PT Indolakto Diakuisisi, Buruh Demo

ORASI: Sedikitnya 150 karyawan pabrik susu Indomilk dan Indo Eskrim unjuk rasa di depan pabrik, kemarin.

CICURUG–Buruh PT Indolakto unjuk rasa kemarin. Pemicu aksi ini karena adanya akuisisi atau pembelian PT Indolakto oleh Indofood Group. Dampak  peralihan ini membuat kesejahteraan buruh pabrik penghasil susu merek Indomilk dan es krim merek Indo Eskrim ini berkurang.  “Kami menginginkan perjanjian kerja sama (PKB) yang sebelumnya ada akuisisi. Sebab saat ini yang kami rasakan PKB ini mengurangi kesejahteraan buruh,” kata Koordinator Aksi, Purnomo, kemarin.
Koordinator aksi dari buruh Indo Eskrim, Hartono menjelaskan  akusisi oleh Indofood Group  ini sudah berjalan dua tahun, tapi  tanpa ada kejelasan apapun malah memberatkan buruh.”Kami beberapa kali negiosisasi dengan perusahaan agar menerapkan PKB lama, tapi nihil hasilnya.” jelas Hartono.
Lebih jauh Hartono menjelaskan selama empat tahun PKB berjalan dengan kebijkan masing masing perusahaan. Kala itu buruh  merasa nyaman, tapi sesudah akuisisi segalanya berubah menjadi kurang berpihak pada buruh.
Buruh menggelar aksi di  sekretariat pimpinan unit kerja (PUK) rokok tembakau makanan minuman (RTMM)  serikat pekerja seluruh Indonesia (SPSI). Hingga aksi berakhir tak ada hasil yang didapat para buruh ini.  “Karena tidak ada tanggapan, kami akan melanjutkan aksi serupa lagi selama tiga hari, ” ancam Hartono.
Dampaknya aksi buruh ini membuat PT Indolakto lumpuh. Perusahaan yang terletak di Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug  ini terkendala dalam memproduksi eskrim Indo Eskrim dan susu Indomilk. (dri)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=2588

Posted by on 9 Feb 2012. Filed under KABUPATEN SUKABUMI, UTAMA. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.