Rel KA Sukabumi-Bandung Bakal Diperbaiki

REL MATI: Sejumlah pelajar menyusuri terowongan Lampegan di Kecamatan Cireunghas. Jalur rel kereta di sana, sudah bertahun-tahun mati dan tak berfungsi. foto: mardian/ radar sukabumi

CIREUNGHAS- Ruas jalur kereta api jurusan Sukabumi-Bandung segera diperbaiki. Hal itu dilakukan mengingat rencana pemerintah akan mengoperasikan kembali Kereta Rel Diesel (KRD) Sukabumi-Bandung tahun 2014 mendatang.

Menurut informasi yang diperoleh Radar, penyebab tidak dioperasikannya kereta Sukabumi-Bandung bermula pasca terjadinya longsor pada sebuah terowongan Lampegan- Cireunghas dan sekitarnya di tahun 2000 lalu. Selain itu, hal yang kendala pengoperasian kereta ini lantaran lokomotif yang digunakan belum diganti total.

Kepala Stasiun Gandasoli, Sarifudin menuturkan, sebenarnya kereta api Sukabumi-Bandung masih beroperasi. Akan tetapi tidak sepenuhnya lantaran sebagian ruas jalur kereta dan sebagian lokomotifnya rusak terutama di sekitar terowongan Lampegan Cireunghas. “Memang saat ini operasi kereta Sukabumi-Bandung hanya sampai Stasiun Padalarang Cianjur,dan itu pun kadang-kadang serta di waktu tertentu,” ujarnya.

Selain itu, ia juga mengatakan, kerusakan ruas jalur kereta ini tengah beberapa kali diperbaiki sejak terjadinya longsor ditahun 2000, kemudian pengecekan kelayakan sering dilakukan, namun sampai saat ini belum bisa dipastikan kapan kereta tersebut dioperasikan kembali. Sebab, dari sebagian ruas jalan yang ada tengah diperbaiki dan fasilitas operasional pun tengah disiapkan. “Saat ini, perkiraan kantor pusat belum mengoperasikan kereta tersebut mengingat kelayakan operasional kereta itu sendiri yang sudah tua dan sering mogok, dan itu terlalu beresiko jika dipaksa untuk dioperasikan mengingat jalur dan lintasan kereta yang rawan,”katanya.

Namun mengingat hal itu, beberapa warga sekitar jalur kereta menuturkan, kami sering mendengar kabar tentang kereta Sukabumi-Bandung akan dioperasikan kembali, terutama setelah melihat adanya beberapa perbaikan ruas jalan disekitar lampegan yang menjadi penyebab utama tidak dioperasikannya kereta tersebut. Namun sampai saat ini, kereta tersebut belum juga terlihat dan setiap kabar yang diterima, operasional kereta Sukabumi-bandung kembali diundur dan ditunda. “Padahal amat disayangkan jika sering dilakukan perbaikan tetapi tidak dioperasikan,” kata Mursyid salah seorang warga Lampegan.

Sejumlah lainnya juga mengatakan, mereka tidak mengerti kenapa kereta Sukabumi-Bandung tak kunjung dioperasikan. Padahal, dari sejumlah kerusakan yang sebelumnya terjadi khusunya terowongan Lampegan sudah diperbaiki dan bisa dilewati. “Kami berharap kereta Sukabumi-Bandung segera beroperasi, sebab tidak sedikit warga Sukabumi yang menggunakan transoprtasi ini sebagai salah satu sarana efisien,” pungkas Ade. (cr7)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=28608

Posted by on 24 Sep 2012. Filed under KABUPATEN SUKABUMI. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Jump To Top
Copyright Β© 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.