Tjahjo Targetkan 2021 Jadikan Indonesia Miliki Birokrasi Kelas Dunia

Mendagri Tjahjo Kumolo menunggu laporan resmi Gubernur Jatim terkait ‘menghilangnya’ wabup Trenggalek Nur Arifin. (Jpnn/JawaPos.com)

JAKARTA, RADARSUKABUMI.COM – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo meyakini, semangat para aparatur sipil negara (ASN) dalam meningkatkan kinerja dalam pelayanan publik dan penyelenggaraan pemerintahan menuju birokrasi berkelas dunia pada 2021 tidak akan surut. Dia pun juga mengajak para ASN untuk tetap semangat dan fokus dalam peningkatan kinerja di tahun 2021 meskipun di tengah masa pandemi Covid-19.

“Tahun baru dengan semangat baru dalam pencapaian kinerja, meskipun di tengah pandemi Covid-19,” jelas dia dalam keterangannya, Minggu (3/1).

Sesuai visi Presiden RI dalam pembangunan SDM dan penyederhanaan birokrasi, kecepatan melayani dan pemberian izin bagi pelaku usaha adalah hal yang utama. Hal ini tentunya akan mendorong peningkatan ekonomi Indonesia yang menurun ditengah pandemi Covid ini.

Kata dia, pihaknya akan terus berusaha mewujudkan birokrasi yang dinamis dan berkelas dunia. Untuk itu, Tjahjo meminta seluruh pegawai pemerintah di pusat dan daerah agar menghilangkan pola pikir linier dan monoton. Serta keluar dari zona nyaman dengan membuat terobosan-terobosan baru yang inovatif.

Ia menuturkan, pada 2021 akan penuh tantangan sehingga ASN pemerintah harus adaptif menyikapi perubahan, termasuk penggunaan teknologi informasi dan komunikasi menuju transformasi digital pemerintahan. Oleh karenanya, adaptasi pada perkembangan digital harus terus ditingkatkan.

“Sistem pemerintahan berbasis elektronik dapat meningkatkan produktivitas ASN,” ungkapnya.

Reformasi birokrasi diharapkan menghasilkan pelayanan publik prima, sehingga di tahun 2021 mendatang, pelayanan akan jadi target utama setiap unit penyelenggara. Tentunya melalui langkah kolaboratif, inovatif dan sinergi antara instansi dalam mewujudkan visi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pelayanan optimal di masa pandemi Covid-19 tidak terlepas dari penerapan protokol kesehatan yang ketat dengan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan, baik bagi masyarakat maupun pemberi layanan.

“Para ASN dimanapun berada untuk tetap menjadi pelopor dan teladan disiplin dalam penerapan protokol kesehatan,” jelas dia.

Tjahjo juga mengajak masyarakat untuk selalu optimis dan menjadikan momentum tahun baru 2021 untuk bersama bangkit mengatasi Covid-19 dan memulihkan ekonomi. Pemberian vaksin Covid-19 pada waktunya tentu akan menjadi harapan baru bagi seluruh ASN dan masyarakat. (fan)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *