SMAN 1 dan SMAN 4, Laksanakan Kurban

SOSIAL:Kepala SMAN 1 Kota Sukabumi Pipid Hudaya bersama Ketua Panitia Kurban Dadang Sadili disaksikan para siswanya melaksanakan penyembelihan hewan kurban, (27/10). FOTO:FAJAR/RADARSUKABUMI

CITAMIANG-Hari Raya Idul Adha 1433 H/2012, dimanfaatkan seluruh pelajar SMAN 1 Kota Sukabumi dengan penyembelihan hewan kurban berupa tiga ekor sapi dan tiga domba. Tidak hanya menyembelih hewan kurban, pelajar SMAN 1 juga belajar menguliti hingga membagikannya kepada masyarakat sekitar lingkungan sekolah.

Dibantu oleh para guru, penyembelihan hewan kurban dilakukan di halaman sekolah setempat, Sabtu (27/10).

Kepala SMAN 1 Kota Sukabumi, Pipid Hudaya mengatakan, sejak dini, siswa harus diajarkan cara berkurban dan berbagi kepada sesama agar kehidupan makin berkah sesuai dengan yang diisyaratkan agama Islam.

“Sebagai umat muslim, kita harus saling menyayangi dan peduli sesama. Salah satu bentuknya diwujudkan lewat kegiatan berkurban,”kata Kepala SMAN 1 Kota Sukabumi Pipid Hudaya kepada Radar Sukabumi saat ditemui disela-sela kegiatan kurban.

Sementara itu, Wakil Kepala SMAN 1 Kota Sukabumi Dudung Koswara didampingi Ketua Panitia Kurban SMAN 1 Kota Sukabumi Dadang Sadili mengatakan jika kegiatan seperti ini dimaksudkan sebagai proses pembelajaran sekaligus menanamkan jiwa sosial kepada para siswa, yang mana dari mulai proses memotong hingga mengemas daging hewan kurban, itu semua dilakukan oleh para siswa khusus kelas XII baik putra maupun putri.

“Idul Adha ini mengandung banyak hikmah, selain melatih anak untuk belajar berbagi sejak dini, juga dari sisi manajemennya mereka dilatih untuk mengurusnya,”ujar Dudung Koswara.

Menurutnya, pelaksanaan kurban yang melibatkan seluruh unsur sekolah seperti guru, pelajar hingga alumni SMAN 1 ini rutin dilaksanakan setiap tahun, khusus penyelenggaraan kurban tahun ini SMAN 1 memotong 3 ekor sapi yang berasal dari guru-guru dan siswa serta alumni serta 3 ekor domba yang seluruhnya berasal dari pelajar kelas XII.

“Sengaja kami libatkan semua siswa karena khusus untuk kelas XII ada pelajaran Tarbiyatul Qurban. Jadi, kegiatan seperti ini memberikan tambahan ilmu sekaligus nilai praktek pelajaran agama Islam,”terang Dadang Sadili.

Sementara itu, salah satu siswa Kelas XII IPA 5 SMAN 1 Kota Sukabumi Feby Oktaviansyah mengaku senang bisa mengikuti kegiatan pembagian hewan kurban di sekolahnya. “Pastinya kami senang bisa ikut berbagi dengan warga masyarakat yang kurang mampu di sekitar sekolah maupun seputar tempat tinggalnya. Kamipun jadi siap dan tahu tata cara berkurban,”tandasnya.

Di tempat terpisah, SMAN 4 Kota Sukabumi juga mengadakan acara pemotongan hewan kurban. Sama halnya dengan SMAN 1, untuk Idul Adha tahun ini SMAN 4 juga memotong tiga ekor sapi dan tiga ekor domba. Hewan kurban juga berasal dari siswa-siswi SMAN 4 sendiri yang dikumpulkan dua minggu sebelum Idul Adha.”Semua hewan kurban dari siswa berkat peran serta para siswa yang memberikan sumbangannya”tutur Pipid Hudaya yang juga menjabat Kepala Sekolah SMAN 4 Kota Sukabumi.(cr10)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=34202

Posted by on 29 Okt 2012. Filed under PENDIDIKAN SUKABUMI. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.
Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect. -->