Mengenal Sumber Air PDAM TBW Kota Sukabumi

Ada Sejak 1926, Kapasitas 50 Liter per Detik

PENAMPUNGAN:Sumber air PDAM TBW Kota Sukabumi, Cigadog.

PDAM Tirta Bumi Wibawa Kota Sukabumi sebagai salah satu perusahaan daerah yang bergerak dalam pemenuhan kebutuhan air bersih bagi masyarakat dituntut untuk memberikan pelayanan sebaik mungkin. Dan sebagai suatu konsekuensi logis dari perusahaan publik, tentunya PDAM tidak hanya bisa bersantai. Dengan pelayanan yang prima demi kepuasan pelanggan menjadi prioritas utama.

Untuk mencapai pelayanan prima yang diharapkan, maka PDAM TBW Kota Sukabumi terus berbenah kearah yang lebih baik. Prinsip-prinsip pelayanan prima, yaitu attitude (sikap), Attention (perhatian) dan Action (tindakan) harus dikedepankan. Yang harus dipahami oleh semua baik PDAM TBW kota Sukabumi maupun pelanggan dan masyarakat menyadari bahwa pelayanan yang prima adalah kunci keberhasilan. Pelayanan prima berarti memelihara dan mempertahankan pelayanan maupun meningkatkan pelanggan.
PDAM Tirta Bumi Wibawa Kota Sukabumi yang bergerak dalam penyediaan air bersih untuk masyarakat tentu tidak lepas bagaimana menyediakan bahan baku yang mempunyai kualitas air bersih yang memenuhi standart Kesehatan. Perlu disampaikan bahwa PDAM TBW dalam mensuplai air bersih kepada pelanggan didukung oleh 3 sumber air utama, yaitu mata air Cigadog, mata air Batukarut dan WTP Kadudampit.
Mata air Cigadog yang merupakan salah satu sumber air PDAM TBW Kota Sukabumi sudah ada sejak tahun 1926. Berarti hal ini, sejak penjajahan Belanda Kota Sukabumi sudah mempunyai sistem penyediaan air minum. Pada awalnya bangunan penangkap air Cigadog yang mempunyai kapasitas 50 l/dt  yang mengaliri kurang lebih 1500 unit.
Mata air Cigadog sendiri merupakan mata air dari jenis ‘umbulan’, yaitu mata air yang timbul dari dasar permukaan tanah. Mata air ini mempunyai kualitas air yang sangat bagus dari tingkat kejernihan dan hanya memerlukan proses pembubuhan zat desinfektan saja, sudah layak untuk didistribusikan ke pelanggan.
Sedangkan untuk wilayah pelayanannya, mata air Cigadog ini dialirkan melalui pipa transmisi dari jenis Ductile Cast Iron Pipe (DCIP) ke reservoir (bangunan penampung air) Cisarua yang mempunyai kapasitas penampungan 1500 m3 dan terletak di jalan Salabintana.
Mata air Cigadog sampai saat ini didistribusikan untuk pelanggan di daerah Cimanggah, Sebagian Kebon Jati, Cikole, Gg. Karimin, Gg. Jayaniti maupun Gg oyo.
Tentunya mata air Cigadog yang mempunyai kualitas air sangat bagus haruslah di jaga oleh semua pihak, baik PDAM TBW Kota Sukabumi, pemerintah daerah juga tidak ketinggalan masyarakat semuanya. Salah satu upaya untuk mempertahankan keberadaan mata air Cigadog adalah dengan menjaga lingkungan sekitarnya. Jangan sampai lingkungan sekitarnya menjadi gundul dan gersang, yang tentunya dengan kondisi alam yang rusak tersebut akan mengurangi baik kualitas maupun kuantitas airnya.(*)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=3365

Posted by on 16 Feb 2012. Filed under KOTA SUKABUMI. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.