Kerugian Bencana Rp140 juta

NYALINDUNG – Kerugian materil yang dialami Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi akibat banjir dan tanah longsor yang menerjang wilayah Desa Wangunreja, Kecamatan Nyalindung pada Selasa (6/3) sekira pukul 16.00 WIB lalu mencapai Rp140 juta. Kerugian ini mendasar pada beberapa rumah yang terendam banjir dan tiga hektar lahan pertanian.

“Yang paling parah itu jebolnya saluran irigasi. Butuh biaya Rp100 juta untuk memperbaikinya. Kalau yang lain, untuk memperbaiki rumah warga dan lahan pertanian kisaran anggaran Rp40 juta yang dibutuhkan,” ujar Sekertaris Desa Wangunreja, Iwan kepada Radar Sukabumi di Kantor Desa Wangureja, Rabu (7/3).

Bacaan Lainnya

Angka kerugian ini, lanjut Iwan, bisa saja jumlahnya lebih. Hal itu mengingat masih banyaknya titik yang belum terinventarisir akibat dampak banjir dan longsor.

“Ini hanya taksiran sementara. Mungkin kebutuhan anggaran bisa saja lebih dari Rp140 juta untuk perbaikan ini,” imbuhnya.

Selain itu, Iwan menyebutkan bencana yang sama bisa saja terjadi bila hujan deras kembali mengguyur wilayah Kecamatan Nyalindung. Hal tersebut lantaran dilihat konstruksi tanah yang labil.

“Meskipun demikian, kami berharap tidak ada lagi bencana yang melanda desa kami ini,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *