Mengintip Bisnis Jual Beli Besi Tua, Usaha Sepele Pengudang Rupiah (1)

MODAL TEKUN : Imran merapihkan besi rongsokan yang akan dijualnya kemarin. mardian radar

Jika Banjir Pesanan, Bisa Kerjakan Ratusan Karyawan

Imron (42) adalah salah satu pengusaha jual-beli besi tua sukses dengan omset jutaan rupiah perhari. Dari hasil usaha tersebut, ia mampu memberikan sebuah penghidupan plus kebanggaan bagi keluarganya. Kunci suksesnya adalah tekun dan pantang menyerah.

MARDIAN RUDINI-Sukabumi

DI TENGAH Terik panasnya Jakarta, Imron memulai usahanya sebagai seorang pedagang asongan. Selama, tiga tahun bergelut di jalanan, Imron mengumpulkan sedikit demi sedikit lembaran rupiahnya dengan harapan dapat memiliki sebuah usaha yang lebih mapan dan berhasil. Sembari mengumpulkan modal, imron juga menjalin hubungan dengan beberapa orang kerabat dan kenalan hingga akhirnya menemukan inspirasi untuk mendirikan sebuah usaha jual beli besi tua.

Awal usaha jual beli besi tua ia lakukan setelah berpindah dari jakarta ke Jalan Pangadegan I RT13 RW06 Desa Sundawenang Kecamatan Parungkuda. “Saya memulai usaha ini sekitar Agustus 2001. Dengan modal dasar sekitar dua juta dan tekad yang bulat, saya mendirikan usaha ini. Dan alhamdulillah berkat do’a dan dukungan keluarga, usaha ini dapat berjalan hingga sekarang,”tuturnya.

Sejak berdirinya usaha jual beli besi tua ini, Imron berubah menjadi seorang pengusaha besar dengan omset yang melimpah. Tidak hanya itu, dengan usaha ini pula ia mampu menjadikan kehidupannya menjadi lebih baik sebagai pengusaha besar yang tidak kalah saing dengan usaha-usaha lainnya. Dari hasil usaha jual beli besi tua yang dikembangkannya, Imron mampu menghasilkan omset sedikitnya sekitar 10juta perhari.”Meskipun hal itu tidak tentu, terkadang kalau lagi beruntung hasil yang didapat dalam satu hari bisa mencukupi kebutuhan sampai lima tahun. Akan tetapi kalau lagi sepi, mungkin hanya bisa mencukupi kebutuhan sehari saja.,” katanya.

Imron juga mengatakan, kunci suksesnya terletak pada ketekunan dan semangat pantang menyerah. Sebab, biasanya, usaha besi rongsok ini kerap dipandang nyinyir. Modal lainnya adalah membina hubungan baik dengan orang-orang sekitar, Sebab dengan itu kita bisa mengetahui rahasia orang-orang sukses yang memiliki sebuah usaha besar meskipun dilihat dari pendidikannya tidak begitu tinggi dan kebanyakan mereka mengatakan lantaran dari hasil membina hubungan baik. “Tidak sedikit orang-orang sukses tersebut bukan dari kalangan berpendidikan tinggi sebelumnya, tetapi dari kemauan, kerja keras dan membina hubungan baik dengan orang-orang lainnya. Dan suatu hal yang pasti yakni kehidupan sebenarnya akan dirasakan setelah kita mengalaminya langsung dan bukan dalam teori,”akunya.

Saat ini, jumlah karyawan tetap yang dimiliki Imron sekitar empat orang yang ditempatkan di ruko produksinya. Namun saat ada borongan dari kontraktor-kontraktor besar, jumlah karyawannya bisa mencapai seratus orang lebih. Tidak hanya itu, karyawan lainnya yang biasa datang padanya ialah para pengusaha kecil pencari barang-barang besi tua. “Tidak hanya dari para kontraktor, saya juga menerima jual beli besi dari para pencari keliling, bahkan tidak hanya besi, seng, baja dan alumunium pun diterima,” imbuhnya.

Joko, salah seorang pegawainya menuturkan, ia sudah berkerja pada Imron sejak pertama usaha jual beli besi tua ini didirikan Imron sekitar tahun 2001. Dan selama itu ia merasa memiliki keluarga sendiri walaupun hanya sebagai karyawan. “Disini kita diperlakukan tidak sebagai karyawan melainkan sebagai keluarga. tetapi tidak menutupi gaji sebagai karyawan dan kami merasa nyaman bekerja disini,” kata Joko.

Ia juga mengatakan, ia juga tahu bagaimana perjuangannya mendirikan usaha ini, bahkan sejak masioh menjadi seorang pedagang asongan di Jakarta. “Dan kami para karyawannya adalah rekan rantauan sewaktu menjadi pedagang asongan di Jakarta dulu, kitapun sudah menganggap ia sebagai kakak sendiri, begitu juga Imron yang menganggap kami sebagai keluarganya sendiri. Kita berharap usaha ini akan terus berjalan dan kita juga berdo’a semoga usaha ini bisa teruis berkembang,” pungkas Joko. (**)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=24554

Posted by on 30 Agu 2012. Filed under FEATURES, KABUPATEN SUKABUMI. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.