Kesuksesan SDN Surya Kencana CBM Juara Nasional LSS (1)

Kepala Puskesmas Selabatu, drg Suhendro Rusli menerima penghargaan dari Menkes RI, DR Nafsiah Mboi

Mendapat Pembinaan Rutin Puskesmas Selabatu

Satu lagi yang membuat SDN Surya Kencana CBM menjadi Juara Nasional Lomba Sekolah Sehat (LSS) 2012 adalah peran penting dari Puskesmas Selabatu. Puskesmas yang dikepalai drg Suhendro Rusli itu selalu memberikan pembinaan rutin tentang urgensi menjaga dan menerapkan nilai kesehatan dalam kehidupan sehari-hari kepada seluruh komponen SDN Surya Kencana CBM.

Laporan Didiet Rahma Aditya

Kepada Radar Sukabumi, Kepala Puskesmas Selabatu, drg Suhendro Rusli mengatakan, Usaha atau Unit Kesehatan Sekolah (UKS) merupakan salah satu program pengembangan pihaknya. “Di Kota Sukabumi adalah 58 sekolah yang menjadi pembinaan kami khususnya dari program UKSnya. Dari angka itu, ada sekitar 18 SD nya yang mendapatkan pembinaan, termasuk SDN Surya Kencana CBM ini,”jelas pria berkacamata ini. Ia berharap dari hasil pembinaan ini 20 tahun kemudian, para siswa mampu menerapkan arti penting Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam kehidupan sehari-hari. Dalam UKS, imbuhnya terdapat semboyan yang disebut Trias UKS. “Trias UKS ini meliputi pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan menuju sekolah yang sehat,”sebutnya.

Salah satu faktor yang menjelaskan suksesnya SDN Surya Kencana CBM sebagai juara nasional karena di sekolah itu mendapatkan askes siswa. Artinya, sambung Suhendro, setiap siswa di SDN Surya Kencana CBM yang ingin berobat ke Puskesmas Selabatu dengan memperlihatkan kartu askes siswa maka gratis berobat ke Puskesmas Selabatu. Sedangkan kegiatan rutin lainnya yang digencarkan pihak Puskesmas Selabatu antara lain kesehatan lingkungan yang dilaksanakan seminggu sekali. Lalu melakukan pembinaan terhadap dokter cilik di sekolah tersebut.”Salah satu bentuk pembinaan rutinnya adalah mengajarkan para siswa untuk memeriksa jentik-jentik nyamuk di lingkungan sekitar sekolah. Seperti di tanaman sekolah atau toilet siswa, dan lain sebagainya,”paparnya.

Para dokcil juga diajak ke posyandu-posyandu di bawah asuhan Puskesmas Selabatu agar memperoleh ilmu tentang ke posyanduan. Termasuk di dalamnya menularkan ilmu kepada teman-teman di taman kanak-kanak agar senantiasa menggosok gigi, mencuci tangan, dan menjaga kesehatan pribadi serta lingkungan. Kemudian ada juga pembinaan terhadap satuan petugas (Satgas) Anti Rokok SDN Surya Kencana CBM. Satgas Anti Rokok ini bertugas untuk saling mengingatkan jika komponen sekolah termasuk sampai ojeker yang biasa menjemput siswa atau pedagang di depan lingkungan sekolah termasuk orang tua agar selalu mematikan rokok dan melarang untuk merokok termasuk di dalamnya pada lingkungan sekolah.

“Saya berharap dengan pembinaan kesehatan ini para siswa/dokcil pada khususnya dan komponen sekolah pada umumnya bisa menjadi agen perubahan terutama dalam menerapkan PHBS di kehidupan sehari-hari. Harapan kami yang kedua, bahwa dengan menjaga kesehatan itu adalah penjabaran dan penerapan dari visi Kota Sukabumi yang ingin mewujudkan Kota Sehat,”jelas Suhendro yang berharap ini bisa terwujud.

Sementara itu sebagai informasi, selama Puskesmas Selabatu dipimpin drg Suhendro Rusli, puskesmas yang berlokasi tidak jauh dari Dinas Kesehatan ini telah mengukir prestasi nasional. Ya, pada 2012 belum lama ini, Puskemas Selabatu tercatat sebagai Pembina UKS Terbaik tingkat Nasional yakni dalam menjadi pembina untuk SDN Surya Kencana CBM. Di samping itu pada 2011 Puskesmas Selabatu juga tercatat sebagai Juara III puskesmas terbaik se-Jawa Barat dalam kategori Lomba Kinerja Puskesmas. “Alhamdulillah ini tidak lepas dari kerja sama semua pihak seperti para karyawan, pihak sekolah, kepala sekolah, dan lain sebagainya. Saya berharap agar prestasi ini bisa dipertahankan lagi untuk tahun-tahun berikutnya,”harap Suhendro kepada Radar Sukabumi.

Sebelumnya, saat drg Suhendro Rusli memimpin Puskesmas Sukabumi atau Puskesmas Ciaul dari 2004-2010, tangan dinginnya juga mengantarkan kepada sejumlah penghargaan. Antara lain pada 2004 sebagai puskesmas terbaik se Kota Sukabumi di mana kepala Puskesmas Ciaul kala itu tercatat sebagai kepala puskemas terbaik. Kemudian, pada 2005 Kelurahan Subangjaya yang dibinanya kala itu sebagai Juara Kelurahan Siaga Tingkat Provinsi Jabar. Di tahun 2006, Posyandu Taman Asri RW 14 di Kelurahan Subangjaya yang dibinanya sebagai Posyandu Terbaik Kedua se-Jabar. Selanjutnya pada 2009, sebagai Puskesmas Ciaul Terbaik ke-2 se-Jabar, dan di 2010 Puskesmas Ciaul di bawah pimpinan drg Suhendro Rusli tercatat sebagai Puskesmas Unit Layanan Citra Pelayanan Prima se-Jabar.(*)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=30087

Posted by on 3 Okt 2012. Filed under FEATURES, KOTA SUKABUMI. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.