Virus COVID 19 Menyadarkan Manusia Untuk Bertaubat

Oleh: DR. Beni Kurniawan

Visi manusia disebutkan dalam Al-Qur’an pada surat Al-Baqarah ayat 201, yang artinya : Dan di antara mereka ada yang berdo’a: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan (kebahagian) di dunia dan kebahagian di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka”.

Bacaan Lainnya

Visi hidup muslim berdasarkan ayat di atas adalah tidak terbatas di dunia, tapi hingga akhirat, sebab Islam mengajarkan, bahwa ada kehidupan setelah dunia ini berakhir, yaitu kehidupan di akhirat yang sifatnya abadi.

Visi seorang Muslim jangka panjang adalah ingin menggapai bahagia dunia dan akhirat, tetapi visi yang demikian itu, tidak mungkin dapat tercapai tanpa direalisasikan melalui misi yang jelas dan terarah.

Paling tidak ada 6 misi utama sebagai manusia, yaitu:

1. Beribadah Kepada Allah Secara Secara Ikhlas dan benar Firman Allah dalam surat adz-dzariyat ayat 56, yang artinya :

“Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku”. Ibadah (al-‘ibadah) secara bahasa mempunyai arti ketaatan, pengabdian, kepatuhan atau tunduk dan penghambaan diri kepada Allah. Ibadah menurut Yusuf Qardhowi adalah puncak perendahan diri seseorang manusia yang berkaitan dengan puncak kecintaan kepada Allah.

2. Bekerja Dengan Semangat Untuk Mencari Ridha Allah SWT.

Berkaitan dengan kerja dalam Alqur’an surah An-Naba’ ayat 11 Allah berfirman yang artinya : “Kami jadikan waktu siang untuk mencari penghidupan”. Selain itu dalam surat al-Jumu’ah ayat 10, yang artinya :

“Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah sebanyak-banyaknya supaya kamu berntung”.

3. Membangun Keluarga Yang Harmonis sesuai dengan Ajaran Agama

Dasar perencanaan ini adanya perintah Allah dalam surat At-tahrim ayat 6, yang artinya :

“Hai orang-orang beriman peliharalah dirimu dan keluargamu dari api nereka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar lagi keras, yang tidak merdurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan”.

4.Membangun Masyarakat Bermoral, beretika menuju masyarakat Madani

Dalam kaitan ini ahli hikmah berkata : “Kambing jika berkelompok, harimaupun akan takut, tapi jika menyendiri, akan menjadi santapan harimau”. Kemudian ahli sosiologi juga menyebutkan, manusia merupakan makhluk bermasyarakat (zoon politicon). Artinya keinginan untuk bermasyarakat sudah merupakan pembawaan atau naluriyah manusia. Apalagi dilihat dari sisi ketergantungan, memang manusia tidak bisa melepaskan diri dari orang lain.

5. Memelihara Kesehatan sehiingga bebas dari berbagai macam penyakit, termasuk Covid 19.
Kesehatan adalah amat penting dalam pelaksanaan misi di atas, kesehatan yang prima akan dapat diwujudkan melalui tidur yang cukup, istirahat, olah raga dan berobat secara rutin. Berkaitan dengan istirahat dan tidur, dalam surah An-Naba’ ayat 9-11 Allah berfirman yang artinya:

“Dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat. Dan Kami jadikan waktu malam sebagai pakaian dan kami jadikan siang untuk bekerja”.
وَالَّذِينَ آمَنُوا وَاتَّبَعَتْهُمْ ذُ ريَّتُهُمْ بِإِيمَانٍ أَلْحَقْنَا بِهِمْ ذُ ريَّتَهُ مْ وَمَا أَلَتْنَاهُمْ مِنْ عَمَلِهِمْ مِنْ شَيْءٍ كُلُّ امْرِئٍ
بِمَا كَسَبَ رَهِي ن

“Dan orang-orang yang beriman, dan anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan, kami hubungkan anak cucu mereka dengan mereka, dan kami tiada mengurangi sedikitpun dari pahala amal mereka.
Tiap-tiap manusia terikat dengan apa yang dikerjakannya.” (QS.Ath-Thur:21)

6. Beraubat dengan sebenar-benarnya
Hal ini dilakukan dengan pengharapan kita diberi ampunan oleh Allah SWT atas dosa maupun kesalahan yang telah kita perbuat. Berikut ayat tentang taubat:

قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَىٰ أَنْفُسِهِمْ لََ تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللََِّّ إِنَّ اللَََّّ يَغْفِرُ الذ نُوبَ جَمِيعًا إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ
“Katakanlah: ‘Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang’.” (Az-Zumar:53),

Demikian pula negara, mempunyai Vis dan Misi yang jelas, Visi Presiden dan Wakil Presiden RI adalah “Terwujudnya Indonesia Maju dan Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian Berdasarkan Gotong Royong.” Sedangkan Misi Presiden dan Wakil Presiden RI:

1. Peningkatan Kualitas Manusia Indonesia.

2. Struktur Ekonomi yang Produktif, Merata dan Berdaya Saing.

3. Pembangunan yang Merata dan Berkeadilan.

4. Mencapai Lingkungan Hidup yang Berkelanjutan.

5. Kemajuan Budaya yang Mencerminkan Kepribadian Bangsa.

6. Penegakkan Sistem Hukum yang Bebas Korupsi, Bermartabat dan Terpercaya.

7. Perlindungan terhadap SEgenap Bangsa dan Memberikan Rasa Aman pada Seluruh Warga.

8. Pengelolaan Pemerintah yang Bersih, Efektif, dan Terpercaya.

9. Sinergi Pemerintah Daerah dalam Kerangka Negara Kesatuan.

Visi dan Misi Presiden dan Wakil Presiden, harus ditopang oleh potensi kekayaan daeranya melalui Propinsi diseluruh Indonesia yaitu:

1. Aceh:

Jika menengok Aceh ke belakang, 7 Desember menjadi hari penting bagi provinsi yang terletak di ujung pulau Sumatra tersebut.

Ya, momen kala Aceh disebut sebagai Daerah Istimewa. Inilah alasan mengapa provinsi paling barat di Indonesia itu sempat disebut sebagai Daerah Istimewa. Selain kental dengan agamanya, Aceh juga sangat kaya akan budaya.

Aceh memiliki tradisi unik, mulai dari pernikahan hingga kematian, serta perayaan-perayaan keagamaan lainnya. Tak terkecuali seni budaya yang sampai dikenal di mancanegara, seperti Tari Saman yang ditetapkan UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia tak benda. Pengakuan internasional ini tentu membuktikan jika adat istiadat serta seni budaya Aceh bernilai tinggi.

Semoga masyarakat Aceh terhindar dari Virus COVID 19, ekonomi meningkat, masyarakatnya selalu takut hanya kepada Allah SWT, bertaubat dengan sebenar-benarnya, sehingga menjadi propinsi yang berkah, sejahtera, makmur, aman, damai yang diridoi oleh Allah SWT.

2. Sumatra Utara:

Sumatera Utara (Sumut) memiliki aset yang luar biasa. Bahkan berbagai sumber daya dan kekayaan alam yang dimiliki Sumut bernilai berskala dunia. Dengan segala sumber daya itu, Sumut berpotensi menjadi menjadi pemain ekonomi dunia. Sumut juga sangat kaya dengan sumberdaya air.

Semoga masyarakat Sumatra Utara terhindar dari Virus COVID 19, ekonomi meningkat, masyarakatnya selalu takut hanya kepada Allah SWT, bertaubat dengan sebenar-benarnya, sehingga menjadi propinsi yang berkah, sejahtera, makmur, aman, damai yang diridoi oleh Allah SWT.

3. Sumatra Barat:

SEKTOR USAHA PERTAMBANGAN Sumatera Barat memiliki potensi bahan tambang golongan A, B dan C. Bahan tambang golongan A, yaitu batu bara terdapat di Kabupaten Sijunjung dan Kota Sawahlunto.

Sedangkan Bahan tambang golongan B yang terdiri dari air raksa, belerang, pasir besi, tembaga, timah hitam dan perak menyebar di wilayah kabupaten Sijunjung, Solok, Lima Puluh Kota, Pasaman, dan Tanah Datar.

Bahan tambang golongan C menyebar di seluruh kabupaten kota di Sumatera Barat, sebagian besar terdiri dari pasir, batu dan kerikil sedangkan di Padang Pariaman terdapat obsidian dan batu andesit.

Semoga masyarakat Sumatera Barat terhindar dari Virus COVID 19, ekonomi meningkat, masyarakatnya selalu takut hanya kepada Allah SWT, bertaubat dengan sebenar-benarnya, sehingga menjadi propinsi yang berkah, sejahtera, makmur, aman, damai yang diridoi oleh Allah SWT.

4..Jambi:

  1. Minyak Bumi: Cadangan minyak bumi Provinsi Jambi sebesar 1.270,96 juta m3. Cadangan minyak bumi antara lain terdapat di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, struktur Kenali Asam, Kecamatan Jambi Luar Kota dan Kabupaten Batanghari.
  2. Gas Bumi: Cadangan gas bumi Provinsi Jambi sebesar 3.572,44 milyar m3. Cadangan tersebut sebagian besar terdapat di Struktur Muara Bulian, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Muara Jambi dengan jumlah cadangan 2.185,73 milyar m3.
  3. Batu Bara: Cadangan batubara Provinsi Jambi sebesar 18 juta ton, yang merupakan batubara kelas kalori sedang yang cocok digunakan sebagai pembangkit tenaga listrik. Cadangan terbesar dijumpai di Kabupaten Muara Bungo.
  4. Perkebunan: Komoditas perkebunan yang sangat dominan adalah Karet dan Kelapa Sawit. Hal ini didukung dengan program Pemerintah Derah Provinsi Jambi yaitu “Pengembangan Kelapa Sawit Sejuta Hektar” serta “Replanting Karet”. Selain itu, casiavera juga banyak dibudidayakan terutama di daerah Kerinci.

Semoga masyarakat Jambi terhindar dari Virus COVID 19, ekonomi meningkat, masyarakatnya selalu takut hanya kepada Allah SWT, bertaubat dengan sebenar-benarnya, sehingga menjadi propinsi yang berkah, sejahtera, makmur, aman, damai yang diridoi oleh Allah SWT.

5.Sumatera Selatan:

Keunggulan lokal Sumatera Selatan yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar adalah keunggulan alam, sejarah, budaya, buatan dan agrowisata. Keunggulan lokal aspek alam merupakan aspek yang paling banyak terdapat di Sumatera Selatan sehingga sangat tepat untuk dijadikan sumber belajar dalam pendidikan STEM.

Saran dari hasil kajian ini, dengan mengetahui keunggulan lokal Sumatera Selatan diharapkan dapat diterapkan dalam pembelajaran dengan mengintegrasikan model, media atau instrumen penilaian.

Semoga masyarakat Sumatera Selatan terhindar dari Virus COVID 19, ekonomi meningkat, masyarakatnya selalu takut hanya kepada Allah SWT, bertaubat dengan sebenar-benarnya, sehingga menjadi propinsi yang berkah, sejahtera, makmur, aman, damai yang diridoi oleh Allah SWT.

6. Bengkulu: Pariwisata Pantai Panjang
Pada kota ini terdapat beberapa bangunan dan benteng peninggalan Inggris, diantaranya Fort Marlborough yang didirikan tahun 1713 pada Pantai Panjang, Monumen Hamilton dan Monumen Parr pada kawasan pusat kota, Objek wisata Rumah Pengasingan Bung Karno terletak di jalan Soekarno-Hatta.

Dan Masjid Jamik yang didesain oleh Ir. Soekarno. Kota Bengkulu juga memiliki sejumlah andalan tempat wisata lain seperti, Kampung China, Pantai Tapak Paderi, Pantai Jakat, Danau Dendam Tak Sudah dan wisata Pelabuhan Pulau Baai. Tak cuma itu, sejumlah potensi kuliner Kota Bengkulu juga menarik. Beberapa diantaranya seperti Pendap, Lempuk Durian, Pondok Durian Bengkulu, Bai Tat, dan lain sebagainya.

Salah satu yang bisa menjadi rujukan untuk berbelanja oleh-oleh, para pelancong bisa mendatangi daerah Anggut Kota Bengkulu. Kawasan ini sudah ditetapkan pemerintah lokal menjadi sentra khas oleh-oleh.

Semoga masyarakat Bengkulu terhindar dari Virus COVID 19, ekonomi meningkat, masyarakatnya selalu takut hanya kepada Allah SWT, bertaubat dengan sebenar-benarnya, sehingga menjadi propinsi yang berkah, sejahtera, makmur, aman, damai yang diridoi oleh Allah SWT.

7. Lampung:

  1. Lampung merupakan sebuah Provinsi yang berada di ujung selatan Pulau Sumatra, Indonesia. Bandar Lampung merupakan ibukota dari Provinsi Lampung. Provinsi ini memilki 2 Kota dan 15 Kabupaten dengan penduduk sekitar 8.205.141 jiwa.
  2. Secara Geografis Provinsi Lampung memiliki luas 35.376,50 km². Daerah ini di sebelah barat berbatasan dengan Samudera Hindia, di sebelah timur dengan Laut Jawa, di sebelah utara berbatasan dengan provinsi Sumatera Selatan, dan di sebelah selatan berbatasan dengan Selat Sunda.
  3. Lampung merupakan provinsi multietnis dengan 3 besar suku mayoritas,yaitu sukuJawa, Lampung,dan Sunda,dimana Lampung me rupakan suku asli di provinsi ini. Selanjutnya ada suku Bali, Minangkabau, Sumatra Selatan, dan lain sebagainya.
  4. Dalam sejarah, wilayah Lampung juga pernah dijajah oleh Belanda. Kekayaan alam lada hitam yang dimiliki oleh Lampung ini menjadi incara koloni Belanda untuk menguasai wilayah ini. Pemuda-pemuda lampung turut serta untuk memerdekakan Provinsi Lampung ini.
  5. Provinsi Lampung memiliki Pelabuhan utama bernama Pelabuhan Panjang dan Pelabuhan Bakauheni serta pelabuhan nelayan seperti Pasar Ikan (Telukbetung), Tarahan, dan Kalianda di Teluk Lampung. Terdapat pula Bandar Udara Utama yang bernama Raden Intan II.
  6. Masyarakat Adat Lampung memiliki Semboyan dalam bahasa Lampung yakni “Sai Bumi Ruwa Jurai” yang artinya satu bumi dua aliran adat budaya. Kata Sang Bumi berasal dari sanga bumi, artinya sebumi. Sedangkan Ruwa Jurai, artinya dua aliran (kelompok) budaya yang berbeda, yaitu aliran (jurai) masyarakat adat sebatin dan pepadun.
  7. Simbol Khas daerah Lampung yaitu Siger. Siger biasanya digunakan sebagai mahkota pengantin Lampung, namun bisa juga dipakai untuk acara-acara sakral. Terdapat pula Menara Siger yang menjadi ikon Lampung dan juga menjadi titik nol Sumatra.
  8. Lampung juga memiliki kain tenun yang khas yakni Tapis Lampung. Tapis Lampung adalah hasil tenun benang kapas dengan motif, benang perak atau benang emas dan menjadi pakaian khas suku Lampung. Motif kain Tapis Lampung ini juga bermacam-macam dan memiliki makna sendiri.
  9. Saat mendengar kata Lampung, pertama kali yang terlintas adalah banyaknya gajah di wilayah ini. Lampung memiliki sekolah pertama untuk para gajah yaitu Taman Nasional Way Kambas yang menjadi Pusat Konservasi Gajah dalam penjinakan, pelatihan, perkembangbiakan dan konservasi.
  10. Selain itu terdapat pula Gunung purba yakni Gunung Krakatau yang berada di Selat Sunda, Lampung Selatan. Gunung ini sudah meletus hebat pada tahun 1883 dan anak Gunung Krakatau sendiri bisa meletus kapan saja. Namun sedikit ekstrim, Gunung Krakatau masih dijadikan tempat wisata yang menantang.
  11. Destinasi wisata yang ada di Provinsi Lampung sendiri tidak kalah cantik dengan yang ada di wilayah lain seperti Pulau Kelagian, Puncak Mas, Teluk Kiluan, dan masih banyak lagi. Salah satu yang sedang naik daun yaitu Pulau Pahawang. Pantai dan pemandangan bawah laut yang indah menarik wisatawan.

Semoga masyarakat Lampung terhindar dari Virus COVID 19, ekonomi meningkat, masyarakatnya selalu takut hanya kepada Allah SWT, bertaubat dengan sebenar-benarnya, sehingga menjadi propinsi yang berkah, sejahtera, makmur, aman, damai yang diridoi oleh Allah SWT.

8. Kepulauan Bangka Belitung: Bangka Belitung menyimpan keindahan alam yang sayang untuk dilewatkan. Kepulauan itu pun bisa menjadi alternatif tempat liburan yang menyenangkan. Paling tidak, ada 5 alasan kenapa harus mencoba liburan ke Bangka Belitung.

Setelah film Laskar Pelangi marak diperbincangkan, nama Pulau Belitung serta Bangka juga ikut terangkat. Rupanya, memang banyak sekali tempat wisata yang menarik di kedua pulau tersebut. Keindahannya juga tak kalah dibandingkan dengan Bali ataupun Lombok. Semoga masyarakat Bangka Belitung terhindar dari Virus COVID 19, ekonomi meningkat, masyarakatnya selalu takut hanya kepada Allah SWT, bertaubat dengan sebenar-benarnya, sehingga menjadi propinsi yang berkah, sejahtera, makmur, aman, damai yang diridoi oleh Allah SWT.

9. Kepulauan Riau: Perekonomian
Laju pertumbuhan ekonomi Provinsi Kepulauan Riau pada tahun 2005 adalah sebesar 6,57%. Sektor-sektor yang tumbuh dengan baik (lebih cepat dari pertumbuhan total PDRB) pada tahun 2005 antara lain sektor pengangkutan, dan komunikasi (8,51%), sektor industri pengolahan (7,41%), sektor keuangan, persewaan, dan jasa perusahaan (6,89%), sektor jasa (6,77%), serta sektor perdagangan, hotel, dan restoran (6,69%).

PDRB Perkapita Provinsi Kepulauan Riau dalam lima tahun terakhir (2001-2005) cenderung mengalami kenaikan. Pada tahun 2001 PDRB Perkapita (Atas Harga Berlaku – Tanpa Migas) sebesar Rp. 22,808 juta, dan pada tahun 2005 meningkat sehingga menjadi sebesar Rp.29,348 juta.

Namun secara riil (tanpa memperhitungkan inflasi) PDRB Perkapita (tanpa gas) pada tahun 2001 hanya sebesar Rp.20,397 juta, dan pada tahun 2005 meningkat menjadi sebesar Rp. 22,418 juta. Semoga masyarakat Kepulauan Riau terhindar dari Virus COVID 19, ekonomi meningkat, masyarakatnya selalu takut hanya kepada Allah SWT, bertaubat dengan sebenar-benarnya, sehingga menjadi propinsi yang berkah, sejahtera, makmur, aman, damai yang diridoi oleh Allah SWT.

10. DKI Jakarta:
DKI Jakarta menyediakan sarana pendidikan dari taman kanak-kanak sampai perguruan tinggi. Kualitas dari pendidikan pun juga sangat bervariasi dari gedung mewah dengan pendingin udara sampai yang
sederhana.

Belakangan ini mulai muncul berbagai sekolah dengan kurikulum yang diserap dari negara lain seperti Singapura dan Australia. Sekolah lain dengan kurikulum Indonesia pun juga muncul dengan metode pengajaran yang berbeda, seperti Sekolah Dasar Islam Terpadu. Selain sekolah yang didirikan oleh pemerintah, banyak pula sekolah yang dikembangkan oleh pihak swasta, seperti Al-Azhar, Muhammadiyah, BPK Penabur, Kolese Kanisius, Don Bosco, Tarakanita, Pangudi Luhur, Santa Ursula, Regina Pacis dan Marsudirini. Semoga masyarakat DKI Jakarta terhindar dari Virus COVID 19, ekonomi meningkat, masyarakatnya selalu takut hanya kepada Allah SWT, bertaubat dengan sebenar-benarnya, sehingga menjadi propinsi yang berkah, sejahtera, makmur, aman, damai yang diridoi oleh Allah SWT.

11.Jawa Barat:
Manufaktur Provinsi Jawa Barat memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi untuk manufaktur termasuk di antaranya elektronik, industri kulit, pengolahan makanan, tekstil, furnitur dan industri pesawat. Juga panas bumi, minyak dan gas, serta industri petrokimia menjadi andalan Jawa Barat.

Penyumbang terbesar terhadap GRDP Jawa Barat adalah sektor manufaktur (36,72%), hotel, perdagangan dan pertanian (14,45%), totalnya sebesar 51,17%. Terlepas dari adanya krisis, Jawa Barat masih menjadi pusat dari industri tekstil modern dan garmen nasional, berbeda dengan daerah lain yang menjadi pusat dari industri tekstil tradisional.

Jawa Barat menymbangkan hampir seperempat dari nilai total hasil produksi Indonesia di sektor non Migas. Ekspor utama tekstil, sekitar 55,45% dari total ekspor jawa Barat, yang lainnya adalah besi baja, alas kaki, furnitur, rotan, elektronika, komponen pesawat dan lainnya. Semoga masyarakat Jawa Barat terhindar dari Virus COVID 19, ekonomi meningkat, masyarakatnya selalu takut hanya kepada Allah SWT, bertaubat dengan sebenar-benarnya, sehingga menjadi propinsi yang berkah, sejahtera, makmur, aman, damai yang diridoi oleh Allah SWT.

12. Jateng: Pertanian merupakan sektor utama perekonomian Jawa Tengah, di mana mata pencaharian di bidang ini digeluti hampir separuh dari angkatan kerja terserap. Kawasan hutan meliputi 20% wilayah provinsi, terutama di bagian utara dan selatan. Daerah Rembang, Blora, Grobogan merupakan penghasil kayu jati. Jawa Tengah juga terdapat sejumlah industri besar dan menengah. Daerah Semarang-Ungaran-Demak-Kudus merupakan kawasan industri utama di Jawa Tengah. Kudus dikenal sebagai pusat industri rokok. Di Cilacap terdapat industri semen. Solo, Pekalongan, Juwana, dan Lasem dikenal sebagai kota Batik yang kental dengan nuansa
klasik.

Blok Cepu di pinggiran Kabupaten Blora (perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah) terdapat cadangan minyak bumi yang cukup signifikan, dan kawasan ini sejak zaman Hindia Belanda telah lama dikenal sebagai
daerah tambang minyak. Semoga masyarakat Jawa Tengah terhindar dari Virus COVID 19, ekonomi meningkat, masyarakatnya selalu takut hanya kepada Allah SWT, bertaubat dengan sebenar-benarnya, sehingga menjadi propinsi yang berkah, sejahtera, makmur, aman, damai yang diridoi oleh Allah SWT.

13 DI Yogyakarta: Ekonomi
Pasar tradisional sebagai pusat perekonomian yang berbasis kerakyatan Perekonomian Daerah Istimewa Yogyakarta antara lain meliputi sektor Investasi; Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM; Pertanian; Ketahanan Pangan; Kehutanan, dan Perkebunan; Perikanan, dan Kelautan; Energi, dan Sumber Daya Mineral; serta Pariwisata. Semoga masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta terhindar dari Virus COVID 19, ekonomi meningkat, masyarakatnya selalu takut hanya kepada AllahSWT, bertaubat dengan sebenar-benarnya, sehingga menjadi propinsi yang berkah, sejahtera, makmur, aman, damai yang diridoi oleh Allah SWT.

14.Jawa Timur:
Jawa Timur merupakan wilayah Kodam V/Brawijaya, yang bermarkas di Surabaya. Kawasan Kostrad terdapat di Singosari, dan Kraton (Pasuruan). Surabaya merupakan Daerah Basis Armada tengah TNI-AL yaitu Komando Armada II. Kawasan TNI-AU terdapat di Bandara Iswahyudi (Madiun), Bandara Abdul Rachman Saleh (Malang), Satuan Radar (Jombang), serta di Raci (Pasuruan), dan di Punung (Pacitan). Kawasan Air Weapon Range TNI-AU terdapat di Pantai Pasirian (Lumajang).

Bumi Marinir terdapat di Karang Pilang, Surabaya. Daerah latihan militer antara lain terdapat di Gunung Bancak (Bangkalan), Gunung Majang Komplek (Jember), Teleng Gesingan (Pacitan), serta di Asembagus (Situbondo). Polda Jawa Timur membawahi 38 kabupaten/kota dengan rincian satu polres kota besar (Polrestabes Surabaya), 8 kepolisian resor kota, dan 29 kepolisian resor.

Semoga masyarakat Jawa Timur terhindar dari Virus COVID 19, ekonomi meningkat, masyarakatnya selalu takut hanya kepada Allah SWT, bertaubat dengan sebenar-benarnya, sehingga menjadi propinsi yang berkah, sejahtera, makmur, aman, damai yang diridoi oleh Allah SWT.

15.Banten:

Ekonomi dan kependudukan Pada tahun 2006, penduduk Banten berjumlah 9.351.470 jiwa, dengan perbandingan 3.370.182 jiwa (36,04%) anak-anak, 240.742 jiwa (2,57%) lanjut usia, sisanya 5.740.546 jiwa berusia di antara 15 sampai 64 tahun.

Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) tahun 2005 mayoritas berasal dari sektor industri pengolahan (49,75%), diikuti sektor perdagangan, hotel, dan restoran (17,13%), pengangkutan, dan komunikasi (8,58%), serta pertanian yang hanya 8,53%. Namun berdasarkan jumlah penyerapan tenaga kerja, industri menyerap 23,11% tenaga kerja, diikuti oleh pertanian (21,14%), perdagangan (20,84%) dan transportasi/komunikasi yang hanya 9,50%.

Semoga masyarakat Banten terhindar dari Virus COVID 19, ekonomi meningkat, masyarakatnya selalu takut hanya kepada Allah SWT, bertaubat dengan sebenarbenarnya, sehingga menjadi propinsi yang berkah, sejahtera, makmur, aman, damai yang diridoi oleh Allah SWT.

16. Bali:

Bali adalah salah satu destinasi wisata di Indonesia. Pulau Bali adalah pulau yang sangat terkenal hingga ke mancanegara. Bali selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai negara. Di Bali terdapat banyak sekali Tempat Wisata di Bali yang indah dan sangat eksotis.

Keindahan ini lah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk berkunjung ke Bali. Di Bali menawarkan berbagai jenis wisata baik wisata alam, wisata budaya, wisata kuliner dan juga wisata belanja. Para wisatawan tidak akan pernah bosan.

Semoga masyarakat Bali terhindar dari Virus COVID 19, ekonomi meningkat, masyarakatnya selalu takut hanya kepada Allah SWT, bertaubat dengan sebenar-benarnya, sehingga menjadi propinsi yang berkah, sejahtera, makmur, aman, damai yang diridoi oleh Allah SWT.

17. Nusa Tenggara Barat (disingkat NTB) ialah sebuah provinsi di Indonesia yang berada pada bagian barat Kepulauan Nusa Tenggara. Provinsi ini beribu kota di Mataram dan memiliki 10 Kabupaten dan Kota.

Pada awal kemerdekaan Indonesia, wilayah ini termasuk dalam wilayah Provinsi Sunda Kecil[6][7] yang beribu kota di Singaraja. Kemudian, wilayah Provinsi Sunda Kecil dibagi menjadi 3 provinsi: Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Dua pulau terbesar di provinsi ini adalah Lombok yang terletak di barat dan Sumbawa yang terletak di timur.

Sebagian besar dari penduduk Lombok berasal dari suku Sasak, sementara masyarakat Bima (suku Mbojo) dan Sumbawa merupakan kelompok etnis terbesar di Pulau Sumbawa. Mayoritas penduduk Nusa Tenggara Barat beragama Islam, yaitu sekitar (94%).

Semoga masyarakat NTB terhindar dari Virus COVID 19, ekonomi meningkat, masyarakatnya selalu takut hanya kepada Allah SWT, bertaubat dengan sebenar-benarnya, sehingga menjadi propinsi yang berkah, sejahtera, makmur, aman, damai yang diridoi oleh Allah SWT.

18. Nusa Tenggara Timur:
Berdasarkan Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional (KEKR) Provinsi Nusa Tenggara Timur Bulan Februari 2019 yang dirilis oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Timur, akselerasi pertumbuhan terutama disebabkan oleh melambatnya impor atar daerah seperti barang-barang konsumsi maupun kebutuhan kosntruksi, sementara ekspor antar daerah menunjukkan peningkatan. Sementara itu, indikator PDRB lainnya dari sisi permintaan, seperti konsumsi rumah tangga, konsusmsi pemerintah maupun pembentukan modal tetap bruto/investasi menunjukkan perlambatan. Semoga masyarakat NTT terhindar dari Virus COVID 19, ekonomi meningkat, masyarakatnya selalu takut hanya kepada Allah SWT, bertaubat dengan sebenarbenarnya, sehingga menjadi propinsi yang berkah, sejahtera, makmur, aman, damai yang diridoi oleh Allah SWT.

19. Kalimantan Barat:
Kalimantan Barat memiliki potensi pertanian dan perkebunan yang cukup melimpah. Hasil pertanian Kalimantan Barat di antaranya adalah padi, jagung, kedelai dan lain-lain. Sedangkan hasil perkebunan di antaranya adalah karet, kelapa sawit, kelapa, lidah buaya dan lain-lain. Kebun kelapa sawit sampai Oktober 2012 sudah mencapai 1.060.000 ha. Kebunkebun tersebut sebagian besar dibangun pada kawasan budidaya (APL) dan ada juga yang dibangun pada kawasan hutan produksi yang dapat dikonversi (HPK) setelah melalui proses pelepasan kawasan dari kementrian kehutanan. Kebun-kebun sawit menguntungkan pengusaha dan penguasa. Para petani peserta menderita sengsara. Pendapatan petani sawit binaan PTPN XIII hanya 6,6 ons beras per hari/orang. Sedangkan
pengelolaan kebun dengan pola kemitraan hanya memberi 3,3 ons beras per hari/orang. Kondisi ini lebih buruk dari tanaman paksa (kultuurstelsel) zaman Hindia Belanda. Semoga masyarakat Kalimantan Barat terhindar dari Virus COVID 19, ekonomi meningkat, masyarakatnya selalu takut hanya kepada Allah SWT, bertaubat dengan sebenar-benarnya, sehingga menjadi propinsi yang berkah, sejahtera, makmur, aman, damai yang diridoi oleh Allah SWT.

20..Kalimantan Tengah:
Pertambangan Sebagian besar penduduk di wilayah Katingan, Khususnya Kecamatan Katingan Tengah bermata pencaharian sebagai petani dan penambang. Hasil tambang utama yang diperoleh adalah emas dan puya (pasir zirkon) yang berwarna merah. Masyarakat dalam melakukan penambangan masih bersifat tradisional sehingga hasil yang diperoleh tidak optimal.

Transportasi Bandar udara Tjilik Riwut Palangka Raya melayani penerbangan dari dan ke Surabaya dan Jakarta direct, menggunakan pesawat jet jenis Boeing 737-200, 737-300 dan 737-400. Penerbangan ini dilayani oleh 4 maskapai, yaitu: Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Batik Air, dan Wings Air. Bandar udara kesayangan masyarakat Palangka Raya ini memiliki pcn 29 fczu, bisa dilintasi dengan mobil maupun taksi. Semoga masyarakat Kalimantan Tengah terhindar dari Virus COVID 19, ekonomi meningkat, masyarakatnya selalu takut hanya kepada Allah SWT, bertaubat dengan sebenar-benarnya, sehingga menjadi propinsi yang berkah, sejahtera, makmur, aman, damai yang diridoi oleh Allah SWT.

21. Kalimantan Selatan:
Tenaga kerja Sektor pertanian merupakan sektor yang paling banyak menyerap tenaga kerja. Pada bulan Februari 2012 tercatat sebanyak 38,20 persen tenaga kerja diserap sektor pertanian. Sektor perdagangan adalah sektor kedua terbesar dalam penyerapan tenaga kerja, yaitu sebesar 20,59 persen. Status pekerja di Kalimantan Selatan masih didominasi oleh pekerja yang bekerja di sektor informal. Pada Februari 2012 sebanyak 63,20 persen adalah pekerja di sektor informal. Sebagian besar dari pekerja tersebut berstatus berusaha sendiri (19,66 persen), berusaha dibantu buruh tidak tetap (18,92 persen) serta pekerja bebas dan pekerja tak dibayar (24,61 persen). Pekerja di sektor formal tercatat sebanyak 36,80 persen yaitu terdiri dari pekerja dengan status buruh/karyawan (33,35 persen) dan status berusaha dibantu dengan buruh tetap (3,45 persen). Pertanian & Perkebunan Hasil utama pertanian adalah padi, di samping jagung, ubi kayu dan ubi jalar. Sedangkan buah-buahan terdiri dari jeruk, pepaya, pisang, durian, rambutan, kasturi dan langsat. Untuk perkebunan adalah kelapa sawit.

Semoga masyarakat Kalimantan Selatan terhindar dari Virus COVID 19, ekonomi meningkat, masyarakatnya selalu takut hanya kepada Allah SWT, bertaubat dengan sebenar-benarnya, sehingga menjadi propinsi yang berkah, sejahtera, makmur, aman, damai yang diridoi oleh Allah SWT.

22.Kalimantam Timur:
Perekonomian Hasil utama provinsi ini adalah hasil tambang seperti minyak, gas alam dan batu bara. Sektor lain yang kini sedang berkembang adalah agrikultur, pariwisata dan industri pengolahan. Beberapa daerah seperti Balikpapan dan Bontang mulai mengembangkan kawasan industri berbagai bidang demi mempercepat pertumbuhan perekonomian. Sementara kabupaten-kabupaten di Kaltim kini mulai membuka wilayahnya untuk dibuat perkebunan seperti kelapa sawit dan lain-lain.

Kalimantan Timur memiliki beberapa tujuan pariwisata yang menarik seperti kepulauan Derawan di Berau, Taman Nasional Kayan Mentarang dan Pantai Batu Lamampu di Nunukan, peternakan buaya di Balikpapan, peternakan rusa di Penajam, Kampung Dayak Pampang di Samarinda, Pantai Amal di Kota Tarakan, Pulau Kumala di Tenggarong dan lain-lain.

Tapi ada kendala dalam menuju tempat-tempat di atas, yaitu transportasi. Banyak bagian di provinsi ini masih tidak memiliki jalan aspal, jadi banyak orang berpergian dengan perahu dan pesawat terbang dan tak heran jika di Kalimantan Timur memiliki banyak bandara perintis. Selain itu, akan ada rencana pembuatan Highway Balikpapan-Samarinda- Bontang-Sangata demi memperlancar perekonomian.

Semoga masyarakat Kalimantan Timur terhindar dari Virus COVID 19, ekonomi meningkat, masyarakatnya selalu takut hanya kepada Allah SWT, bertaubat dengan sebenar-benarnya, sehingga menjadi propinsi yang berkah, sejahtera, makmur, aman, damai yang diridoi oleh Allah SWT.

23. Kalimantan Utara:
Pada acara Kaltara Investment Forum (KIF) 2017 bertema “Bergegas Membangun dari Pinggiran” yang digelar beberapa waktu lalu, Gubernur Kalimantan Utara, Dr.H. Irianto Lambrie mamaparkan sejumlah potensi yang dimiliki Provinsi termuda di Indonesia ini.

Semoga masyarakat Kalimantan Utara terhindar dari Virus COVID 19, ekonomi meningkat, masyarakatnya selalu takut hanya kepada Allah SWT, bertaubat dengan sebenar-benarnya, sehingga menjadi propinsi yang berkah, sejahtera, makmur, aman, damai yang diridoi oleh Allah SWT.

24. Sulawesi Utara:
Bangsa Sulawesi Utara merupakan bangsa yang gigih dalam mempertahankan kemerdekaannya. Kegigihan perang Sulawesi Utara, dapat dilihat dan dibuktikan oleh sejumlah pahlawan (baik pria maupun wanita), serta bukti-bukti lainnya (perwira Belanda tewas dalam perang Sulawesi Utara, serta kuburan Belanda dan Kubur Borgo Portugis/Spanyol yang mencatat sebagai kuburan Belanda, Portugis, Spanyol di luar Negeri Belanda, Portugis dan Spanyol).

Semoga masyarakat Sulawesi Utara terhindar dari Virus COVID 19, ekonomi meningkat, masyarakatnya selalu takut hanya kepada Allah SWT, bertaubat dengan sebenar-benarnya, sehingga menjadi propinsi yang berkah, sejahtera, makmur, aman, damai yang diridoi oleh Allah SWT.

25. Sulawesi Tengah:
Potensi Ekspor Provinsi Sulawesi Tengah-Sulawesi Tengah atau biasa disingkat Sulteng adalah salah satu provinsi di bagian tengah Pulau Sulawesi, Indonesia. Ibu kota provinsi ini adalah Kota Palu. Luas wilayahnya mencapai 61.841,29 km², dan jumlah penduduknya berkisar 3.222.241 jiwa (tahun 2015 berdasarkan survei penduduk).

Provinsi Sulawesi Tengah memiliki wilayah terluas di antara semua provinsi di Pulau Sulawesi. Provinsi ini juga memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di Pulau Sulawesi setelah provinsi Sulawesi Selatan.

Semoga masyarakat Sulawest Tengah, terhindar dari Virus COVID 19, ekonomi meningkat, masyarakatnya selalu takut hanya kepada Allah SWT, bertaubat dengan sebenar-benarnya, sehingga menjadi propinsi yang berkah, sejahtera, makmur, aman, damai yang diridoi oleh Allah SWT.

26. Sulawesi Selatan: Mayoritas beragama Islam, kecuali di Kabupaten Tana Toraja, Kabupaten Toraja Utara dan sebagian wilayah di Kabupaten Luwu Utara, Kabupaten Luwu Timur dan Kabupaten Luwu beragama Kristen Protestan.

Budaya dan adat istiadat Salah satu kebiasaan yang cukup dikenal di Sulawesi Selatan adalah Mappalili. Mappalili (Bugis) atau Appalili (Makassar) berasal dari kata palili yang memiliki makna untuk menjaga tanaman padi dari sesuatu yang akan mengganggu atau menghancurkannya.

Mappalili atau Appalili adalah ritual turun-temurun yang dipegang oleh masyarakat Sulawesi Selatan, masyarakat dari Kabupaten Pangkep terutama Mappalili adalah bagian dari budaya yang sudah diselenggarakan sejak beberapa tahun lalu.

Mappalili adalah tanda untuk mulai menanam padi. Tujuannya adalah untuk daerah kosong yang akan ditanam, disalipuri (Bugis) atau dilebbu (Makassar) atau disimpan dari gangguan yang biasanya mengurangi produksi.

Semoga masyarakat Sulawesi Selatan, terhindar dari Virus COVID 19, ekonomi meningkat, masyarakatnya selalu takut hanya kepada Allah SWT, bertaubat dengan sebenar-benarnya, sehingga menjadi propinsi yang berkah, sejahtera, makmur, aman, damai yang diridoi oleh Allah SWT.

27. Sulawesi Tenggara:

Sekitar 66,24 persen dari total ekspor non migas Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Januari-Agustus 2013 atau senilai 387,72 juta dolar AS ditujukan ke China Tujuan ekpor terbesar kedua adalah Belanda yakni 105,40 juta dolar AS dan Korea Selatan menempati posisi ketiga tujuan ekspor dengan capaian 72,07 juta dolar AS.

Agustus 2013 paian nilai ekspor kedua negara itu masing-masing dengan nilai 105,40 juta dolar AS dan 56,50 juta dolar AS. Total ekspor itu, terbesar dari bijih logam terak dan abu yakni mencapai 67,20 persen dengan nilai 393,33 juta dolar AS dan ekspor besi dan baja mencapai nilai 176,25 juta dolar AS dengan nilai 30,11 persen.

Pada Agustus 2013 lalu deng nilai mencapai 348,54 juta dolar AS, sementara besi dan baja nilainya mencapai 160,68 juta dolar AS. Impor Badan Pusat Statistik Sulawesi Tenggara Pangsa impor terbesar datangnya dari negara tetangga Singapura yang nilainya mencapai 193,74 juta dolar AS atau 67,93 persen dari seluruh impor yang terhitung dari januari-Agustus 2013 mencapai 285,21 juta dolar AS atau naik 33,36 persen.

Urutan kedua dan tiga negara pengimpor ditempati Malaysia yang mencapai nilai 77,89 juta dolar atauy 27,31 persen dan impor Cina hanya mecapai nilkai 12,43 juta dolar AS atau 4,36 persen dari total impor seluruhnya.

Semoga masyarakat Sulawesi Tenggara, terhindar dari Virus COVID 19, ekonomi meningkat, masyarakatnya selalu takut hanya kepada Allah SWT, bertaubat dengan sebenar-benarnya, sehingga menjadi propinsi yang berkah, sejahtera, makmur, aman, damai yang diridoi oleh Allah SWT.

28. Gorontalo:

Jumlah perusahaan industri besar dan sedang di Provinsi ini sekitar 20 perusahaan, dengan tenaga kerja sebanyak 7.693 orang. Sedangkan Industri Mikro dan Kecil sebanyak 12.360 unit melibatkan 31.910 tenaga kerja dengan investasi berjumlah Rp. 132.942.851 dan nilai produksi Rp. 510.021.820. Provinsi Gorontalo memiliki 1 (satu) kawasan industri yaitu kawasan Industri Agro Terpadu (KIAT) yang terletak di Kabupaten Bone Bolango.

Pabrik tepung kelapa Tri Jaya Tangguh Sektor perkebunan kelapa menjadi prospek andalan berlangsungnya produksi pabrik tepung kelapa dan nata de coco di Kabupaten Gorontalo. Industri yang bahan bakunya ditunjang dari hasil pertanian rakyat dari seluruh wilayah Kabupaten serta beberapa wilayah di sekitarnya.

Pabrik tepung kelapa Tri Jaya Tangguh terletak di kawasan Boliyohuto. Sejak awal berproduksi pabrik ini telah meluncurkan ekspor tepung kelapa ke Rusia sebanyak 40 feet. Pabrik tepung kelapa dan nata de coco Pabrik ini mampu memproduksi tepung kelapa sebesar 50 ton per hari yang diekspor ke berbagai Negara melalui Surabaya. Seperti halnya industri lain yang bergerak di bidang usaha yang sama, pabrik ini pun memanfaatkan potensi bahan baku lokal Provinsi Gorontalo.

