PT Indolakto Diakuisisi, Buruh Demo

ORASI: Sedikitnya 150 karyawan pabrik susu Indomilk dan Indo Eskrim unjuk rasa di depan pabrik, kemarin.

CICURUG–Buruh PT Indolakto unjuk rasa kemarin. Pemicu aksi ini karena adanya akuisisi atau pembelian PT Indolakto oleh Indofood Group. Dampak  peralihan ini membuat kesejahteraan buruh pabrik penghasil susu merek Indomilk dan es krim merek Indo Eskrim ini berkurang.  “Kami menginginkan perjanjian kerja sama (PKB) yang sebelumnya ada akuisisi. Sebab saat ini yang kami rasakan PKB ini mengurangi kesejahteraan buruh,” kata Koordinator Aksi, Purnomo, kemarin.
Koordinator aksi dari buruh Indo Eskrim, Hartono menjelaskan  akusisi oleh Indofood Group  ini sudah berjalan dua tahun, tapi  tanpa ada kejelasan apapun malah memberatkan buruh.”Kami beberapa kali negiosisasi dengan perusahaan agar menerapkan PKB lama, tapi nihil hasilnya.” jelas Hartono.
Lebih jauh Hartono menjelaskan selama empat tahun PKB berjalan dengan kebijkan masing masing perusahaan. Kala itu buruh  merasa nyaman, tapi sesudah akuisisi segalanya berubah menjadi kurang berpihak pada buruh.
Buruh menggelar aksi di  sekretariat pimpinan unit kerja (PUK) rokok tembakau makanan minuman (RTMM)  serikat pekerja seluruh Indonesia (SPSI). Hingga aksi berakhir tak ada hasil yang didapat para buruh ini.  “Karena tidak ada tanggapan, kami akan melanjutkan aksi serupa lagi selama tiga hari, ” ancam Hartono.
Dampaknya aksi buruh ini membuat PT Indolakto lumpuh. Perusahaan yang terletak di Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug  ini terkendala dalam memproduksi eskrim Indo Eskrim dan susu Indomilk. (dri)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=2588

Posted by on 9 Feb 2012. Filed under KABUPATEN SUKABUMI, UTAMA. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

18 Comments for “PT Indolakto Diakuisisi, Buruh Demo”

  1. pertahankan PKB…lama… Hidup SPSI

    • idrus

      penjajahan modern memang sudah terjadi di PT. Indolakto..kita sebagai buruh, jangan takut…kita perjuangkan periuk nasi kita…hidup SPSI…Rapatkan barisan…insya Alloh kita sejahtera.

  2. Emang ini negara indofood.. kesejahteraan kok dikurangin… perusahaan makin maju… buruh dicekik….

  3. Indofood.. mau untungnya doang…tapi ..nasib karyawan nya diperas…sapinya diperas , buruhnya juga diperas

  4. Indoofod Maju..
    Karyawannya sengsara… alias blangsak…

  5. chokids

    RAPATKAN BARISAAAANN

  6. adi

    Indofood…
    Buat apa kalian ngumpulin duit banyak banyak… nggak dibawa mati…

  7. danu

    teruskan perjuanganmu sampai darah penghabisan. semua org smua buruh semua rakyat berdoa dan trus bakalan mndukungmu

  8. aen

    MAJU TERUS PANTANG MUNDUR…..

  9. Chi-Punk

    Katanya “Word Class” tapi kesejahteraannya “Ndeso Class”

  10. alfa

    buruh klaim pengusaha zalim, pengusaha dizalimi buruh karena pada mogok kerja, kalau di dunia ngga beres… tunggu aja pengadilan akhirat dari Sang Maha Adil.

  11. timothy

    heuh garoblog pengusaha na, tibang nanda tangan naon hese na seh?

  12. SULAI

    walaupun aksi damai sudah berakhir dan tidak ada keputusan apapun yang kita terima dari pihak management….kita tetap solid, dukung terus team perunding, sampai PKB kita ditandatangani….hidup SPSI….hidup karyawan INDOLAKTO….

  13. fakih

    Berjuanglah terus wahai saudaraku, karena masadepanmu jaditaruhannya, terkutuklah pimpinan yang serakah, menumpuk harta untuk keuntungannya sediri sedangkan anak buahnya serba kekurangan

  14. cah gemmel

    penjajahan perlahan,mematikan kesejahteraan demi keuntungan pemegang saham..
    tanggung menerima hasil pahit,selama blm dipenuhi teruskan perjuangan..
    yang karyawan aja merasa di bikin belangsak,ingat masih ada yang lebih parah kaum ”outsourching”…
    Dukung penghapusan ”outsourching”!!!

  15. ariel_asep

    Tempokeun we lah lamun can aya keneh kaputusan dina mediasi na oge ngulur2 wae……ceurik saumur2 tah managemant………!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!…….

  16. yustin

    Saya dukung kalian semua , jangan mau di akuisisi sama indofood karena pengalaman kami seperti di PT.Alam sumber Vita yang juga di akuisisi dengan Indofood dengan anak perusahaan nya yaitu Indomarco , pada akhirnya sangat mengenaskan kami hanya di gaji UMR dan hanya dapat uang makan sehari 11 Ribu itu saja bahkan kalau kelebihan jam kerja pun tidak di hitung lembur , Teman saya yang sudah bekerja di Indomarco ( Indofood ) 15 tahun saja gajinya cuma 2 juta bahkan ada yang kurang dari ITU . Indofood adalah perusahaan besar yang kesejahteraan karyawanya sangat minim. bahkan banyak yang mengudurkan diri karena kurangnya kesejahteraan . Ini bukan fitnah tapi kenyataan kami yang merasakan di akuisisi sama indofood .

  17. fals

    lu kira ne jagat milik indofood,
    R A P A T K A N
    B A R I S A N
    K A W A N. !

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.
-->