Terbangun 14 LPSE Kabupaten/Kota

Ahmad Heryawan

Ahmad Heryawan

SUKABUMI–Kepala Balai Layanan Pengadaan Barang/Jasa Secara Elektronik (LPSE) Provinsi Jawa Barat Ika Mardiah menyatakan hingga saat ini sudah ada 14 kabupaten dan kota yang telah memiliki unit LPSE dan mengelola sistem secara mandiri atau System Provider. Sisanya masih menggunakan LPSE Provinsi Jawa Barat, karena LPSE-nya belum operasional, atau secara bertahap menggunakan LPSE-nya.

Dalam waktu dekat Kota Cirebon segera memiliki LPSE System Provider, sehingga di bulan Juli 2012, di Jawa Barat akan terdapat 15 LPSE. Menurutnya pembentukan LPSE dan penggunaan aplikasi Sistem Pengadaan Barang/Jasa Secara Elektronik (SPSE) tidak terlepas dari dorongan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan agar seluruh Kabupaten/Kota segera membentuk LPSE.”Gubernur meminta kami terus mendorong seluruh Kabupaten/Kota membangun LPSE mandiri.

Meski demikian bagi Kabupaten/Kota yang belum membangun sistemnya sendiri, dapat menggunakan LPSE Provinsi Jawa Barat. Untuk keperluan tersebut, LPSE Provinsi secara berkala melakukan sosialisasi dan pendampingan membangun LPSE di Kabupaten/Kota,” ujar Ika di sela-sela acara Rapat Koordinasi (Rakor) Pimpinan dan Pengelola LPSE Kabupaten/Kota se Jawa Barat di Galeri Ciumbuleuit, Kota Bandung.

Rakor dimulai Senin (11/6) dan berlanjut dengan kegiatan peningkatan kapasitas Administrator SPSE mulai 12 hingga 13 Juni 2012. Rakor sendiri dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Lex Laksamana.Lebih lanjut Ika menjelaskan pada kesempatan Rakor tersebut LPSE Provinsi Jawa Barat menyerahkan Plakat Penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat kepada LPSE Juara pertama paket terbanyak yaitu Kabupaten Tasikmalaya Juara kedua paket terbanyak: Kota Depok. Kepada dan Juara ketiga paket terbanyak: Kota Bekasi.

Kategori penghargaan masih didasarkan kepada jumlah paket terbanyak, dengan tujuan untuk memacu daerah melaksanakan tender menggunakan SPSE.

“Diharapkan dengan Rakor yang dilanjutkan dengan kegiatan peningkatan kapasitas admin SPSE dapat semakin meningkatkan layanan LPSE kepada pengguna, sekaligus mendorong pembentukan LPSE mandiri di beberapa Kabupaten/Kota,” tuturnya.

Adapun 14 Kabupaten/Kota yang sudah membentuk LPSE System Provider yaitu Kota Depok, Kota Bogor, Kota Cimahi Kota Tasikmalaya, Kabupaten Majalengka, Kuningan, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Banjar, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sumedang, dan Kabupaten Bandung. Selanjutnya 7 Kabupaten/Kota dengan LPSE Service Provider yaitu Kabupaten Karawang, Indramayu, Garut, Sukabumi, Subang, Bandung Barat dan Kota Sukabumi.

Terdapat 3 Kabupaten/Kota sebagai agency yaitu Purwakarta, Ciamis dan Kota Cirebon. Terakhir 2 daerah yang masih menggunakan aplikasi e-Procurement Kota Surabaya, yaitu Kota Bandung dan Kabupaten Bogor. (***/sar)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=14699

Posted by on 16 Jun 2012. Filed under PEMPROP JABAR. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.
-->