28 Pemuda Dilatih di Semarang

Belasan pemuda Sukabumi berada di BBPLK Semarang untuk mengikuti pelatihan dan pendidikan keterampilan kerja.

SUKABUMI – Puluhan pemuda Kabupaten Sukabumi mengikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Boarding di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Semarang. Pemerintahan yang dipimpin Marwan Hamami – Adjo Sardjono ini berharap program tersebut bisa menekan angka pengangguran.

Kepala Bidang (Kabid) Pelatihan Kerja dan Produktivitas Tenaga Kerja Disnakertrans Kabupaten Sukabumi, Agus Ernawan mengatakan, PBK BBPLK ini merupakan momen pelatihan dan pendidikan bagi pemuda yang belum memiliki keterampilan kerja.

Bacaan Lainnya

Setelah pelatihan selesai, diharapkan mereka mampu mengembangkan keilmuannya dan bisa menciptakan dunia usaha di daerahnya masing-masing. “Dari 60 peserta yang mengikuti seleksi PBK BBPLK Semarang ini, hanya 28 peserta yang lulus dan laik mengikuti pelatihan kerja,” jelas Agus kepada Radar Sukabumi, kemarin (15/10).

Peserta yang lulus ini, lanjut Agus, nantinya akan diberikan pemahaman mengenai lima program kejuruan boarding training. Yaitu kejuruan administrasi perkantoran, customer servis, perbankan, akuntansi dan kejuruan menjahit.

“Seluruh peserta yang mengikuti pelatihan ini merupakan siswa lulusan SMA atau sederajat,” ujarnya.

Menurut Agus, perekrutan pelatihan ini terlaksana setelah adanya koordinasi dan tindaklanjut kunjungan kerja Disnakertrans Kabupaten Sukabumi ke BBPLK Semarang, Bekasi, Bandung, Serang dan BBPLK Medan pada beberapa waktu lalu.

“Banyak potensi dan keinginan dari masyarakat Kabupaten Sukabumi yang ingin ikut pelatihan dalam meningkatkan kompetensi keahliannya. Karena di BBPLK Kabupaten Sukabumi kuotanya sangat terbatas, maka kami kerjasama dengan BBPLK di luar daerah. Seperti BBPLK Semarang ini,” jelasnya.

Menurut Agus, keahlian dalam dunia kerja saat ini sangat dibutuhkan. Baik di dunia industri maupun dunia usaha lainnya. Bila hanya mengandalkan ijazah, maka pemuda di Sukabumi tidak bisa bersaing manakala melamar pekerjaan ke dunia industri.

“Untuk itu, kami menjalin kerjasama dengan BBPLK luar daerah untuk membina para pemuda di Sukabumi sesuai dengan potensi keahlian yang dimilikinya,” tandasnya.

Kepala BBPLK Semarang, Edy Susanto mengatakan, belasan pemuda asal Kabupaten Sukabumi ini akan dibina agar memiliki keahlian selama tiga bulan.

“Saya berharap kepada seluruh peserta yang lulus ini agar mengikuti semua pelatihan dengan baik. Ini adalah kesempatan baik untuk menambah keterampilan dan bekal di masa depan,” singkatnya. (Den/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *