Baznas Kabupaten Sukabumi Godok Peserta Zmart

Baznas Kabupaten Sukabumi saat melakukan latihan dasar kelompok program Zmart.

RADARSUKABUMI.com — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sukabumi, mulai melakukan Latihan Dasar Kelompok (LDK) terhadap sebanyak 50 penerima manfaat program Zakat Mart (Zmart). Hal ini, dilakukan agar implementasi Zmart dapat berjalan sesuai rencana.

Pada 2020, instansi yang dinahkodai, U Ruyani ini menargetkan sebanyak 50 penerima manfaat yang tersebut di lima kecamatan yakni, Kecamatan Kebonpedes, Sukaraja, Sukalarang, Sukabumi, Cisaat, Kadudampit, Cicantayan dan Kecamatan Gunungguruh.

Bacaan Lainnya

Adapun anggaran yang bakal dikucurkan mencapai sebesar Rp1 miliar yang bersumber dari Baznas Pusat, Baznas Provinsi Jabar dan Baznas Kabupaten Sukabumi.

Kepala Bidang Administrasi Umum Baznas Kabupaten Sukabumi, M Kamaludin mengatakan, LDK ini berlangsung selama dua hari mulai Selasa sampai Rabu (1/7).

“Alhamdulillah semua peserta dapat semuanya hadir mengikuti LDK ini. Pada minggu depan, kami sudah mulai akan melakukan branding seperti pemasangan spanduk, rehab warung dan lain sebagainya,” kata Kamal kepada Radar Sukabumi, Rabu (1/7).

Menurutnya, program Zmart ini untuk meningkatkan kapasitas warung sehingga dapat tumbuh dan berkembang di tengah pasar ritel modern serta mengatasi kemiskinan khususnya di wilayah perkotaan.

“Karena itu, penerima manfaat harus mengetahui secara detail terkait program ini sehingga kami akan melakukan pendampingan selama satu tahun kepada para penerima manfaat ini agar hasilnya maksimal,” ucapnya.

Dalam LDK ini, sambung Kamal, penerima manfaat dididik untuk bisa mandiri dan dapat mengembangkan usaha ritelnya dengan baik.

“Setelah berjalan dengan baik, nantinya kami akan mendorong penerima manfaat ini untuk melakukan infaqnya melalui Baznas dan ketika sudah semakin berkembang maka akan didorong untuk berzakat,” paparnya.

Dengan diluncurkannya program tersebut, dapat mengangkat pelaku usaha ritel kecil yang berada di setiap daerah.

Bahkan, untuk memudahkan para pelanggan nantinya Baznas akan menyiapkan aplikasi sehingga masyarakat bisa berbelanja secara online.

“Misalnya ada masyarakat yang mau berbelanja di daerah Cisaat maka melalui aplikasi ini akan menunjukan Zmart terdekat. Mudah-mudahan dengan adanya pendampingan program Zmart ini dapat berjalan sesuai harapan,” pungkasnya. (bam/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *