Mahasiswa Membutuhkan Waktu Yang Cukup Untuk Istirahat, Mengapa?

Penulis : Laureta Kusuma Lestari
Mahasiswi Vokasi Universitas Indonesia
Prodi Administrasi Keuangan dan Perbankan 2019

Hampir sebagian mahasiswa mengalami waktu istirahat yang kurang cukup, karena banyak mahasiswa yang dibebani dengan tugas serta deadline dalam waktu yang singkat. Banyak mahasiswa yang begadang hanya untuk mengerjakan tugas sedangkan keesokan harinya harus kembali beraktifitas, jika kurangnya waktu untuk istirahat maka mengurangi fokus mereka dalam memahami materi yang diberikan oleh dosen.

Bacaan Lainnya

Maka dari itu mahasiswa harus bisa membagi waktunya dengan baik untuk mengerjakan tugas dan juga waktu untuk mereka beristirahat, jika di berikan tugas oleh dosen kita harus mengerjakannya setelah selesai kelas agar beban yang kita miliki tidak terlalu menumpuk sehingga bertambahnya waktu untuk istirahat.

Tubuh manusia juga membutuhkan waktu istirahat yang cukup agar fisik kita tidak lemah dan tidak gampang terserang penyakit, tidur dalam waktu 8 jam sehari sangat dibutuhkan oleh mahasiswa agar badan terasa lebih fit.

Menurut Ahli Saraf Chelsie Rohrscheib Tidur adalah hal yang sangat penting, dan kurang tidur berkepanjangan memiliki banyak efek buruk pada kesehatan dan umur seseorang. Hal ini dikarenakan tidur berperan banyak pada fungsi otak dan tubuh yang tidak dapat dilakukan saat kita terjaga.

Sementara manusia membutuhkan, rata-rata, delapan jam tidur setiap malam, lamanya waktu yang dibutuhkan untuk memastikan fungsi-fungsi tersebut bekerja bergantung pada gen masing-masing individu.

Mulai dari sekarang para Mahasiswa harus membiasakan diri untuk mengatur waktu dengan teratur agar bisa lebih tertata jam tidur mereka dan waktu untuk bersantai, apalagi untuk mahasiswa yang sudah memasuki semester 5 dan sedang padat-padatnya dengan aktifitas mereka di kampus maupun diluar kampus wajib banget untuk mengelola waktu dan mengurangi aktfitas agar mereka mempunyai waktu istirahat yang cukup.

Bukan hanya mahasiswa yang memasuki semester 5 saja tetapi para maba juga harus menata waktu dengan baik karena mereka masih mahasiswa baru yang belum terbiasa dengan dunia perkuliahan dan mungkin ini juga menjadi beban terberat saat memasuki lingkungan yang memang belum dirasakan sejak SMA, sangat berbeda sekali lingkungan yang ada di SMA dengan lingkungan kuliah yang memang sangat padat dengan tugas maupun organisasi lainnya.

Untuk menata waktu agar lebih teratur sebaiknya mahasiswa melakukan beberapa hal yang memang wajib untuk dicoba.

1. Selesaikan Pekerjaan yang Penting Terlebih Dahulu
Jika anda mendapatkan tugas dari dosen dan tugas itu dianggap memang sangatlah penting maka sebaiknya anda mengerjakannya terlebih dahulu jangan menunda waktu untuk menyelesaikan tugas karena jika anda menunda waktu maka pekerjaan itu selesainya akan lebih lama dan akan membuat waktu istirahat anda berkurang serta tugas anda menjadi lebih menumpuk.

2. Fokus pada Pekerjaan
Jika mengerjakan sesuatu maka anda harus fokus dengan apa yang anda kerjakan. Hindari godaan untuk membuka situs lain pada laptop atau handphone anda sehingga apa yang anda kerjakan dapat lebih cepat selesai dengan tepat waktu

3. Jangan Membuang Waktu untuk Hal yang Tidak Penting
Anda harus memanfaatkan waktu anda sebaik-baiknya, jangan membuang waktu anda untuk hal yang menurut anda tidak penting dan hanya membuang-buang waktu saja apalahi jika waktu anda dibuang untuk hal yang negatif. Jika anda sudah mengerjakan tugas anda sampai selesai sebaiknya anda memeriksa kembali tugas anda apakah memang sudah benar ataupun masih ada yang belum tepat.

4. Menargetkan Waktu
Penting bagi kita untuk menargetkan waktu dalam mengerjakan sesuatu agar pekerjaan selesai dengan tepat waktu dan waktu yang tersisa bisa digunakan untuk mengerjakan tugas yang lain ataupun untuk anda beristirahat

5. Merileksasikan Otak
Hal ini sangat dibutuhkan untuk mahasiswa yang memang sudah lelah dengan tugas yang diberikan oleh dosen, penting sekali bagi mahasiswa untuk merileksasikan otak agar tidak mudah stress dan pikiran terasa lebih tenang, anda bisa mendengarkan musik ataupun menonton film komedi agar otak terasa lebih fresh dan bisa berfikir lebih jernih kembali.

6. Sisakan Waktu Tidur yang Baik
Untuk mendapatkan hasil pekerjaan yang maksimal, maka otakmu butuh tidur. Berikan waktu 7-8 jam untuk otakmu beristirahat agar keesokan harinya otakmu bisa bekerja dengan maksimal.

7. Mengulang Kembali Materi
Luangkan waktu khusus untuk review kembali materi yang diberikan oleh dosen di kelas dan pahami materi tersebut sampai anda benar-benar paham dengan materinya. Jauhkan handphone anda dari diri anda agar fokus anda tidak terganggu kecuali memang benar-benar dibutuhkan untuk mencari materi yang tidak anda mengerti.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, poin-poin tersebut harus benar-benar dilakukan dan tidak boleh disepelekan, agar para mahasiswa dapat mengatur waktu sebaik-baiknya, -serta tidak menunda pekerjaan dengan segala alasan yang memang tidak penting.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *