Angka Kematian Ibu-Bayi Menurun

CIANJUR- Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Kabupaten Cianjur menunjukan penurunan signifikan. Pada 2011 lalu persentasenya mencapai 76 persen. Namun kini menurun menjadi sekitar 40 persen. “Menurunnya tingkat kematian ibu dan bayi saat melahirkan, tidak terlepas intensifnya sosialisasi mengenai cara penanganan ibu melahirkan,” kata Direktur Rumah Sakit Ibu Bersalin (RSIB) Kabupaten Cianjur Kamayasari, kemarin. Menurutnya, sosialisasi efektif lantaran AKI maupun AKB tahun ini menurun dibandingkan 2011 lalu. Sedangkan saat ini AKI dan AKB sebesar 40 persen, sementara tahun lalu mencapai 76 persen, lantaran tidak optimalnya penanganan.

Pihaknya memaparkan, saat ini masih tingginya AKI dan AKB pada tahun lalu dikarenakan banyak bidan di daerah yang merasa takut untuk segera bertindak ketika pasien sudah harus ditolong. Karena itu, RSIB juga berkewajiban membina setiap bidan yang ada di puskesmas-puskesmas agar selalu siap dan sigap dalam kondisi apapun.”Makanya kita optimalkan sosialisasi penanganan. Alhamdullilah, upaya itu bisa menurunkan AKI dan AKB di Cianjur, meskipun target penurunan setiap tahunnya hanya 23 orang bayi dan ibu,” ujarnya.

Dia mengakui, tidak sedikit pasien yang datang ke rumah sakit dalam kondisi yang sudah parah. Sehingga kematian rata-rata kurang dari enam jam sesudah sampai rumah sakit. “Dalam sebulan, sedikitnya 11 puskesmas poned kami datangi untuk melakukan sosialisasi ini. Materi sosialisasi di antaranya menyangkut ciri-ciri ibu berisiko tinggi, dan beberapa tindakan dalam menanganinya,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Ruangan Bersalin RSIB Kabupaten Cianjur Rohani mengatakan selama bulan November 2012 ini, pihaknya sudah menangani hampir 154 bayi yang lahir selamat. “Gizi yang cukup membuat para ibu melahirkan menjadi lebih lancar. Mudah-mudahan kondisi ini bisa terus dijaga sehingga AKI maupun AKB bisa terus ditekan,” imbuhnya. (tan)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=36535

Posted by on 14 Nov 2012. Filed under CIANJUR. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.
-->