. Ke 10 tempat bersejarah tersebut sudah mendapatkan Surat Keputusan (SK) Bupati sejak Oktober 2010. Hal itu dibenarkan Kepala Disbudpar Kabupaten Cianjur, Himam Haris yang mengatakan, jika usulan 10 lokasi wisata tersebut sudah dilaporkan ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Barat.
“Kami sudah memiliki 10 tempat bersejarah dan cagar budaya, dan akan segera kita launching sosialisasinya,” kata Himam Haris.
Ke 10 tempat bersejarah yang telah diusulkan tersebut diantaranya Situs Megalit Gunung Padang, Kuta Pinggan di Ciranjang, Gedung Peteng di Agrabinta, Bangunan PLTA Cijedil di Cugenang, Istana Presiden di Cipanas, Situs Gunung Kasur di Pacet, kediaman dokter Toki, dan Stasiun Kereta Api.
Lokasi-lokasi tersebut juga sudah dilaporkan ke pusat, sehingga tinggal menungu penetapan secara nasional sebagai tempat dan cagar budaya yang harus dilestarikan.
“Kita tinggal menunggu waktu saja, karena usulanya sudah kami sampaikan,” ungkapnya, seraya selama ini penetapan kawasan cagar budaya selalu dilakukan oleh pemerintah pusat, terutama oleh Badan Pelestarian Pengembangan Purbakala (BP3) Serang.(den)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=3954

Posted by on 21 Feb 2012. Filed under CIANJUR. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

1 Comment for “Usulkan 10 Cagar Budaya”

  1. Sunandar

    kantor pos dan giro ………………… tinggaleun teu ka data…………………..

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.