Panwascam Harus Independen

falah/radarsukabumi

PENGAMBILAN SUMPAH:Ketua Panwaslu Kota Sukabumi, Ending Muhidin memimpin pengambilan sumpah 21 anggota panwascam di Aula Setda, Balaikota Sukabumi, kemarin.

*21 Anggota Panwascam Dilantik

SUKABUMI – Sebanyak 21 Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kota Sukabumi dilantik, di Aula Setda Balaikota Sukabumi, kemarin. Selain pelantikan puluhan anggota Panwascam diberikan pembinaan oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Sukabumi.

Usai pelantikan dilanjutkan penandatanganan berita acara pengambilan sumpah dan penandatanganan fakta integritas, secara simbolis. Ketua Panwaslu Kota Sukabumi Ending Muhidin mengatakan dengan pelantikan panwascam ini berarti perangkat di bawah panwaslu tingkat kota itu sudah siap bekera. “Setelah pelantikan mereka (panwascam, red) langsung bekerja secara independen,” ujar Ending.

Lebih jauh dijelaskan Ending, optimalnya peran panwascam dalam pelaksanaan Pemilukada Kota Sukabumi 2013 mendatang, bukan hanya bermanfaat untuk menjamin sukses dan lancarnya proses pemilu, melainkan akan sangat menentukan kredibilitas penyelenggaraan pemilu tersebut sebagai sebuah proses pemilihan yang berlangsung adil, demokratis dan bersih.

Panwascam yang terpilih ini, akan langsung bekerja di wilayahnya masing-masing sesuai aturan yang berlaku, serta berdasarkan komitmen dan fakta integritas yang ditandatangani. “Panwaslu berkomitmen untuk kredibel dan independen dalam melaksanakan tugas untuk menghasilkan pemilu berkualitas. Dalam artian pesta demokrasi ini nantinya diharapkan menghasilkan pemimpin yang berkualitas pula, sesuai harapan warga Kota Sukabumi,” imbuhnya.

Peran dan fungsi pengawas di dalam penyelenggaraan pemilu, kata Ending merupakan salah satu aspek terpenting untuk mengukur dan menentukan lancar serta suksesnya penyelenggaraan pemilu sebagai sebuah pesta demokrasi. “Panwascam sebagai pengawas Pemilukada yang siap mengawasi pelaksanaan mulai dari tahapan awal hingga selesai,” pungkasnya.(fkr)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=26569

Posted by on 11 Sep 2012. Filed under PEMILUKADA. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.