“TBC dan Kusta Bisa Sembuh”

SOSIALISASI:Pembicara saat menerangkan materi kepada peserta seminar antisipasi TBC dan Kusta di Gedung Wanita, kemarin. foto:handi/radarsukabumi

CIKOLE–Sebanyak 300 kader kesehatan se-Kota Sukabumi mendapat wawasan gejala peyakit kusta dan TBC di Gedung Wanita Jalan RE Martadinata, kemarin. Acara ini diselenggarakan Dinas Kesehatan Kota Sukabumi dengan tema Masyarakat Sehat Indonesia Kuat. Pada seminar ini dijelaskan tentang gejala penyakit kusta dan TBC termasuk bisa disembuhkan.

Wakil Supervisor Program Penyakit Kusta dan TBC dari Dinas Kesehatan Jabar, Rini S mengatakan, untuk gejala TBC di antaranya batuk disertai dahak selama seminggu, kadang-kadang bercampur darah. Kemudian, terasa sesak napas dan nyeri di dada. Kemudian, nafsu makan menjadi berkurang, berat badan menurun, lalu terjadi demam lebih dari sebulan,”paparnya. Kemudian, berkeringat di malam hari meski tidak melaksanakan kegiatan. Sedangkan untuk gejala kusta terjadi panas dari derajat yang rendah sampai dengan menggigil, anoreksia.

“Lalu noursea yang kadang-kadang disertai vemitus, kadang-kadang juga disertai iritasi, orchitis dan pleuriric dan gejala lainnya,”paparnya. Ia menjelaskan kedua penyakit tersebut masih banyak terjadi di Jawa Barat dan meningkat tiap tahunnya. Namun, imbuhnya dengan keaktifan para kader di daerah, penyakit tersebut bisa diatasi.

Ditambahkannya sejauh ini 13 persen ditemukan kasus baru dari penyakit tersebut. Pihaknya berharap penyakit berbahaya ini bisa turun 35 persen dari 2010 dan 2015.Rini juga mengharapkan kepada Pemerintah Kota dan Kabupaten Sukabumi untuk memberikan anggaran tentang pencegahan penyakit tersebut. (cr5)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=30078

Posted by on 3 Okt 2012. Filed under KOTA SUKABUMI. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.