Asli atau Palsu, Cek STNK di Polres

PALSU:Kasatlantas Polres Sukabumi Kota AKP Sundarti memperlihatkan contoh STNK Palsu, di ruang kerjanya, kemarin.

CIKOLE – Maraknya peredaran Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) palsu di Kota Sukabumi, harus menjadi perhatian khusus bagi pemilik kendaraan bermotor untuk berhati-hati terhadap calo yang menawarkan perpanjangan STNK. Bisa jadi STNK yang anda miliki palsu. Untuk mengantisipasi hal itu Polres Sukabumi Kota menyediakan layanan pengecekan STNK, atau BPKB kendaraan, agar masayarakat dapat melihat apakah kendaraan yang dibeli itu asli atau curian.

 Kasatlantas Polres Sukabumi Kota AKP Sundarti mengatakan, dari banyak kasus kejahatan pemalsuan STNK dan BPKB yang sudah pernah terungkap, dapat dilihat bahwa sebagian orang menjadi korban penipuan karena tergiur harga murah. Sindikat penjualan mobil bersurat bodong itu selalu menggunakan tawaran harga miring untuk menjerat korbannya.

Mereka tahu betul, sebagian orang terkadang tak mau pikir panjang ketika berhadapan dengan hal-hal yang sebetulnya tak masuk akal. “Untuk menghindari hal tersebut kami Satlantas Polres Sukabumi menyediakan layanan pengecekan surat-surat kendaraan anda,” ungkap Sundarti, kemarin.

 Setiap surat kendaraan bisa di-cross check kebenaran dan keabsahannya ke pihak kepolisian. Tapi, lanjut Sundarti hal ini jarang dilakukan banyak orang. Padahal, sekarang ini, bukan cuma STNK yang dipalsukan, mobil pun terkadang hasil curian.

“Makanya, harus lebih hati-hati jika ingin membeli kendaraan, terutama kendaraan bekas. “Masyarakat terkadang lalai, Pdahahal ini sangat penting untuk membuktikan asli atau palsunya surat-surat tersebut,” katanya.

 Ia pun menyebutkan beberapa tips sederhana yang dapat dilakukan dalam transaksi kontan maupun kredit mobil atau sepeda motor bekas. Pertama, pastikan STNK dan BPKB kendaraan itu asli dengan cara mengecek ke Direktorat Lalu Lintas atau Samsat. Ciri-ciri STNK palsu adalah cepat pudar dan luntur jika terkena air.

Kedua, lakukan cek fisik dengan menyamakan nomor yang tertera pada surat-surat dengan yang ada di mesin kendaraan. “Terakhir, usahakan membeli kendaraan bekas itu secara tunai, sehingga anda melupakan iming-iming kemudahan kredit dan lainnya. Sebab, pembelian melalui kredit juga rawan penipuan,” pungkasnya.(fkr)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=12312

Posted by on 23 Mei 2012. Filed under KOTA SUKABUMI. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.