PDAM Siap Berikan Bantuan Air Bersih

Herman Suherman

CIANJUR—Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Tirta Mukti Kabupaten Cianjur siap membantu memenuhi kebutuhan air bersih kepada masyarakat yang mengalami kekeringan akibat kemarau. Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Utama PDAM Kabupaten Cianjur Herman Suherman. Dirinya mengakui, dampak kekeringan akibat kemarau memang kerap kali terjadi. Oleh karenanya, pihaknya telah mengantisipasi masalah tersebut sejak jauh hari.

“Beberapa wilayah memang sudah terpetakan selalu mengalami kekeringan. Hal ini dikarenakan lahan di wilayah tersebut yang tadah hujan. Kondisi tersebut memang hampir terjadi setiap tahunnya,” ujarnya.

Dikatakannya, sebagai langkah antisipasi pemenuhan kebutuhan air bersih, pihaknya telah menyiapkan sekitar tiga tangki air bersih. Masing-masing tangki berkapasitas 6000 liter.“Bantuan tersebut dipastikan tidak dipungut biaya. Kami hanya menerima laporan, kemudian ditindaklanjuti dengan pengiriman air bersih. Sehingga disini, kami perlu peran aktif warga, untuk mengetahui titik mana saja yang membutuhkan air bersih akibat kemarau,” ungkapnya.

Sementara itu, ketika dikonfirmasi soal tingginya biaya pemasangan instalasi air PDAM, seperti yang dikeluhkan warga, diakui Herman. Akan tetapi, mengenai tingginya biaya pemasangan instalasi air PDAM, hal tersebut telah menjadi ketetapan dan memiliki dasar hukum.“Sebetulnya yang membuat mahal itu, karena tidak semua kecamatan sudah dibangun instalasi. Bahkan, biaya yang kami tetapkan, hanya bisa melayani pelanggan yang jarak antar rumahnya sekitar 2-3 meter dari instalasi utama yang ada di kecamatan.

Jika melebihi, pemasangan pipa dikenakan kepada pelanggan.Sebelumnya, warga Kampung Paseban, Desa Hegarmanah, Kecamatan Sukaluyu, Cianjur, mengeluhkan kekerungan air bersih. Pasalnya, sejak sejumlah sumur milik warga mengering, warga terpaksa menggunakan air sungai yang kondisinya tidak layak.(zul)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=16209

Posted by on 28 Jun 2012. Filed under CIANJUR. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.
-->