Pengembangan SDM Handal dan Religius

Oleh : Drs. HM. Helmi Sutikno, MM, MBA

(Direktur PDAM TBW Kota Sukabumi)

Kemajuan ilmu dan tehnologi yang dibarengi dengan percepatan arus informasi membawa tingkat persaingan hidup semakin ketat. Tatanan kehidupan masyarakat tentu semakin meningkat seiring dengan tuntutan hidup yang selalu bertambah. Meskipun begitu kehidupan harus senantiasa dinamis dan tentunya berkembang, sehingga menuntut masyarakat harus mampu berimprovisasi dalam rangka mempertahankan daya saingnya.

Jika tidak diantisipasi sedini mungkin, memungkinkan terjadinya kompetisi yang tidak sehat dan berujung pada terganggunya suasana yang sudah kondusif. Untuk menunjang percepatan pembangunan dan kesiapan untuk bersaing, pengembangan sumber daya manusia menjadi hal yang harus diperhatikan.

Persoalan sumber daya manusia menempati urutan pertama dalam usahanya untuk meningkatkan pembangunan, baik itu bangsa, daerah maupun wilayah. Dimana sumber daya manusia akan menentukan tingkat keberhasilan atau sebaliknya. SDM yang handal menjadi prasyarat suatu daerah untuk maju. Kesiapan mental masyarakat kota yang bersifat kosmopolitan perlu menciptakan potensi sumber daya manusia yang mencerminkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, memiliki keahlian kompetitif, mandiri, cerdas, kreatif, menguasai ilmu pengetahuan dan tehnologi, sehat jasmani dan rohani serta mampu melaksanakan partisipasi dalam pembangunan.

Untuk meningkatkan partisipasi dalam pembangunan, tentunya yang tidak boleh dikesampingkan adalah pendekatan SDM, beberapa pendekatan yang bisa dimasukkan dalam pendekatan multidimensional, yaitu pendekatan politik, pendekatan ekonomi, pendekatan sosio-kultural, pendekatan hukum, pendekatan administrasi dan pendekatan tehnologikal. Tentunya masing-masing pendekatan ini satu dengan yang lain sangat erat terkait dengan upaya-upaya pengembangan Sumber daya manusia dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Kota Sukabumi sebagai kota yang diharapkan menjadi kota yang ideal, maju dan modern membutuhkan peranan SDM untuk berpartisipasi aktif dalam mencapai tujuan akhir. SDM yang mampu bersaing dalam tataran dunia global dan mempunyai pandangan jauh kedepan serta mempunyai kemampuan dalam segala bidang. Pengembangan SDM harus diarahkan pada peningkatan kualitas yang tidak meninggalkan kekhasan Kota Sukabumi yang religius.

Kota Sukabumi yang menjadi perlintasan dua kota besar, Yaitu Jakarta sebagai Ibukota Negara dan Bandung Ibukota Provinsi Jawa Barat harus mampu memainkan peran untuk terus membangun diri menjadi kota yang modern, ideal dan maju. Prasyarat untuk mengarah sudah sangat jelas adanya, tinggal bagaimana kemampuan dan kemauan dari Pemerintah Daerahnya, terutama dalam proses pengembangan SDM yang mempunyai kualitas untuk berkompetisi.

Hendaknya sasaran kebijakan kedepan Pemerintah Kota Sukabumi lebih diarahkan kepada peningkatan kualitas SDM yang meliputi, Pertama, Pengembangan pendidikan formal dan informal dalam semua strata pendidikan melalui peningkatan sarana dan prasarana pendidikan. Kedua, Pengembangan kewirausahaan dan pelaku dan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM), ketiga peningkatan kesehatan masyarakat, keempat Pengembangan peran dan fungsi tempat ibadah sebagai tempat meningkatkan keimanan dan moral.

Kelima pengamanan, pemeliharaan dan peningkatan kualitas lingkungan hidup di perkotaan dan disiplin hidup di perkotaan, lanjut yang keenam peningkatan peran swasta dalam pembangunan dan pengembangan pendidikan dan ketujuh penguasaan teknologi informasi bagi masyarakat kota dalam mengantisipasi era globalisasi serta yang terakhir pengembangan tingkat partisipasi masyarakat dalam berbagai sektor pembangunan kota.

Kemampuan untuk berkompetisi dalam arus globalisasi tidaklah hanya cukup pengembangan SDM yang berorientasi emosional belaka, tetapi nilai-nilai spiritual sebagai suatu pemahaman akan harkat-martabat sebagai manusia yang mengenal akan hak dan kewajibannya. Nilai-nilai religious ini diharapkan menjadi landasan yang kuat bagi masyarakat untuk meningkatkan pembangunan.(*)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=18711

Posted by on 20 Jul 2012. Filed under MIMBAR PUBLIK. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Copyright Ā© 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.