Hari Pertama, Penumpang Masih Sepi

FOTO: IKBAL/RADAR SUKABUMI
TAMBAH JADWAL: Kereta Rel Diesel (KRD) Bumi Geulis jurusan Sukabumi-Bogor menambah jadwal operasi menjadi dua kali pemberangkatan di Stasiun Sukabumi, Jalan Stasion, Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi, kemarin.

SUKABUMI–PT Kereta Api Bumi Geulis mulai beroperasi siang hari. Pemberlakuan jadwal baru untuk pertama kali ini, hanya mencatat 19 penumpang. Meski begitu, pemberlakuan penambahan jadwal tersebut, tetap akan berlangsung hingga 29 Agustus mendatang. Terkecuali pada 10, 14, 18, 21 dan 25 Agustus 2012 pemberangkatan untuk siang hari diliburkan. Hal itu karena pada waktu tersebut akan dilakukan perawatan berkala.

Beda halnya dengan pemberangkatan pagi hari. Penumpang masih tetap stabil pada kisaran 213 penumpang setiap harinya. Diperkirakan lonjakan baru terjadi pada H-7 sampai H+5 lebaran. ”Kita mengantisipasi peningkatan lonjakkan penumpang arus mudik mendatang,” ujar Kepala KA Bumi Geulis Sukabumi, Budi Mulyana saat meninjau pemberangkatan Bumi Geulis siang hari, kemarin.

Disinggung soal mogoknya Bumi Geulis pada Rabu (8/8) lalu, Budi menegaskan tak berpengaruh pada rencana yang sudah dilakukan sebelumnya. Meskipun memang terjadi pengurangan gerbong yang asalnya lima gerbong, kini hanya empat gerbong yang berfungsi. “Tapi ini tidak mengurangi pelayanan kami terhadap para penumpang,” lanjutnya.

Untuk kapasitas gerbong, Budi mengatakan setiap gerbongnya dapat menampung 150 penumpang. Dengan kapasitas penumpang itu, dia berharap bisa mempermudah warga Sukabumi atau Bogor untuk mudik lebaran.

Selain permintaan masyarakat, dirinya juga memonitor angkutan darat yang semakin padat dan terdapat beberapa titik kemacetan yang tak bisa dihindari.

Dia menambahkan, program pemberangkatan siang ini hanya untuk jelang lebaran saja. Belum ada kepastian program ini berkelanjutan untuk kedepannya. “Seadainya masyarakat mengharapkan program ini berkelanjutan mungkin kami akan mempertimbangkan,” jelas Budi seraya mengatakan untuk harga tiket Bumi Geulis tidak ada kenaikkan yakni tetap Rp8.000 untuk sekali jalan.

Sementera itu, salah satu penumpang, Dasep mengatakan sangat senang dengan penambahan jadwal pemberangkatan Bumi Geulis. ”Ini sangat membantu masyarakat bepergian tepat waktu. Terlebih Jalan Raya Sukabumi-Bogor sering macet di beberapa titik,” kata Dasep. Makanya dia berharap penambahan jadwal pemberangkatan Bumi Geulis dari Sukabumi dan Bogor ini untuk selamanya.(cr5/nur)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=21764

Posted by on 9 Agu 2012. Filed under UTAMA. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

2 Comments for “Hari Pertama, Penumpang Masih Sepi”

  1. Heri

    Mungkin karena anak sekolah belum libur, jadi belum banyak yang mudik untuk berlebaran, kalau anak sekolah sudah, orang yang bekerja sudah cuti, pasti akan banyak yang pulang. Atau bisa jadi juga karena banyak yang belum tahu, karena kurang disosialisasikan.

  2. Taufik

    andaikan saja gerbong kereta apinya di tambah menjadi 12 gerbong, hehehehe mungkin g yach….?

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.