Pengadaan Lahan TPU Taman Bahagia Tersendat

Tempat Pemakaman Umum (TPU) Taman Bahagia yang berlokasi di Keluruhan Benteng, Kecamatan Warudoyong sudah tidak memiliki lahan kosong.

KOTA SUKABUMI – Pengadaan lahan pemakaman di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Taman Bahagia tersendat. UPT Pemakaman Dinas Lingkungan Hidup Kota Sukabumi, cukup kesulitan mencari tanah karena harga di wilayah tersebut cukup tinggi.

Kepala UPT Pemakaman Dinas Lingkungan Hidup Kota Sukabumi, Cecep Sudarma menjelaskan, pengadaan tanah di TPU Taman Bahagia memang mengalamni sedikit kendala. Padahal, di TPU tersebut ketersediaan lahan pemakaman sudah semakin krodit.

Bacaan Lainnya

“Ya, rencananya tahun ini kami akan membeli tanah untuk lahan di TPU Taman Bahagia, tapi sampai saat ini harga lahan di daerah tersebut tinggi,” jelasnya kepada Radar Sukabumi, belum lama ini.

Kendati demikian, pihaknya bakal terus mencari solusi terbaik agar pengadaan lahan pemakaman di TPU Taman Bahagia tersebut tetap bisa dilakukan. Jika memang anggaran yang saat ini disiapakan tidak bisa mencukupi pemeblian lahan dengan luasan yang telah ditentutan bisa disiasati pada anggaran perubahan.

“Jadi, tanah di wilayah itu harganya sudah jauh dari NJOP kemudian ada yang mau menjual, tapi harus dibeli seluruhnya. Makanya sampai hari ini kami belum menentukannmya,” terangnya.

Sedangkan, dari tujuh TPU di Kota Sukabumi, ketersediaan lahan pemakaman TPU Taman Bahagia TPU Taman Binong sudah krodit. Sedangkan sisanya dalam kondisi relatif aman. “TPU Ciandam masih luas, begitupun yang lainnya. Hanya tinggal TPU Taman Bahagia TPU Taman Binong yang krodit,” sebutnya.

Adapun anggaran yang tersedia pada tahun ini, sebutnya, sebesar Rp 350 juta. Awalnya, angaran yang bersumber dari APBD tersebut diperuntukan untuk pengadaan lahan TPU Taman Bahagia.

“Sebenarnya bisa dilalihkan juga kelokasi lain, tidak hanya harus di TPU Taman Bahagia saja. Yang pasti tahun ini kami akan upayakan pengadaaan lahan pemakaman,” pungkasnya. (upi/t)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *