Kwarcab Usulkan Ranperda Pramuka

Perda Pembinaan Pramuka Lebih Spesifik

RAKOR : Tampak Ketua Kwarcab Cianjur Budhi Rahayu Toyib (tengah) didampingi para wakil ketua saat rapat Koordinasi Kwarcab-Kwarran se Cianjur, Sabtu lalu (16/6).

CIANJUR–Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Cianjur bakal mengusulkan draf Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Sistem Pembinaan Kepramukaan di Kabupaten Cianjur dalam waktu dekat.Keseriusan Kwarcab dalam keberlanjutan pembinaan kepramukaan sejak dini pada siswa itu perlu dilakukan. Maka, Kabupaten Cianjur sebagai salah satu kabupaten pramuka harus membentuk payung hukum di daerah berupa perda.
“Kita akan upayakan adanya perda ini, sebagai payung hukum dalam pembinaan generasi muda dalam wadah Gerakan Pramuka,” kata Ketua Kwarcab Cianjur Budhi Rahayu Toyib disela-sela acara Rapat Koordinasi Kwarcab-Kwarran se Cianjur, Sabtu lalu.

Budhi menyebutkan, Perda Pembinaan Pramuka tentu harus lebih spesifik. Sebab, peraturan itu tak boleh melebihi peraturan perundangan yang ada di atasnya. “Isi perda jangan bertentangan dengan peraturan yang sudah ada, perda hanya mengatur pembinaan sekup wilayah Kabupaten Cianjur saja,” ungkapnya.

Menurutnya, saat ini sudah ada Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, dan itu menandakan keberadaan pramuka secara nasional sudah sangat kuat. “Maka tidak salah kalau ada peraturan yang mengatur pula di tingkat daerah yang disesuaikan dengan kondisi budaya, sosial dan bidang lainnya yang ada di Kabupaten Cianjur,” terangnya.Sementara pada Rapat Koordinasi Kwarcab dengan Kwarran Cianjur Budhi juga menyampaikan, tentang revitalisasi Gerakan Pramuka harus terus dilakukan. Revitalisasi berupa payung hukum, UU Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, AD/ART dan hasil Munaslub tahun 2012.Selain itu, kelembagaan revitalisasi gudep (regu-sangga), saka, pusdiklat, dewan kerja, kwartir, mabi.

Keanggotaan melalui pendataan potensi, dan mencari alternatif keanggotaan. Tenaga pendidik, pembina, pelatih, pamong, instruktur. Penganggaran kegiatan juga mengenai kejelasan pada APBN/APBD.Secara nasional telah ada penambahan komponen baru, seperti satuan komunitas (sako), gugus dharma, prasiaga, saka baru seperti wirakartika, saka persiapan, pariwisata, telematika, dan wirausaha.Pada waktu yang sama dilakukan pula pelantikan pengurus Dewan Kehormatan Kwarcab masa bakti 2011-2016 yang dipimpin Dodi Prihadi.

Pelantikan satuan kegiatan protokol sebagai Ketua Resti Affiani, reshaufle Dewan Kerja Cabang (DKC), Badan Usaha Kwarcab sebagai Ketua Faisal Ginting. Juga pelantikan Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Lemdik) Kwarcab Kepala Agus Solihin.(nag)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=14777

Posted by on 18 Jun 2012. Filed under CIANJUR. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.