Arti Kembali ke Rumah, Butuh 6 Kali Kemoterapi

BUTUH ULURAN TANGAN: Warga  Jl. Jend. Sudirman Gang Rawasalak RT01/02 Kelurahan Sriwedari Kecamatan Gunung Puyuh Kota Sukabumi Arti Noviarti  terbaring lemas di tempat tidur. 

Melihat Arti, Penderita Kanker Payudara (2)

Pagi itu suasana RSUD R.Syamsudin Kota Sukabumi masih ramai seperti biasanya. Namun kali ini mengalami sedikit perbedaan. Di salah satu sudut kiri Ruang Teratai Putih Bawah rumah sakit yang akrab disapa Bunut tersebut, kini sudah tidak dihuni lagi oleh pasien bernama Arti Noviarti. Pasien penderita kanker payudara itu, saat ini dikabarkan telah kembali ke kediamannya yang berlokasi di Jl. Jend. Sudirman Gang Rawasalak RT 01/02 Kelurahan Sriwedari Kecamatan Gunung Puyuh Kota Sukabumi. Bagaimana ceritanya?

Laporan: Arliva Ariandari Putri

Arti, seorang ibu rumah tangga berusia 31 tahun mulai menderita kanker payudara sejak tahun 2002 . Awalnya ia tidak menyangka bahwa kanker yang semula jinak itu, ternyata berubah menjadi ganas pada tahun 2010. Segala macam upaya pun dilakukan oleh Arti beserta keluarganya. Mulanya beberapa operasi dan perawatan ditanggung biaya sendiri. Sebab, saat itu pihak keluarga masih sanggup membayar biaya rumah sakit. Namun, seiring berjalannya waktu, biaya pun semakin menipis. Alhasil Arti dan keluarga mengalami kesulitan membayar biaya rumah sakit tersebut. Ditambah lagi , Arti dan keluarga tidak terdaftar ke dalam Jamkesda maupun Jamkesmas.

Sebelumnya, ketika disurvei keadaan rumah dan lainnya oleh pihak terkait, Arti dan keluarga dinyatakan tidak masuk dalam kategori yang dimaksudkan untuk Jamkesmas maupun Jamkesda sampai saat ini.

Meskipun demikian, pihak LPM Sriwedari mengusahakan Arti untuk mendapatkan bantuan dari Walikota Sukabumi Muslikh Abdussyukur. Hingga akhirnya turunlah surat disposisi dari Walikota Sukabumi kepada RSUD R.Syamsudin Kota Sukabumi. Tepat pada 21 juni 2012, Bidang Pelayanan dan Humas RSUD R.Syamsudin Kota Sukabumi mengunjungi rumah Arti dan berkoordinasi dengan LPM Sriwedari. Selanjutnya pada 30 juni 2012, Arti dijemput dari kediamannya dengan ambulance milik RSUD R.Syamsudin Kota Sukabumi. Kemudian, pada 2 Juli 2012, dirinya diperiksa ulang laboratorium dan Thorax Photo serta USG Hepar.

“Keseluruhan biaya tersebut, ditanggung semuanya oleh Pemkot Sukabumi melalui RSUD R Syamsudin,”ujar Kasubag Humas RSUD R Syamsudin Kota Sukabumi, Hani Tri Iswarti kepada Radar Sukabumi saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Pada 10 Juli 2012, Arti diantar dengan ambulance RS Bunut untuk diperiksa di RS Hasan Sadikin (RSHS) Bandung. Dari hasil pemeriksaan, Arti disarankan untuk menjalani kemoterapi sebanyak enam kali. Dimana biaya untuk sekali kemoterapi saja mencapai Rp 10 juta. Apabila kanker yang berada di tubuh Arti sudah mengecil lantaran kemoterapi tersebut, maka pihak RSHS Bandung berencana melakukan masektomi. Pada hari yang sama, setelah menjalani pemeriksaan di RSHS Bandung, Arti pun kembali menjalani perawatan di RSUD R.Syamsudin Kota Sukabumi.

Pada masa perawatan itu, bantuan dari RSUD R Syamsudin masih terus mengalir. “Dari pihak kami sudah membantu semaksimal mungkin, kami sudah melayangkan surat yang ditujukan kepada Bagian Kesra Setda Kota Sukabumi . Saat ini, kami sedang menunggu konfirmasi dari pihak terkait,”tambah Hani.

Tepat pada hari ke-8 keberadaanya di rumah sakit Bunut, kondisi Arti Noviarti sudah membaik dan diizinkan pulang. Namun, kanker yang dideritanya masih belum sembuh. Pihak RSUD R.Syamsudin Kota Sukabumi telah memberikan surat rujukan kepada Arti, untuk menjalani perawatan di RSHS Bandung. “Untuk menangani kanker yang diderita Ibu Arti, obat-obatan dan fasilitas yang ada di RSUD R Syamsudin terbatas. Selain itu masih ada juga pasien lain yang harus kami bantu. Jadi alangkah baiknya, apabila pihak lain juga turut membantu Ibu Arti ini agar secepatnya bisa sembuh seperti sediakala,” pungkasnya. (*)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=18729

Posted by on 20 Jul 2012. Filed under KOTA SUKABUMI. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.
Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect. -->