Pejabat PPSDM Belajar ke Kabupaten Sukabumi

Pjs Bupati Sukabumi R Gani Muhamad, saat memberikan sambutannya di hadapan puluhan peserta studi lapangan kinerja di Hotel Anugrah, Kota Sukabumi, Selasa (6/10).

SUKABUMI — Puluhan peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) angkatan III dan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) angkatan III dan IV dari Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kemendagri Regional Bandung, menggelar studi lapangan kinerja ke Kabupaten Sukabumi.

Kegiatan yang dimulai sejak Senin 5 Oktober sampai Jumat 9 Oktober 2020 ini, pesertanya berjumlah 97 orang dan diterima langsung Pjs Bupati Sukabumi R Gani Muhamad di Hotel Anugrah, Kota Sukabumi, Selasa (6/10).

Bacaan Lainnya

“Kegiatan ini merupakan bentuk studi lapangan kinerja organisasi dan pelayanan publik di beberapa perangkat daerah di lingkup pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi,” kata R. Gani Muhammad dalam sambutannya.

Ke 97 peserta tersebut, terdiri dari 32 orang peserta PKA angkatan III, 30 PKP angkatan III dan 35 PKP angkatan IV. “Kami telah menghadirkan para narasumber dari dinas kesehatan, DPMPTSP, dan Kecamatan Kebonpedes. Lewat narasumber ini, para peserta bisa mendapatkan data dan informasi yang diperlukan,” ujarnya.

Selain itu, menurutnya pelatihan ini bisa memberikan pembaruan mindset dam culture set yang dapat menopang reformasi birokrasi. “Sejatinya seorang pemimpin, khususnya di bidang pemerintahan harus memiliki kapasitas dalam membawa perubahan bagi birokrasi Indonesia,” tambahnya.

Pihaknya berharap kepada seluruh peserta pelatihan bisa meningkatkan wajah pelayanan publik di Indonesia. Sehingga lebih inovatif, terlebih di tengah pandemi Covid-19.

“Saya meyakini salah satu kunci sukses kepemimpinan ialah terus berinovasi. Pemimpin harus kreatif dalam melahirkan ide baru. Tentu saja untuk menembus segala keterbatasan daerah. Jangan lupa tetap menerapkan protokol kesehatan selama menjalankan kegiatan,” timpalnya.

Sementara itu, Kepala PPSDM Kemendagri Regional Bandung, Yudia Ramli mengatakan, Kabupaten Sukabumi memiliki keunggulan strategis inovasi dan manajemen kinerja dalam pelayanan publik. Sehingga terpilih sebagai lokus studi lapangan.

“Lewat keunggulan ini, bisa menjadi inspirasi bagi peserta yang bisa diadopsi. Sehingga bisa diimplementasikan di daerah asalnya,” bebernya.

Para peserta studi lapangan ini merupakan pejabat administrator dan pengawas di satuan kerja pemda. Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia. “Terima kasih pak Pjs. Bupati Sukabumi yang telah menerima langsung kehadiran kami,” pungkasnya. (den/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *