KECAMATAN CISOLOK, KABUPATEN SUKABUMI

TRADISI: Warga Adat Ciptagelar Kecamatan Cisolok saat menumbuk padi dalam lesung.foto:doc

Andalkan Delapan Keindahan Kepariwisataan

Indahnya laut dan pantai yang menghiasi Kecamatan Cisolok menandakan bahwa potensi pariwisata menjadi primadona di wilayah ini.

Laporan Didiet Rahma Aditya

Kecamatan Cisolok merupakan bagian dari wilayah Palabuhanratu yang kaya akan potensi pariwisata laut. Jika dilihat dari kondisi geografis Kecamatan Cisolok sebelah utaranya masuk wilayah Kecamatan Cikidang dan Kalapunanggal. Sebelah selatannya adalah Samudera Indonesia, di bagian timurnya masuk Provinsi Banten tepatnya di Kecamatan Cikotok Kabupaten Lebak, dan baratnya adalah Kecamatan Cilogragrang yang juga masuk Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Kecamatan Cisolok memang merupakan pintu gerbang batas provinsi antara Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Banten. Tentunya ini menuntut adanya harapan pembangunan yang optimal di samping mengembangkan aset-aset yang sudah ada yang dapat meningkatkan derajat Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Dan aset yang dimaksud salah satunya adalah wilayah ini yang begitu kental dan terkenal dengan nuansa kepariwisataannya.

Memasuki ruang ini memang cukup menarik. Dari Palabuhanratu terus lagi ke arah Cikakak lalu ke Cisolok. Jaraknya dari pusat ibukota Kabupaten Sukabumi, yakni Palabuhanratu lebih kurang 11 Kilometer.Tapi yang menarik untuk mencapai Kecamatan Cisolok melintas pemandangan laut sebagai bukti kebesaran Allah SWT yang cukup luas menghampar di sisi sepanjang jalan. Ya, itulah mengapa Kecamatan Cisolok bagian dari kecamatan di Kabupaten Sukabumi yang merupakan andalah pariwisata keindahan laut dan pantai.

Kecamatan Cisolok sendiri memiliki 11 desa, yakni Pasir Baru, Cikahuripan, Cisolok, Cikelat, Sirnaresmi, Caringin, Gunung Karamat, Gunung Tanjung, Cicadas, Karangpapak, dan Sukarame.

Camat Cisolok, Asep S yang sebelumnya pernah disampaikan camat sebelumnya Asep Budi mengatakan, desa-desa di wilayahnya terbagi atas 4 desa pantai dan 7 desa pegunungan. ” Yang termasuk desa pantai adalah Cisolok, Karangpapak, Cikahuripan, dan Pasir Baru,”sebutnya kepada Radar Sukabumi.

Sedangkan ketujuh desa lainnya yang masuk wilayah pegunungan merupakan wilayah yang berpotensi pengembangna agraris, perbukitan dan yang lebih menonjol adalah wilayah pertambangan. ” Di ketujuh desa tersebut menyimpan potensi tambang seperti emas, galena, zeolit, dan mangaan,”sebutnya kembali beberapa waktu lalu.

Sedangkan untuk desa-desa yang menyimpan kekayaan potensi alam laut dan pantai, Asep menyebutkan setidaknya wilayahnya memiliki 8 Sentral Tujuan Wisata. Apa saja kedelapan sentral tersebut ?

“Pertama adalah keindahan Pantai Karanghawu yang berada di Desa Cisolok. Ini menjadi tujuan wisata yang rata-rata pada musim liburan kebanjiran pengunjung,”sebutnya.Yang kedua adalah Pantai Kebon Kelapa yang juga berada di Desa Cisolok, lalu ketiga Pantai Nambo, keempat Wisata Cipanas di Desa Cisolok, kemudian yang kelima Pantai Cibangban di Desa Pasir Baru, yang keenam Pantai Karang Haji yang juga di Desa Pasir Baru, ketujuh adalah Pantai Karangpapak di Desa Karangpapak. “Dan yang terakhir adalah Puncak Habibie yang merupakan puncak tertinggi dengan ketinggian 1000 meter.

Jika berada di puncak ini maka terlihat posisi laut berada di bawah. Puncak Habibie ini berlokasi di Desa Pasir Baru,”jelasnya.Kenapa dikatakan Puncak Habibie, karena memang di sana dibangun Radar IPTN yang dimiliki Mantan Presiden RI, BJ Habibie. “Potensi pariwisata ini diharapkan bisa meningkatkan daya beli masyarakat dalam mencari nafkah hidup tapi dengan tetap menjaga kaidah dan kelestarian,”harapnya.

Sedangkan Camat Cisolok Asep S soal usulan pembangunan ke depan di antaranya berharap adanya pembangunan talud di Sungai Cibareno Desa Pasir Baru dan Caringin. “Kami juga mengusulkan penataan Stop Over Wisata (gantole) di Datar Randu Desa Pasir Baru (Puncak Habibi, penataan/relokasi pedagang setempat),”sebutnya. Harapan selanjutnya pelestarian adat budaya lokal yang terus dipelihara.(*)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=34952

Posted by on 2 Nov 2012. Filed under KABUPATEN SUKABUMI. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.
Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect. -->