Kodim 0607 Sukabumi Galakan Penyemprotan Bios 44

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Dalam mewujudkan program Siliwangi Cinta Tanah dan Air, Jajaran Kodim 0607/Sukabumi bekerjasama dengan Kelompok Wanita Tani (KWT) Selakaso Kecamatan Cibereum melakukan penyiraman tanah tandus menggunakan Bios 44 di lahan pesawahan seluas 1,2 hektare. Penyiraman tersebut dilakukan disela-sela upacara peringatan HUT RI ke 75, Senin (17/8).

Diketahui, Bios 44 ini merupakan program unggulan pertanian yang diusung Kodam III Siliwangi dalam membantu petani untuk meningkatkan produktifitas pertaniannya.

Bacaan Lainnya

Komandan Kodim 0607/Sukabumi, Letkol Inf Danang Prasetyo Wibowo mengatakan, Bios 44 pertama kali diciptakan oleh Kepala Staf Kodam (Kasdam) III/Siliwangi, Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo beberapa tahun lalu. Adapun penyiram Bios 44 ini sebagai bentuk kontribusi TNI untuk negeri dan cairan berisi mikroorganisme itu dapat menyuburkan lahan tandus menjadi tanah subur.

“Tidak hanya itu, kita juga akan gunakan Bios 44 ini pada kolam pembibitan ikan nila,” terang beliau.

Untuk saat ini sambung, Danang, Bios 44 tersebut akan disiramkan pada lahan tanah tidur milik warga seluas 1,2 hektare. Diharapkan, dengan penyemprotan ini, lahan yang sudah dilakukan penyiraman bisa lebih subur dan mempercepat hasil panen. “Ini sudah dilakukan pada penanaman demplot tempo hari di Kodim. Mudah-mudahan hasilnya memuaskan,” harapnya.

Danang mengaku, lahan yang sudah disiram ini akan tanam jagung dan umbi-umbian untuk menopang ketahanan pangan di Kota Sukabumi. “Kita diamkana dulu selama 14 hari, setelah itu baru ditanam,” tambahnya.

Sementara itu, hadir dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni, Ketua PKK Kota Sukabumi Fitri Hayati Fahmi, Ketua Persit Ketua Persit KCK Cab. XVII Kosim 0607/Kota Sukabumi Rinita Danang Prasetyo Wibowo, Jajaran pejabat Kodim 0607/Sukabumi serta para pengurus KTW Selakaso Kecamatan Cibereum.

Dalam kesempatannya, Wali Kota Sukabumi Achamad Fahmi mengapresiasi program yang digulirkan tersebut. Ia berharap, lahan-lahan yang ada di Kota Sukabumi lebih produktif dengan adanya penyemprotan Bios 44 ini.

“Semoga program Siliwangi cinta tanah dan air ini bisa membantu para petani, khususnya KWT Selakaso yang fokus penanaman shorgum, sehingga dapat membantu untuk ketahanan pangan juga,” pungkasnya. (why/rs)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *