Kematian Bayi Disorot

SOSIALISASI: Ketua PKK Jawabarat Netty Heryawan mengunjungi P2TP2A di Jalan Bhayangkara Kelurahan Selabatu,kemarin. Foto:ikbal/radarsukabumi

SOSIALISASI: Ketua PKK Jawabarat Netty Heryawan mengunjungi P2TP2A di Jalan Bhayangkara Kelurahan Selabatu,kemarin. Foto:ikbal/radarsukabumi

CIKOLE– Untuk mengurangi tingkat pelayanan dan mempercepat proses penimbangan di Posyandu-posyandu, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jabar, Netty Prasetiyani Heryawan mensosialisasikan timbangan bayi, Dacin Permata Hati, kemarin. Dacin Permata Hati diluncurkan di Jawa Barat sebagai salah satu respons atas kasus kematian bayi tertimpa timbangan di Posyandu Kabupaten Sukabumi pada Juni 2012 lalu. ‘’Sebenarnya peristiwa itu bukan satu-satunya alasan kami membuat Dacin Permata Hati,’’ ujar Netty Heryawan, dalam monitoring dan evaluasi (monev) Posyandu dan Kesatuan Gerak PKK di Balai Kota Sukabumi, kemarin.

Dalam Monevnya Istri Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ahmad Heryawan ini menyerahkan secara simbolis piagam Dacin Permata Hati kepada salah seorang petugas Posyandu Kota Sukabumi. Hal ini ditujukan sebagai keseriusannya agar bisa memberikan kenyamanan terhadap pelayanan posyandu di daerah-daerah. Pemerintah provinsi Jabar sudah merancang timbangan Dacin yang baru dan mempercepat pensosialisasiannya, Karena timbangan Dacin yang lama dinilai rentan menimbulkan beberapa hal seperti timbangan menimpa kader posyandu maupun bayi yang ditimbang.

Selain itu, Pihaknya juga merasa kesulitan dalam penyebaran Dacin model baru tersebut, sebab keberadaan timbangan Dacin jenis lama sudah tersebar di semua wilayah Indonesia dan sampai kepelosok-pelosok. “Mudah-mudahan Pemerintah bisa mempercepat proses pembuatan timbangan model baru,” katanya.Lanjut Netty, Pembuatan Dacin Permata Hati sendiri murni berdasarkan ide dari tim penggerak PKK Jabar.

Timbangan tersebut merupakan gabungan dari tiga aspek yakni keamanan, kenyamanan, dan akurasi data. Proses pembuatannya juga dilakukan dengan pengujian terlebih dahulu bahan-bahan dan modelnya. “dari jumlah posyandu di Jabar mencapai sebanyak 50 ribu unit. diharapkan ke depannya semua posyandu dapat mempunyai Dacin Permata Hati,” tambahnya.Pendistribusian Dacin model baru ini hanya dilakukan sesuai kebutuhan dan dalam momen-momen tertentu saja.

Seperti Kota Banjar yang sudah memesan sebanyak 300 timbangan Dacin Permata Hati untuk posyandu di wilayahnya. Daerah lain seperti Tasikmalaya melakukan hal yang sama.Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Sukabumi, Hanafie Zain mengatakan, posyandu Kota Sukabumi akan segera dilengkapi dengan timbangan Dacin Permata Hati. Hal ini untuk memberikan pelayanan yang prima dan aman di setiap posyandu. ” Idealnya kami akan brelakukan secara menyeluruh,” ujarnya. (why)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=26560

Posted by on 11 Sep 2012. Filed under KOTA SUKABUMI. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.