Masjid Agung Rampung Akhir 2012

*Pemprov Jabar Suntik Rp9 Miliar

PELETAKAN BATU PERTAMA:Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Agung Kota Sukabumi di wilayah Kecamatan Cikole Kota Sukabumi, kemarin. Pembangunan Masjid Agung Kota Sukabumi ini ditarget selesai akhir 2012.

SUKABUMI– Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyebutkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengucurkan Rp9 Miliar untuk pembangunan Masjid Agung Kota Sukabumi. “Angka ini menjadi bagian dari bantuan Rp75 Miliar untuk keagamaan se-Jawa Barat pada 2012,”sebutnya kepada Radar Sukabumi, kemarin.
Gubernur sendiri kemarin melakukan peletakkan batu pertama pembangunan Masjid Agung Kota Sukabumi di Kecamatan Cikole Kota Sukabumi.Di samping gubernur, hadir pada acara tersebut Wali Kota Sukabumi, Muslikh Abdussyukur, Wakil Walikota Sukabumi, Mulyono, Wakil Bupati Sukabumi, Akhmad Jajuli, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Sukabumi, M Muraz, serta para pejabat, tokoh pemuda/politik, dan tokoh ulama/masyarakat Kota/Kabupaten Sukabumi.
Untuk mempercepat pembangunan masjid yang menjadi sentral ibadah warga Sukabumi tersebut pihaknya berencana menambah bantuan. “Masjid merupakan tempat untuk membangun generasi muda serta silaturahmi. Dengan begitu, untuk memperlancar pembangunan saya sangat mendukung dan insya Allah akan ditambah,”tuturnya.
Sedangkan dalam safari gubernur ke Sukabumi, di samping peletakan batu pertama Masjid Agung Kota Sukabumi, Kang Aher (sapaan akrab Ahmad Heryawan) juga bersilaturahmi dengan para tokoh ulama di Pesantren An Nidzom Selabintana Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi serta beberapa tempat.
Masih dalam rangkaian peletakan batu pertama, sementara itu, Wali Kota Sukabumi yang sekaligus Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Agung Kota Sukabumi, Muslikh Abdussyukur, menjelaskan pembangunan Masjid Agung ditarget rampung pada akhir 2012. “Kami harapkan pembangunannya cepat selesai  sehingga bisa digunakan untuk aktifitas ibadah,”harapnya. Ia menjelaskan alasan mengapa Masjid Agung Kota Sukabumi harus direnovasi total. “Ini karena konstruksi bangunan sudah tidak memadai dan menpung jamaah dalam melaksanakan ibadah seperti salat dan lainnya,”ungkapnya. Dilihat dari spesifik, bangunan Masjid Agung sendiri terletak di luas tanah sekitar 5 ribu M2. Diperkirakan akan menghabiskan anggaran sebanyak Rp60 miliar. Model bangunannya akan megah dan terdapat fasilitas umum lainnya, seperti  koperasi, pantry, perpustakaan, ruang parkir bawah tanah dan gedung serba guna. Namun untuk pembangunan utama Masjid Agung menghabiskan dana Rp18 miliar. ”Bantuan gubernur Rp9 miliar, dari Pemkot dan iuran pegawai selama lima bulan Rp3,2 miliar juga ditambah dari donatur. Sehingga, kalau dijumlahkan Rp14 miliar,”bebernya. Dalam melakukan penggalangan dana pihaknya terbuka kepada siapa saja.”Hal ini agar pembangunan Masjid Agung supaya cepat selesai. Kami terus melakukan sosialisasi,”tandasnya. (fkr)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=3787

Posted by on 18 Feb 2012. Filed under KOTA SUKABUMI, UTAMA. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.
Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect. -->