Linmas Selabatu Terus Dibina

GUNUNGPUYUH – Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kota Sukabumi, Pemkot Sukabumi melakukan pembinaan kepada anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) agar bisa menjaga keamanan di lingkungan masing-masing wilayah. Kali ini, 50 anggota Linmas se-Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi mengikuti pembinaan di Aula Pertemuan Kelurahan Selabatu,beberapa waktu lalu.

Pembinaan anggota linmas tersebut, dibuka Walikota Sukabumi, Muslikh Abdussyukur dihadiri Kepala Kesbang Linmas Kota Sukabumi, Bude Daryana, Polsek serta Danramil Cikole. “Kehadiran Linmas harus bisa berperan dalam menjaga keutuhan NKRI. Kota Sukabumi ke depan harus lebih aman, cerdas dan sejahtera,” kata Walikota Sukabumi, Muslikh Abdusyukur.

Dijelaskannya, sistem pemerintahan yang berlaku saat ini berlandaskan ideologi Pancasila dan konstitusional kita UUD 1945. Di mana pertahanan sipil dilihat dari sisi perspektif UUD 1945, salah satunya kewajiban bela negara di mana posisi linmas merupakan suplemen tambahan keamanan di tingkat wilayah lingkungan masyarakat. “Ke depannya perlu ada pembentukan satgas Linmas di setiap kecamatan yang bertujuan untuk mengantisipasi berbagai kejadian yang ada di lingkungan masyarakat. Seperti bencana alam dan gangguan kamtibmas lainnya,” terangnya.

Tidak hanya itu, Muslikh juga menghimbau kepada seluruh anggota linmas untuk tetap menjaga kedisiplinan dan kekompakan dalam melaksanakan tugas. Bagi masyarakat yang membutuhkan tenaga linmas dalam hal pengaman, minimal bisa memberikan perhatian yang baik.

Sementara itu Kepala Kesbang Linmas Kota Sukabumi, Bude Daryana mengatakan anggota linmas harus menjaga kedisiplinan dan fungsi dalam menjalankan tugasnya. Selain itu anggota linmas juga harus terampil. Sampai saat ini jumlah anggota linmas se-Kota Sukabumi mencapai angka 1.819 orang yang tersebar di 7 Kecamatan dan 33 kelurahan. “Kami sudah mengusulkan kelengkapan pakaian seragam khususnya untuk pengamanan selama Pemilukada mendatang,” ujarnya.

Sistem yang ada di kesbang linmas sendiri, diberdayakan dengan optimal agar tercipta suasana aman dan tentram seperti yang diharapkan. Sementara itu, terkait kesejahteraan anggota linmas setiap bulannya, sampai saat ini belum mengarah ke sana. Namun setiap menjelang Idul Fitri, Bude mengatakan selalu memberikan intensif kepada anggota linmas. “Kegiatan ini dilaksanakan di 7 Kecamatan dengan jumlah peserta 50 orang per kecamatan,” pungkasya.(nur)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=15364

Posted by on 22 Jun 2012. Filed under KOTA SUKABUMI. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.