Dishub Sentil Izin Amdal Lalin

* Banyak Tak Dikantongi Pabrik

SIMPUL KEMACETAN: Ratusan kendaraan dari arah Sukabumi dan Bogor terjebak macet saat jam keluar karyawan. Kondisi ini sering terjadi di sejumlah titik seperti Cicurug dan Cibadak. andri radar

CIBADAK-Beroperasinya sejumlah pabrik banyak dianggap tidak memenuhi mekanisme kelengkapan izin. Pasalnya, masih banyak perusahaan yang tidak memenuhi Analisis Dampak Lalu lintas (Amdal Lalin). Padahal Amdal Lalin merupakan mekanisme penting untuk diterbitkanya Ijin Mendirikan Bangunan (IMB).
Amdal Lalin ini tidak hanya berlaku untuk pabrik. Pada kenyataanya bangunan komersil pun belum mengantongi izin yang diterbitkan Dinas Perhubungan (Dishub) ini. Maka tidak heran karena tidak mengantongi Amdal lalin, pabrik dan bangunan komersil ini menjadi penyebab kemacetan.
Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Sukabumi, Ahmad Riyadi mengatakan masih banyak pabrik, serta bangunan komersil yang belum memiliki Amdal Lalin. Perlu diketahui, izin IMB terbit jika ada persyaratan ini, Fungsinya untuk mengatur kelayakan teknis lingkungan lallu lintas.
“Tidak heran yang menjadi biang kemacetan itu merupakan bangunan pabrik. Pabrik yang ada saat ini tidak punya lahan parkir kendaraan jemputan atau umum. Selain itu tidak ada rambu rambu lalulintas, mungkin kalau ada amdal lalin kondisinya tidak demikian,” ungkapnya.
“Terutama Saat jam keluar masuk karyawan arus lalu lintas terganggu. Kendaraan umum dan jemputan berhenti di badan jalan, ditembah pedagangan. Semerawutnya kondisi ini nampak terlihat di kawasan Cibadak yakni Karangtengah hingga Cicurug tepatnya Desa Benda,” lanjutnya.
Tetapi, pengusaha dan pemilik bangunan komersil ini tetap nekad menjalankan aktivitas walau sudah ada teguran berkali kali. Padahal  jika saja masih tidak mengidahkan teguran Izin perushaan akan dicabut,” ujarnya.
Menurutnya, perusahaan nekat beraktivitas tanpa ada rekomendasi amdal lalin dengan pembelaan bahwa Undang Undang 22 tahun 2009 ini terbit setelah perusahaan selesai dibangun. Tetapi Dishub tidak habis jalan, pasalnya ketika ada perpanjangan IMB atau merubah bentuk bangunan maka mesti ada kajian amdal lalin.
“Saat ini amdal lalin mulai tegas tidak mengantongi jangan harap IMB bisa terbit. Pabrik khususnya harus tertib dan mengikuti aturan, karean faktor kemacetan ini disumbang oleh pabrik,” tukasnya. (dri)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=3719

Posted by on 18 Feb 2012. Filed under KABUPATEN SUKABUMI. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

1 Comment for “Dishub Sentil Izin Amdal Lalin”

  1. isep

    hebat dri,,,, bravo semoga aja lo ke cibadak lg ga macet bgt hehehee

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.
Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect. -->