Indonesia-IAEA Kembangkan Teknologi Nuklir

JAKARTA – Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) menerima kunjungan Direktur Jenderal the International Atom Energy Agency (Dirjen IAEA) ke Indonesia, pada 5-7 Februari 2018. Ini merupakan kali ketiga kunjungan Dirjen IAEA ke Indonesia, sebelumnya pada tahun 2011 dan 2015.

Salah satu agenda penting dalam kunjungan Dirjen IAEA adalah penandatanganan Practical Arrangement antara Kemenristekdikti dengan IAEA oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir dengan Dirjen IAEA Yukiya Amano. Tujuan dari penandatanganan ini adalah untuk memperkuat komitmen kerjasama antara Indonesia dengan IAEA dalam pengembangan dan pemanfaatan teknologi nuklir untuk damai.

Bacaan Lainnya

Acara penandatanganan ini juga dihadiri oleh Duta Besar Indonesia Untuk Austria yang juga Ketua Board of Governor (BOG) Darmansjah Djumala, Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional Indonesia (BATAN) Djarot Sulistio Wisnubroto, Kepala Badan Pengawas Energi Nuklir Indonesia (BAPETEN) Jazi Eko Istiyanto, Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Intan Ahmad, Staf Ahli Bidang Relevansi dan Produkvitias Agus Puji Prasetyono, dan Staf Ahli Bidang Akademik Paulina Pannen serta Eselon II di lingkungan Kemenristekdikti.

Dalam acara penandatanganan Practical Arrangement, di Gedung D Kemenristekdikti Senayan, Menteri Nasir mengatakan bahwa penandatangan ini memang dipandang perlu untuk mendorong kerjasama teknis antara negara-negara berkembang dan penguatan South-South cooperation (kerjasama antar negara-negara di bagian selatan).

“Dengan adanya penandatanganan ini, Indonesia dapat lebih mendukung IAEA untuk berbagi dan memberikan kapasitas ke negara lain. Ini juga akan memiliki dampak yang berlipat, sesuai dengan mandat utama IAEA untuk mengupayakan dan memperluas kontribusi energi nuklir untuk perdamaian, kesehatan dan kesejahteraan di seluruh dunia,” tutur Nasir.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *