Bojonglongok Kejar Daerah Sentra Pepaya

POTENSI :Buah pepaya California dan bangkok yang menjadi unggulan Desa Bojonglongok Kecamatan Parakansalak. ANDRI RADAR

PARAKANSALAK-Berbagai potensi usaha dapat digali di setiap desa. Hal ini berlaku di Desa Bojonglongok Kecamatan Parakansalak yang giat menggenjot potensi usaha agribisnis ladang pepaya California. Pepaya dengan harga jual tinggi ini ditanam di tanah desa yang luasnya mencapai 2 hektare, tepatnya terdapat delapan ribu pohon pepaya yang mengalami dua kali panen.

    Kepala Desa (Kades) Bojonglongok, Igan Saputra menjelaskan potensi usaha pepaya ini dapat diperhitungkan perkembangnya. Sebab bisa memberikan keuntungan lebih yang nantinya bisa menutupi kebutuhan kecil desa. Saat ini harga pepaya California hasil riset IPB berkisar Rp 3500/Kg dengan tingkat permintaan sangat tinggi dari pengepul untuk didistribusikan ke Jakarta.

“Usaha agribisnis pepaya ini diterapkan sebab didukung dari potensi daerah yang subur cukup bagi  lahan pertanian.  Di ladang seluas dua hektare ini pohon tumbuh pohon pepaya yang sudah dipanen. Melihat bagusnya usaha ini kini lahan  terus bertambah maka jumlahnya pun ikut meningkat. Kami ingin desa kami jadi desa penghasil pepaya berkualitas,” jelasnya.

    Menurut Igan, lahan desa ini sebelum dirinya menjabat disewakan dengan bayaran yang tidak seimbang. Hingga muncul inisatif ini agar SDM dan potensi desa terbedayakan. “Selain tanah yang dapat menghasilkan warga  dilibatkan menjadi petani pepaya,” jelasnya.

Tetapi bukan hanya pepaya California saja ada pepaya bangkok yang ditanam, Lanjut Igan. Sementara mengenai  kendala hanya modal saja. ” Yang menjadi tujuan akhir Igan menginginkan usaha ini bisa lebih berkembang guna mengarahkan warga untuk bisa usaha mandiri,” tukasnya. (dri)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=12288

Posted by on 23 Mei 2012. Filed under EKBIS SUKABUMI. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed

Photo Gallery

Jump To Top
Jump To Top
Copyright © 2009 PT. Jawa Pos National Network. All Rights Reserved.
Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect. -->