Tingkat Partisipasi Pemilih Pemula Tinggi

LCC : KPU Kabupaten Cianjur gelar LCC dalam rangka sosialisasi Pilgub Jabar 2013.(FOTO : ZULFAH ROBBANIA/RADAR CIANJUR)

CIANJUR–Survei yang dilakukan KPU pusat dan provinsi menyebutkan, jika tingkat partisipasi pemilih pemula dalam pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) tinggi, yakni mencapai 99 persen. Data tersebut, menjadi acuan KPU Kabupaten Cianjur untuk tetap memelihara tingkat partisipasi pemilih pemula, seperti menggelar Lomba Cerdas Cermat (LCC) Pilgub Jabar 2013 di Gedung Assakinah Cianjur, kemarin.

Divisi Sosialisasi KPU Kabupaten Cianjur Saepul Ulum mengatakan, dalam kegiatan tersebut terlihat bahwa pengetahuan pelajar yang merupakan pemilih pemula, terkait dengan pemilu sangat baik. Asumsinya, berdasarkan jumlah pertanyaan yang mencapai 50 soal, rata-rata para pelajar dapat menjawab sekitar 47 soal dengan baik.

“Jika membandingkan hasil survei yang dikeluarkan oleh KPU pusat dan provinsi dengan kegiatan ini, bisa membuktikan bahwa tingkat partisipasi pemilih pemula memang tinggi,” terangnya.

Dijelaskannya, kegiatan tersebut diikuti oleh 66 sekolah dari berbagai wilayah di Kabupaten Cianjur. Pada pelaksanaannya, kegiatan LCC Pilgub Jabar 2013 ini diselenggarakan di dua tempat, yakni GOR Wisma Karya untuk peserta asal dapil 1, 2 dan 3. Sedangkan, untuk peserta dapil 4 dan 5 diselenggarakan di Kecamatan Sindangbarang. Hasil dari babak penyisihan, terdapat sembilan group (sekolah) yang dinyatakan lolos maju babak semifinal.

“Dari 9 group tersebut, nantinya di babak semifinal akan didapat tiga group untuk maju ke babak final,” jelasnya.

Kegiatan LCC sendiri, dilaksanakan di seluruh wilayah Jabar. Hal ini dimaksudkan untuk sosialisasi Pilgub Jabar kepada para pemilih pemula.

“Soalnya yang buat KPU Cianjur dengan berpedoman pada KPU Provinsi Jabar. Melalui kegiatan tersebut, diharapkan sosialisasi Pilgub Jabar dapat tersampaikan dan melalui para peserta, informasi ini dapat dilanjutkan kepada masyarakat,” pungkasnya.(zul)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=29924

Posted by on 2 Okt 2012. Filed under CIANJUR. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.