KECAMATAN CISAAT, KABUPATEN SUKABUMI

Wilayah Perniagaan dan Industri Rumah Tangga, Kecil, Menengah

PROFIL:Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi.foto:doc/radarsukabumi

Kecamatan Cisaat bagian dari kecamatan pusat di Kabupaten Sukabumi. Kecamatan ini merupakan sentral perniagaan, industri rumah tangga, kecil dan menengah juga berkembang. Kecamatan ini punya 13 desa.

Laporan Didiet Rahma Aditya

Camat Cisaat, Drs Aep Syaepulloh, M.Si yang didampingi Sekmat, Agus Moch Nurdin juga Kasie Bangdes, Utang S menyebutkan ke-13 desa tersebut, antara lain, Desa Cisaat, Nagrak, Sukamantri, Sukamanah, Nagrak, Babakan, Sukasari, Gunungjaya, Cibolangkaler, Selajambe, Kutasirna, dan Cibatu, Padaasih. Pada 2011, kecamatan yang tersohor karena pusat industri makanan dan jajanan ini memiliki penduduk 112.519 jiwa dengan kepala jumlah kepala keluarga 36.408 jiwa. Saat ditanya apa potensi yang paling kental di Kecamatan Cisaat.”Berdasarkan peruntukan dan potensi wilayah, Cisaat termasuk kecamatan yang bergeliat pusat perniagaan barang dan jasa. Semua sektor mulai rumah tangga sampai industri besar di sini menjamur,”katanya kepada Radar Sukabumi, kemarin. Desa-desa seperti Cibatu, Cibolangkaler, Nagrak, dan Sukamanah merupakan desa yang sarat akan usaha kemasyarakatan tersebut. “Untuk jajanan ringan di kami tersedia kue basah, kerin. Di antara jenisnya ada kue saptu, keripik,manisan, bibika ambon, bolu, kue cincin, atau ali, dan lain sebagainya,”sebutnya.

Aep mengatakan produk usaha masyarakat ini juga sudah terkenal. Penjualannya bahkan, sudah sampai ke luar Sukabumi, seperti Bogor dan Cianjur. Khusus industri jasanya di sini juga bergeliat. Di antaranya, perbengkelan, baber shop dan lain sebagainya.

Sedangkan perniagaannya juga ada dealer atau showroom motor dan mobil, meubeler atau furnitur, juga kios-kios yang menjual barang serba serbi kebutuhan masyarakat.

Di samping industri jajanan dan makanan ringan, di sini juga tempatnya industri logam. Desa seperti Cibatu adalah tempatnya si pande besi. “Berbagai kebutuhan pertanian dan alat keamanan, seperti cangkul, arit, celurit, golok, sangkur, samurai tersedia di sejumlah toko logam di daerah kami,”tandasnya.

Selain itu, Kecamatan Cisaat termasuk potensi pengembangan perikanan. “Mulai ikan hias seperti koi dan maskoki, ikan nila, mas, gurame, mujair dijual di Pasar Ikan Cisaat tepatnya di Desa Selajambe,”sebutnya. Aparatur kecamatan berharap potensi yang hidup di masyarakat ini bisa terus berkembang hingga Indeks Pembangunan Manusia (IPM) khususnya di Kecamatan Cisaat juga meningkat.”Alhamdulillah kecamatan kami untuk IPM sudah masuk lima besar. Ini harus dipertahankan khususnya di sektor daya beli,”pungkasnya seraya berharap. (*)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=16054

Posted by on 27 Jun 2012. Filed under KABUPATEN SUKABUMI. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.