Daur Ulang Sampah, Komposter Diberikan

PEMBAGIAN KOMPOSTER: Anggota Ika Smansa Angkatan 79, Eldi Andi memberikan komposter kepada anggota alumni Ika Smansa Angkatan 79, Dadang Firdaus lainnya. foto:ist

CIKOLE–Ikatan Alumni SMAN 1 (Smansa) Angkatan 79 kembali memberikan komposter kepada Dadang Firdaus dan istrinya, Betty Rachmawati yang juga Ika Smansa. Pemberian komposter ini disampaikan oleh salah satu Alumni Ika Smansa Eldi Andi pada Sabtu (10/11) lalu.

Eldi mengatakan bahwa cara menangani sampah yang efektif dan efesien adalah dengan cara mendaur ulang sampah non organik. “Bisa didaur ulang menjadi biji plastik, sementara itu sampah organik bisa diolah lagi menjadi kompos atau pupuk organik.Ia menambahkan daur sampah organik menjadi pupuk tidak hanya dapat menyuburkan tanaman tetapi juga turut menyehatkan lingungan.

Selain itu, penggunaan pupuk organik tidak meninggalkan residu pada tanaman sehingga aman untuk dikonsums. Komposter, di bioaktivator dan sprayer merupakan alat sederhana yang digunakan untuk mengolah sampah organik menjadi kompos cair.

Sementara itu, pada 7 November di Gedung Disen diadakan sosialisasi pengolahan sampah rumah tangga menjadi pupuk cair dengan komposter.

Dalam rangka mendukung program pemerintah dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup, khususnya dalam penanganan sampah domestik, Keluarga Besar Disen dengan menamakan diri Masyarakat Sadar Lingkungan (My Darling) telah mengadakan sosialisasi pengolahan sampah rumah tangga (sampah domestik), dengan menggandeng ibu2 Ketua TP PKK Desa se Kecamatan Cisaat.

Sosialisasi diselenggarakan pada Rabu, 7 Nopember bertempat di Gedung Disen. Hadir pada sosialisasi tersebut Camat Cisaat Aep Syaefullah yang sekaligus membuka sosialisasi tersebut. Dalam sambutannya Bapak Camat sangat merespons kegiatan yang diselenggarakan My Darling Disen, dan ia mengharapkan agar kegiatan seperti ini dapat diperluas untuk aktifis masyarakat lainnya.

“Sehingga, nantinya pengolahan seperti ini diterima dan memasyarakat di Kecamatan Cisaat, “harapnya.

Sosialisasi disampaikan langsung Elvi Andi Dana Budiman sebagai Koordinator My Darling Disen yang juga sebagai Ketua Pokja III TP PKK KabupatenSukabumi yang juga merupakan istri dari Assisten Sekda Bidang Ekonomi dan Pembangunan D Budiman. Dalam penyampaian materinya Elvi Andi D.Budiman didampingi Ellen Andi Supriatna. Yang menguraikan tentang proses dan prosedur pengolahan sampah dengan komposter secara menyeluruh, dengan tata cara mempraktikannya.Peserta sosialisasi yang terdiri dari ibu-ibu Ketua TP PKK Desa se-Kec Cisaat dan pengurus TP PKK kecamatan yang sekaligus dipimpin Ketua TP PKK Kecamatan Cisaat Elita A.Syaefullah. Mereka semua antusias mendengarkan paparan mengenai komposter.

Selesai kegiatan sosialisasi pihak My Darling Disen secara simbolis menyerahkan komposter kepada Ibu-ibu ketua TP PKK Desa se Kecamatan Cisaat untuk menjadi pelopor dalam mendorong masyarakat untuk mengolah sampah rumah tangga yang berwawasan lingkungan.Kegiatan sosialisasi diharapkan dapat disebarkan kembali kepada keluarga, tetangga, dan masyarakat yg lebih luas, untuk mendukung Sukabumi Hijau dan Bersih.(*)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=36325

Posted by on 13 Nov 2012. Filed under KOTA SUKABUMI. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.
Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect. -->