Pengelolaan Gapoktan Dievaluasi

BERLATIH TERNAK : Seorang bocah belajar memberi pakan ternak milik salah satu gapoktan di Desa Langensari, Parungkuda. mardian radar

PARUNGKUDA- Program gabungan kelompok tani (gapoktan) di Desa Langensari Kecamatan Parungkuda berangsur membaik. Hal itu terjadi karena adanya verifikasi dan perubahan sistem pengelolaan yang dikembangkan.

Sebelumnya, program yang berjalan sejak 2008 tersebut, belum menunjukan sebuah hasil yamng signifikan. Namun setelah banyaknya verifikasi dan perubahan sistem terutama pengelolaan kelompok-kelompok tani, gapoktan yang ada kini mulai bangkit. Revoluasi itu dimulai dari pendayagunaan masyarakat yang berantusias dalam pengembangan sektor tani, kebun dan ternak.

Dari lima kelompok tani yang ada yaitu Harapan Maju, Sinar Harapan, Harum Sari, Kubang tani, dan Harapan Mulya, beberapa diantaranya memberikan hasil baik, terutama dari sektor pengelolaan peternakan domba. Sedangkan dalam bidang lain masih dalam tahap pengembangan.

Bendahara gapoktan Desa Langensari, Irsyad menuturkan, sebagian daripada pengelolaan kelompok- kelompok tani ini sudah berkembang, terutama dalam sektor pengembangan peternakan domba yang sedang digalakkan di kelompok tani harapan maju dan sinar harapan. “Hal itu karena mereka sangat berantusias sekali dengan program ini,” ujarnya.

Selain itu dalam sektor pertanian dan perkebunan, hal itu masih dalam tahapan pengembangan. “Untuk perkebunan dan pertanian, pengembangan dilakukan di kelompok tani Harapan Mulya, karena selain strategis, lokasi dan pengelolaannya akan lebih terorganisasi,”tuturnya.

Pengelola kelompok tani Desa Langensari, Usep menambahkan, sebelumnya pengelolaan kelompok tani dalam hal berupa bantuan modal untuk pertanian dan ladang kurang berkembang, tidak sedikit dari para petani mengaku belum paham dengan sistem dan kerjasamanya. Sehingga, hal itu menyebabkan sebagian anggaran dana terhambat. “Kami belum tahu seperti apa bentuk kerja sama dalam pemberian bantuan modal ini,”akunya. (cr7)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=24123

Posted by on 28 Agu 2012. Filed under KABUPATEN SUKABUMI. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.