Semoga masyarakat Gorontalo terhindar dari Virus COVID 19, ekonomi meningkat, masyarakatnya selalu takut hanya kepada Allah SWT, bertaubat dengan sebenar-benarnya, sehingga menjadi propinsi yang berkah, sejahtera, makmur, aman, damai yang diridoi oleh Allah SWT.

29. Selawesi Barat:
Potensi Ekspor Sulawesi Barat – Telah kita ketahui tentang Sulawesi Barat (Sulbar) adalah salah satu provinsi yang terletak di bagian barat Sulawesi. Provinsi ini merupakan salah satu pengekspor barang yang ada di negara Indonesia.

Banyak sekali barang-barang yang diekspor, mulai dari produk jaminan hingga akses distribusi. Setiap daerah di Indonesia memiliki peran penting dalam membantu meningkatkan daya saing ekonomi seperti di Sulawesi Barat.

Semoga masyarakat Sulawesi Barat, terhindar dari Virus COVID 19, ekonomi meningkat, masyarakatnya selalu takut hanya kepada Allah SWT, bertaubat dengan sebenarbenarnya, sehingga menjadi propinsi yang berkah, sejahtera, makmur, aman, damai yang diridoi oleh Allah SWT.

30. Maluku:
Pertanian, kehutanan, dan perikanan memberikan topangan terbesar terhadap ekonomi Maluku, diikuti dengan administrasi pemerintahan dan pertahanan serta perdagangan besar dan eceran. Lapangan-lapangan usaha tersebut pun menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi provinsi.

Pertumbuhan industri Maluku merupakan salah satu yang terpesat di Indonesia dengan pertumbuhan industri mikro dan kecil di atas tiga belas persen pada 2019. Pada tahun yang sama, angka pengangguran terbuka provinsi merupakan kedua tertinggi setelah Jawa Barat dengan kisaran tujuh persen.

Semoga masyarakat Maluku terhindar dari Virus COVID 19, ekonomi meningkat, masyarakatnya selalu takut hanya kepada Allah SWT, bertaubat dengan sebenar-benarnya, sehingga menjadi propinsi yang berkah, sejahtera, makmur, aman, damai yang diridoi oleh Allah SWT.

31. Maluku Utara:

BKPM Provinsi Maluku Utara Jika dibandingkan dengan luas wilayah maka tingkat kepadatan penduduk mencapai 24,74 jiwa/km2 . Terdapat empat kabupaten/kota yang mempunyai kepadatan penduduk lebih tinggi dari kepadatan penduduk provinsi, yaitu Ternate (807,89 jiwa per km2), Halmahera Utara (55,26 jiwa per km²), Halmahera Barat (40,91 jiwa per km²), dan Pulau Morotai (24,85 jiwa per km 2 ).

Laju pertumbuhan rata-rata 2,24 persen pertahun pada periode 2010- 2013. Penyebaran penduduk tidak merata dan hanya terpusat pada pulaupulau kecil, sedangkan beberapa pulau besar dan sedang tidak mengalami peningkatan yang signifikan seperti di Kepulauan Sula (Pulau Taliabu, Sulabesi dan Mangoli) serta Halmahera secara keseluruhan yang terdiri dari Halut, Halbar, Halteng, Haltim, dan beberapa pulau di Halmahera Selatan (Pulau Obi, Morotai, Bacan, Makian dan Kayoa).

Semoga masyarakat Maluku Utara, terhindar dari Virus COVID 19, ekonomi meningkat, masyarakatnya selalu takut hanya kepada Allah SWT, bertaubat dengan sebenar-benarnya, sehingga menjadi propinsi yang berkah, sejahtera, makmur, aman, damai yang diridoi oleh Allah SWT.

32. Papua Barat:
Provinsi ini mempunyai potensi yang luar biasa, baik itu pertanian, pertambangan, hasil hutan maupun pariwisata. Mutiara dan rumput laut dihasilkan di kabupaten Raja Ampat sedangkan satu-satunya industri tradisional tenun ikat yang disebut kain Timor dihasilkan di kabupaten Sorong Selatan. Sirup pala harum dapat diperoleh di kabupaten Fak-Fak serta beragam potensi lainnya.

Selain itu wisata alam juga menjadi salah satu andalan Irian Jaya Barat, seperti Taman Nasional Teluk Cenderawasih yang berlokasi di kabupaten Teluk Wondama. Taman Nasional ini membentang dari timur Semenanjung Kwatisore sampai utara Pulau Rumberpon dengan panjang garis pantai 500 km, luas darat mencapai 68.200 ha, luas laut 1.385.300 ha dengan rincian 80.000 ha kawasan terumbu karang dan 12.400 ha lautan.

Semoga masyarakat Papua Barat terhindar dari Virus COVID 19, ekonomi meningkat, masyarakatnya selalu takut hanya kepada Allah SWT, bertaubat dengan sebenar-benarnya, sehingga menjadi propinsi yang berkah, sejahtera, makmur, aman, damai yang diridoi oleh Allah SWT.

33.Papua:
Sungai Mamberamo memiliki potensi listrik bertenaga air terbesar di Indonsia dan bio etanol yang berlimpah mah. Kondisi geologinya juga sarat dengan bahan tambang seperti emas, tembaga, bauksit, dan nikel. Di luar itu, kawasan Mamberamo juga memiliki segudang kekayaan flora dan fauna yang sangat menakjubkan. Kalau di Brasil terkenal dengan Sungai Amazon yang dihuni oleh keragaman hayati tinggi, Indonesia pun memiliki sungai yang tak kalah uniknya, yakni Sungai Mamberamo.

Sungai sepanjang 670 km ini berada di selatan Pegunungan Foja dan melintas di enam kabupaten (Jayapura, Mamberamo, Sarmi, Jayawijaya, Yapen papua Waropen, dan Paniai) Provinsi Papua. Semoga masyarakat Papua, terhindar dari Virus COVID 19, ekonomi meningkat, masyarakatnya selalu takut hanya kepada Allah SWT, bertaubat dengan sebenar-benarnya, sehingga menjadi propinsi yang berkah, sejahtera, makmur, aman, damai yang diridoi oleh Allah SWT.

Dan obat yang paling ampuh adalah berdoa kepada Allah SWT, karena penyakit dari Allah SWT dan yang menghilangkan juga Allah SWT. Dan Indonesia akan menjadi bangsa paling maju di dunia, bila mengambangkan potensi kekayaan alamnya secara maksimal.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *