Harga Gelombang Cinta Jatuh

GELOMBANG CINTA: Salah seorang petani Dadan Suyudana (54) asal Kamung Munjul I, Desa Sukamaju, Cianjur, mengaku harga bunga gelombang (wep of love) cinta dan jenis bunga unik lainya turun drastis.

CIANJUR-Salah seorang petani Dadan Suyudana (54) asal Kamung Munjul I, Desa Sukamaju, Cianjur, mengaku harga bunga gelombang (wep of love) cinta dan jenis bunga unik lainya turun drastis. Padahal beberapa tahun lalu harganya mencapai selangit.

“Bagi pecinta tanaman hias pasti tahu seperti bunga gelombang cinta akhir ini semakin jatuh harganya, dulu bunga jenis ini jarang sekali dan langka, sekarang sudah banyak yang memelihara dan menanam dari mulai pembibitan sampai menjadi daun mekar dan berkembang, jadi harganya pun semakin menurun drastis,” ungkap Dadan.

Menurutnya, bunga jenis ini gelombang cinta pada waktu dulu, kalau sudah berdaun harganya mencapai jutaan rupiah berkisar antara Rp100 sampai Rp200 juta. “Tapi sekarang harganya benar-benar jatuh turun drastis paling mentok harga antara Rp1 sampai Rp2 juta, itu pun yang sudah jadi berdaun antara 20 sampai 25 daun per pohonnya,” ungkapnya.

Untuk proses pembibitan tanaman gelombang cinta lama sekali sampai jadi tumbuh daun, diperkirakan mencapai enam tahun sampai tumbuh berkembang dan untuk pembibitan dari buahnya sampai ke polibek (pot) prosesnya makan waktu empat bulanan. “Makanya dulu harganya tinggi prosesnya juga lama tahunan,” ucapnya.

Bunga gelombang cinta miliknya, yang saat ini kurang lebih 3000 pohon (polibek) dalam satu buah gelombang cinta bisa menghasilkan dua pohon satu jodohnya dalam isi polibek (pot) untuk pembibitan.

“Saya berharap ada yang nampung untuk pembibitan tanaman jenis ini dan lancar, berkembang dalam pemasaran seperti dulu harganya bisa bagus lagi,” tandasnya.(rp1)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=37854

Posted by on 24 Nov 2012. Filed under CIANJUR. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.
Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect. -->